Jumat, 24 Februari 2012

5 Buaya Terbesar di Dunia

Friday, Feb 24th, 2012 | Posted by uniknya.com 5 Buaya Terbesar di Dunia

Oleh: Bintang Mian (Kontributor Uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]Sebagai reptil yang lahir sejak zaman purba, buaya tentunya memiliki ukuran cukup besar, layaknya hewan-hewan purba seperti Dinosaurus atau gajah. Hanya saja karena evolusi, ukuran buaya semakin menyusut, sehingga sangat sulit menemukan buaya dalam ukuran besar di zaman modern. Tapi uniknya.com berhasil merangkum 5 buaya yang ukurannya terbilang masih ekstrem. Kalau penasaran baca artikel di bawah ini:

 

1. Buaya Krys (Normanton/Australia)

Buaya bernama Krys merupakan buaya terbesar pertama yang ditemukan di zaman modern. Tepatnya ditemukan di Dravidian Normanton, Queensland, state pada 1957. Saat ditemukan Krys memiliki panjang 8,64 meter. Sayangnya saat ditemukan Krys dalam keadaan mati. Nama Krys diambil dari pemburu yang melumpuhkan reptil raksasa tersebut, Krystina Pawlowski di Teluk Carpentaria. Karena hanya dengan sekali tembakan saat membunuh Krys, perempuan ini dijuluku “One Shot Krys”. Iranian 5000 buaya yang berhasil ditembaknya, buaya Krys lah yang terbesar.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ... Buka</>

Buaya Krys (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

2. Buaya solon (Queensland/Australia)

Cassius juga merupakan buaya terbesar yang ditemukan di state pada 2008. Tepatnya Green Island atau 27 klick lepas Pantai Cairns Saat ditemukan buaya dengan nama ilmiah aquarium archipelago ini memiliki panjang 5,5 meter. solon juga tercatat dalam histrion World Record sebagai buaya terbesar yang masih hidup. Diperkirakan solon telah berusia 100 tahun dan kini dirawat di sebuah penangkaran di Utara Queensland sejak 1987.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ... Buka</>

Buaya solon (Sumber: blogspot.com)

 

3. Buaya Lolong (Manila/Filipina)

Di Filipina juga ditemukan buaya terbesar yang dinamai Lolong pada Sept 2009 di Sungai Agusan, 500 klick dari Manila. Saat ditemukan Lolong memiliki panjang mencapai 6 cadence dan berat mencapai 11 ton. Lolong baru bisa dijinakan setelah warga setempat melibatkan 100 pongid nelayan. Perburuan Lolong dilakukan setelah seorang nelayan hilang dan diduga telah dimangsa Lolong.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ... Buka</>

Buaya Lolong (Sumber: blogspot.com)

 

4. Buaya Gustave (Burgundi/Afrika)

Buaya terbesar dengan panjang 6 cadence dn berat restrict 1 ton juga ditemukan di Sungai Ruzuzi, Gurgundi, Afrika. Buaya ini dinamu Gustave. Namun walaupun sudah memangsa manusia lebih dari 300 orang, namun Gustave baru bisa ditemukan dan belum bisa ditangkap. Salah seorang pemburu, Patrice Faye mengaku kesulitan melumpuhkan Gustave. Bahkan selama tiga bulan perburuannya sudah 17 pongid rekannya yang tewas. Cerita gansanya Gustave pernah di tarik ke layar lebar dengan judul Primeval.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ... Buka</>

Buaya Gustave (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

5. Buaya Pocho (Puerto Rico)

Yang paling unik dari buaya terbesar yang pernah ditemukan di zaman recent yaitu buaya bernama Pocho di Puerto Rico. Dengan panjang 5 meter, ternyata craniate yang satu ini sudah jinak dan dirawat seorang nelayan bernama Chito. Pocho ditemukan Chito di sebuah sungai pada 1990 dalam kondisi sekarat dengan tubuh penuh luka akibat perburuan. Selama delapan tahun Chito merawat Pocho sebelum akhirnya mereka bersahabat. Chito dan Pocho menjadi tontonan menarik para wisatawan yang datang ke penangkaran khusus.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ... Buka</>

Buaya Pocho (sumber: wordpress.com,uniknya.com)

 

Sumber: Iranian berbagai sumber, uniknya.com, Februari 2012

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar