Minggu, 25 November 2012

Proses Pembuatan Uang

Proses Pembuatan Uang


Proses Pembuatan Uang

Posted: 25 Nov 2012 10:31 PM PST

Uang, semakin tinggi angkanya, semakin tinggi pula hasrat kita untuk memilikinya. Mungkin itulah yang terlintas di pikiran hampir setiap orang tentang uang. Namun, pernahkah terlintas di benak Anda hasrat untuk mengetahui bagaimana uang itu diproduksi?
Untuk lebih jelasnya, yuk kita telusuri proses pencetakan uang di Perum Percetakan Uang RI (Peruri), Karawang, Jawa Barat.
 
Ternyata tidak sembarang orang bisa masuk ke kawasan percetakan uang tersebut. Harus benar-benar orang yang terdaftar sudah membuat janji atau khusus undangan Peruri yang bisa memasuki kawasan ini.
 
Lapisan pengamanan yang ketat akan Anda hadapi sejak melangkahkan kaki di sini. Itu pun baru memasuki arena gerbang utama Peruri. Jangan bayangkan saat memasuki gedung produksi percetakan uangnya, banyak persyaratannya!
 
Kali pertama yang Anda harus lakukan bila ingin memasuki areal proses produksi percetakan uang ini, Anda harus meninggalkan segala bentuk teknologi digital yang Anda bawa antara lain telepon genggam (handphone) dan alat perekam gambar seperti kamera digital. Tidak hanya itu, uang dan dompet pun harus diamankan terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, barang-barang yang Anda tinggalkan tersebut akan disimpan di loker yang sudah disediakan di depan pintu masuk dan kunci loker Anda yang bawa.
 
Setelah itu, barulah Anda boleh memasuki pintu putar gedung. Usai melewati pintu putar, Anda akan langsung menjumpai sejumlah etalase yang dipajang di dalamnya sejumlah produk pabrikan Peruri. Mulai dari uang kertas dan uang logam yang telah diproduksi Peruri dari awal hingga terbaru, kertas berharga nonuang seperti perangko, pita cukai, passport, sertifikat tanah, ijazah, materai, serta dipajang juga maket arsitektur denah kawasan Peruri.
Usai puas menikmati pajangan-pajangan di sejumlah etalase tersebut, lalu Anda bisa beranjak ke lantai dua. Bisa menaiki tangga maupun lift. Di lantai dua inilah Anda bisa melihat secara langsung bagaimana uang diproduksi, mulai dari tahapan awal hingga akhir produksi.
 
Berikut tahapan proses percetakan uang kertas:


1.Proses Plat Cetak Intaglio/Galvano (Engraving Process)
Ini merupakan tahap awal dari proses percetakan uang kertas. Butuh waktu tiga hingga lima bulan untuk membuat plat cetak uang tersebut.


2.Proses Roll Sablon Intaglio (Inking Schablon Process)
Setelah membuat plat cetak, lalu beranjak ke proses pemberian tinta roll mesin penggulung atau alat pemutar untuk mencetak uang.

 
3.Proses Cetak Uang Kertas Tahap Cetak Rata (Offset Process)
Setelah plat dan roll pencetak uang sudah siap, maka kini dimulailah tahap pencetakan uang ke kertas. Satu kertas lembar besar tersebut memuat 45 – 50 bilyet (lembar) uang. Untuk lembaran uang Rp1.000, Rp2.000, dan Rp5.000 memuat 50 bilyet per kertas. Sedangkan untuk lembaran uang Rp10.000 hingga Rp100.000 memuat 45 bilyet per kertas. Ini merupakan tahap di mana pemberian warna dasar uang.


4.Proses Cetak Uang Kertas Tahap Cetak Dalam (Intaglio Process)Setelah kertas diberi warna dasar, kemudian dilanjutkan dengan pencetakan kertas di lembar bagian dalam atau di lembar sebaliknya. Namun sebelum mencetak bagian dalam, kertas yang telah diberi warna dasar terlebih dahulu dikeringkan selama satu hari.



 
5.Proses Pemeriksaan Lembar Besar (Inspection Process)
Setelah dua bagian kertas telah dicetak, lalu dilakukanlah pemeriksaan uang. Pemeriksaan ini dilakukan secara manual oleh karyawan guna melihat apakah ada kerusakan dalam proses produksi. Bila diketahui ada yang rusak atau cacat, maka pada lembaran yang rusak itu akan ditandai dengan coretan.
 

6.Proses Cetak Nomor (Numbering Process)Usai diperiksa secara manual, maka dilanjutkan dengan pemberian nomor uang. Nomor uang ini disesuaikan dengan pesanan Bank Indonesia (BI). Terdapat tiga mesin putar pencetak nomor yang telah diisi dengan plat nomor masing-masing uang.

Setelah pencetakan nomor, maka uang kertas tersebut harus diperiksa kembali guna mengecek kebenaran dan keabsahan nomor uang tersebut.
 
 

7.Proses Penyelesaian (Cutpack Process)
Ini merupakan tahapan akhir dari segala proses pencetakan uang kertas. Proses ini terbagi dua yaitu proses penyelesaian secara mekanis dan manual. Secara mekanis, kertas lembar besar tersebut kini dipotong menggunakan mesin pemotong kertas. Secara manual, lembaran uang diperiksa kembali langsung oleh sejumlah pekerja yang didominasi perempuan. Pada tahap akhir ini pulalah lembaran-lembaran uang yang rusak atau cacat dilubangi untuk kemudian dihancurkan.
Demikianlah tahapan proses pencetakan uang, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan selama ini bukan?
Perlu diketahui, bahan uang kertas asli dari Bank Indonesia (BI) yang beredar di pasaran selama ini terbuat dari bahan katun, sehingga tidak mudah luntur, kusam, dan robek. Jadi jangan tertipu dengan uang palsu yang tentunya proses pembuatannya lebih cepat, namun uang hasil cetakannya pun akan lebih cepat kusam, luntur, dan rusak.
Untuk pesanan domestik, Peruri hanya melakukan proses produksi, sedangkan bahan diperoleh dari BI. Sementara untuk pemesanan luar negeri, seperti pemesanan uangNepal, Somalia, dan Mauritius, Peruri sendirilah yang menyiapkan segala sesuatunya, termasuk bahan kertas.
 
 
Jadi, mulai sekarang hargailah berapa sen pun uang yang Anda punya.
 
 

5 Game Android Gratis paling Top saat ini!

Posted: 25 Nov 2012 09:57 PM PST

Games di Android mulai menunjukkan potensinya dan siap bersaing dengan games dari sistem OS yang lain. Tampilan grafis yang bagus dan game play yang unik pun membuat games-games baru untuk Android patut dicoba. Apalagi, saat ini banyak games Android yang ditawarkan gratis! Dengan proses download yang mudah di Google Play Store, kamu pun dapat segera memainkan games-games seru. 



 

Berikut adalah 5 Game Android paling top saat ini yang bisa didapatkan secara gratis menurut Google Play Store:  


1. DEATHDOME


Hati-hati memainkan game ini malam-malam, karena kamu akan berhadapan dengan berbagai monster dan makhluk aneh lainnya! Di game Hack-and-Slash ini, pemain berperan sebagai Phoenix, seorang pendekar yang terperangkap di zona karantina kota Palamira. Ternyata, orang-orang di kota ini terkena virus menyeramkan yang membuat mereka jadi buas. Phoenix pun harus menemukan cara untuk mengalahkan The Behemoths, makhluk-makhluk terkuat penguasa zona karantina ini!    



2. SWING SHOT


Game Arcade Action ini mengandalkan permainan yang simpel dan karakter yang lucu namun terlihat bodoh. Ceritanya pemain akan mengontrol satu kubu binatang hutan yang bergelantungan di pohon. Misinya? Menjatuhkan kubu binatang musuh dengan cara melemparkan berbagai senjata-senjata kocak seperti sarang tawon, nanas, dan lain-lain. Cara memainkannya pun mudah, hanya dengan sistem touch and drag senjata menuju sasaran. 



3.DEAD TRIGGER


Berjudul senada dengan game Deathdome, Dead Trigger pun mempunyai cerita yang serupa. Pemain akan berperan sebagai Survivor yang terjebak di sebuah kota penuh Zombie! Tugasmu pun sederhana, bertahan hidup dari serangan ribuan Zombie yang menghadang. Namun tenang saja, game dengan genre 1st person shooter ini menyediakan berbagai pilihan senjata yang membuat permainanmu semakin seru dan menegangkan!



4. HEROES CALL


Ingin menjadi ksatria yang menyelamatkan kotamu dari serbuan musuh? Maka game Action RPG ini pun cocok untuk dirimu. Dengan kualitas grafik 3D yang ciamik, game gratis inipun sayang untuk dilewatkan. Ada 30 level yang bisa kamu selesaikan, jadi bersiaplah untuk berlama-lama memainkan game ini! 



5.TRIPLE TOWN


Dengan karakter utama beruang yang lucu, dijamin Game Brain & Puzzle ini akan mudah membuatmu gemas. Misi permainannya pun simpel, yaitu membangun sebuah kota dengan memanfatkan berbagai elemen-elemen bangunan yang ada. Nah, disinilah letak puzzle-nya, dimana elemen-elemen ini harus digabungkan dengan cepat, tepat, dan efisien. Game ini sendiri sudah memenangkan banyak penghargaan developer game Indie di tingkat internasional.




Tentu bermain game Android memerlukan koneksi mobile internet yang stabil. Karena pasti menyebalkan sekali ketika kamu sedang seru bermain games, tiba-tiba koneksi putus atau melambat. Selain itu, dengan kecepatan internet yang lebih cepat, mengunduh serta updating game tentunya jadi lebih efisien. Untungnya, sekarang sudah mulai tersedia layanan internet khusus Android yang bisa diandalkan kecepatannya dan stabil. Misalnya saja, paket "XmartPlan Android" dari XL yang menawarkan akses kecepatan hingga 7,2 MB. Starter pack hasil kerjasama XL dan Google ini seharusnya cukup untuk mendukungmu bermain tanpa lag ataupun connection error.
 


Terus, harganya pun cukup terjangkau. Hanya dengan Rp.49.000; saja kamu akan mendapat kuota 3 GB. Performa smartphone Android kesayangamu pun bisa lebih optimal. Mulai dari download game, search walkthrough di Youtube, sampai browsing-browsing tips & trick gaming; semua ini bisa kamu lakukan dengan leluasa berkat "XmartPlan Android" dari XL. Ditambah anti virus gratis dari Norton Mobile Security, proses download game kamu pun terhindar dari Malware dan Virus.  




Penasaran? Informasi mengenai paket ini sendiri bisa kamu akses di sini. Buktikan sendiri deh kalau pengalaman gaming yang lebih seru dengan "XmartPlan Android. Selamat bermain! 


Nama yang Kurang Baik untuk Warung

Posted: 25 Nov 2012 04:00 AM PST


Hari Senin emang paling bikin males kerja, apalagi abis long weekend. Rasanya pengen bengong aja gitu di depan komputer sambil liat gambar-gambar lucu. Nah, kamu dateng ke tempat yang tepat, karena Malesbanget Pics punya banyak banget nih koleksi gambar lucu khas Indonesia! Misalnya yang satu ini nih:
Ah…yah. Bukannya mau ngatain nama orang sih. Tapi nama warungnya agak bikin orang was-was buat masuk gitu ya?

6 Band Paling Unik Di Dunia

Posted: 25 Nov 2012 03:00 AM PST

1.Kiss band
Kiss adalah band rock AS, yang dibentuk di New York City, Desember 1972 silam. Kiss mudah dikenali lewat aksi panggung para personilnya. Band metal itu punya trademark melukis wajah mereka, dan baju panggung mereka dengan nuansa gotik eksentrik. Kiss besar di pertengahan 1970-an. Kiss sudah mengeluarkan 24 album. Album mereka terjual 19 juta rekaman di AS, sementara di internasional, lebih dari 85 juta album .


Formasi asli Kiss terdiri dari Paul Stanley, vokal dan gitar, Gene Simmons, vokaldan gitar bas, Ace Frehley, gitar utama dan vokal, serta Peter Criss, drum, perkusi, dan vokal

 
2.Marylin manson
Marylin Manson adalah seorang yang engga ada matinya,hidupnya yang selalu dikelilingi sama kontroversi seputar penampilan, terus perseteruanya dengan kalangan gereja, serta enggak ketinggalan, pengaruh lagu-lagunya yang dinilai terlalu mengandung kekerasan sehingga kerap dituduh sebagai pemicu sejumlah kasus penembakan di Amrik.


 
3.Kuburan band
Kiss versi indonesia
Kuburan Band - NAMA boleh seram tapi musik yang disuguhkan jauh dari kesan angker. Demikian pesona yang ditebarkan band asal Bandung, Jawa Barat, yakni Kuburan. Band yang mengawali karier dari jalur indie itu kini digandrungi berbagai kalangan lewat lagu Lupa-Lupa Ingat. Daya tarik lainnya yaitu penampilan yang unik dan lagu yang simpel. Lagu ini ada di album kedua berjudul Booming!!! Bee Are The Kill Young Pen Think Gun Thank. Kuburan menyuguhkan musik dari segala jenis aliran. Konsep ini dibawa sejak kali pertama band terbentuk pada 2001 silam. "Seperti filosofi kuburannya sendiri, dari muda, kakek, nenek, ibu-ibu, bapak-bapak semua yang ada di rumah pasti masuk kuburan," jelas Denny, basis Kuburan Band. Band diisi Donny Akbar Raymuzada alias Aum bermain melodi, Raka Auliantara sang gitaris, Dino alias Toto si penabuh drum, Denny, Udhe yang memainkan keyboard, dan Priya Ario Panji S. sebagai vokalis .



4. slipknot

Kebisingan Musik metal yang segar dari slipknot kini tertumpahlah sudah dalam album terbarunya yang berjudul "All Hope is Gone" berisikan 12 Track mematikan ini wajib kalian miliki dengan segera bagi pecinta musik metal khususnya para fans Slipknot yang sudah menanti lama album terbarunya ini. berbicara album terbarunya ini bisa dibilang konsep musiknya masih sama dengan kebrutalannya & gahar namun dibalik itu semua mungkin album inilah yang bisa dikatakan proses penggarapannya paling cepat dibanding album-album sebelumnya yang sudah terkonsep dengan matang sekali. tapi tetap yang namanya keprofesionalisme dari sebuah band adalah patut kita wajib hargai dimana mereka tetap mengemas album ini dengan sangat baik. simak beberapa lagu seperti Sulfur, Psychosocial, Dead Memories, Snuff, Butcher's Hook gebrakan musik yang keras tetap ditonjolkan dialbum ini & kita semua diajak untuk bisa bernyanyi bersama dengan notasi yang tinggi. Seperti biasa Slipkont selalu memberikan sesuatu yang baru disetiap album-albumnya baik itu dari konsep kostum atau musiknya. Album All Hope is Gone dikategorikan adalah metamoforsa terbaik dari Slipknot .

 

5.Purgatory
Purgatory adalah sebuah grup musik death metal asal Jakarta, grup musik ini dibentuk pada tahun 1998 oleh Lutfi sang gitaris bersama dengan adik kandungnya yaitu Al yang memainkan drum. Lirik yang dibawakan oleh Purgatory adalah berkisar tentang ajaran agama Islam, perang Uhud, siksa kubur, kematian, keputusasaan, kritik sosial yang bernuansa gelap, politik dan lain-lain.
Awal terbentuknya mereka sering membawakan lagu Obituary dan Sepultura. Baru sekitar tahun 2004 mereka memutuskan untuk menggunakan topeng dan penambahan personil seorang DJ, seperti halnya band asal Iowa Amerika yaitu Slipknot .

 

6.The cure
The Cure dibentuk di Sussex sekitar tahun 1976 oleh Robert Smith (vokal/ gitar), Michael Dempsey (bas), dan Laurence 'Lol' Tolhurst (drum). The Cure yang awalnya bernama Easy Cure ini baru mengeluarkan album pada tahun 1979 dengan judul THREE IMAGINARY BOYS yang mendapat acungan jempol oleh banyak kritikus musik Inggris .
 


5 Gua Terdalam Di Dunia

Posted: 25 Nov 2012 02:00 AM PST

1. Krubera (Voronja)
lokasi: Abkhazia
Kedalaman: 2.080M


2. Lamprechtsofen Vogelschacht Weg Schacht

lokasi: Austria
Kedalaman: 1.632M


3. Gouffre Mirolda / Lucien Bouclier

lokasi: Perancis
Kedalaman: 1.626M


4. Reseau Jean Bernard

lokasi: Perancis
Kedalaman: 1.602M


5. Torca del Cerro del Cuevon (T.33)-Torca de las Saxifragas

lokasi: Spanyol
Kedalaman: 1.589M


Sejarah Kapal Selam

Posted: 25 Nov 2012 01:00 AM PST

Banyak ahli dan cendekiawan pada abad ke-16 sudah mulai mencari bentuk dan sistem untuk membuat kendaraan bawah air ini. Ilhamnya dimulai dari perahu atau kapal biasa. Kaitannya jelas, kapal atau perahu meluncur di atas air. Beberapa bagiannya berada di dalam air.
Lalu timbul pemikiran: "Bagaimana kalau semua bagian kapal dapat berada di dalam air, tapi tetap dapat meluncur dan dikendarai seperti kapal biasa ?!"


Lalu pemikiran dengan bantuan ilmu pengetahuan untuk membuat kapal selam muncul pada tahun 1578. William Bourne, seorang ahli matematika, merancang sebuah kapal dilapisi oleh kulit yang kedap air. Kapal ini dimaksudkan dapat didayung di dalam air, karena waktu itu belum dikenal adanya mesin.

Tapi kapal ini gagal diwujudkan. Gagasan serupa diteruskan oleh orang Jerman pada tahun 1620. Pembuatnya bernama Cornelis Drebbel, membuat kapal yang berhasil menyelam sedalam 360 sampai 450 centimeter, didayung oleh 12 orang.

Kapal selam sederhana tanpa dayung serta peralatan yang lebih maju dimulai oleh seorang anak sekolahan d Yale (Amerika Serikat), David Bushnell. Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, terbuat dari kayu.

Perlengkapan utamanya adalah pipa pernapasan ke atas permukaan air, baling-baling yang diputar dengan tenaga tangan, tangki yang mengelola daya apung dan tenggelam kapal selam ini (bila ingin menyelam, beberapa tangki diisi air lewat katup yang dapat diatur dengan kaki dan bila timbul ke atas air, air ini dipompa keluar dengan tangan), kompas dan sebuah pemberat agar kedudukan kapal tetap. Karena kapal ini kemudian dipergunakan untuk perang, maka kapal ini juga diperlengkapi dengan torpedo. Padahal ini baru tahun 1775 !?

Kapal selam dengan penggerak bukan manusia dimulai oleh Robert Fulton. Ia menggunakan mesin uap untuk menjalankan kapalnya. Dan untuk memudahkan kapal meluncur maju, kapal ini dibuat dengan bentuk cerutu. Kapal cerutu ini membawa 2 awak kapal dan sudah mampu menyelam beberapa jam.

Kapal selam yang lebih maju lagi dipunyai Angkatan Laut AS pada tahun 1900. Penciptanya bernama John PG Holland dan kapalnya dinamakan Holland. Panjang kapal 1.590 centimeter, dijalankan dengan tenaga mesin bensin dan listrik. Karena merupakan bagian peralatan militer, kapal ini dilengkapi dengan persenjataan, di antaranya torpedo, dengan lontaran tekanan udara.

Tapi dalam pemakaiannya, bahan bakar bensin sering membahayakan kapal itu sendiri. Kemudian untuk mengatasi masalah ini, dibuat mesin dengan bahan bakar yang lebih aman, yaitu solar, dengan mesin diesel. Ini terjadi pada tahun 1905 dan pelopornya adalah Inggris. Kapal selam bertenaga diesel ini kemudian menjadi bakuan kapal-kapal selam berikutnya. Sekarang ini ada kapal selam yang berkekuatan sampai 1.000-1.600 tenaga kuda pada dieselnya.

Setelah Perang ke-2 Dunia (P2D), peralatan dan kemampuan kapal selam maju lebih jauh lagi. Dalam perang itu -misalnya- kapal selam AL-AS juga menggunakan mesin diesel jenis Fleet. Kapal selam mereka panjangnya 90 meter, dengan awak kapal 85 orang, berkecepatan 20 knot di atas air dan 10 knot di dalam air, 10 buah laras torpedo terpasang di bagian depan dan belakang kapal, dengan kemampuan melepaskan 24 buah torpedo setiap laras. Setiap torpedo berisi sekitar 250 kiligram bahan peledak. Kecepatan kapal selam ini sesungguhnya bisa mencapai 45 knot, tapi dengan alasan keamanan kapal itu sendiri, kecepatan yang dipergunakan hanya 20 knot. Dengan kecepatan ini torpedo dapat dilontarkan dengan kecepatan 29 knot.

AS malah semakin menunjukkan kekuatan pertahanan laut yang semakin kokoh. Pada tahun 1954, AL-AS membuat sejarah baru, dengan meluncurkan kapal selam pertama bertenaga nuklir, bernama Nautilus. Pada tahun itu pula semua puncak kemampuan dan kecepatan kapal selam ditumbangkan olehnya. Nautilus pun menjadi kapal selam pertama yang berhasil melintasi Kutub Utara pada tahun 1958.

Ada puncak lain yang dibuat, tapi oleh kapal selam lain bernama Triton. Tahun 1960 Triton berhasil mengarungi seluruh lautan di dunia di bawah air. Kapal ini melintasi 66.970 kilometer dan mengarunginya dalam 84 hari saja. Bukan cuma itu, pada tahun 1960 AS juga telah mulai melengkapi kapal-kapal selam mereka dengan peluru kendali (rudal) antarbenua. Rudal balistik ini bisa melewati 1.930 kilometer dan menghancurkan negara yang dituju.

Tapi bukan AS saja yang punya kapal selam nuklir. Soviet juga punya. Bahkan menurut ahli-ahli militer dunia, Soviet punya armada kapal selam yang lebih banyak. Soviet punya sekitar 350 kapal selam, dengan sekitar 60 kapal selam dipersenjatai rudal balistik. AS cuma punya 135 kapal selam dengan 40 di antaranya bersenjata rudal balistik. Mereka berdua memang tukang perang, sehingga memang harus punya peralatan perang yang banyak.

Negara-negara lain yang lebih cinta damai sudah tentu punya peralatan yang lebih sedikit. Contohnya Indonesia, yang hanya memiliki 4 buah kapal selam, 2 buatan Soviet dan 2 buatan Jerman Barat. Yang lebih awal diberi nama Pasopati dan Bramastra, sedang yang disebut terakhir Nanggala dan Cakra.
 
 

Tempat Terburuk Bagi Wanita Di Dunia

Posted: 25 Nov 2012 12:00 AM PST

1. HAITI
Share of women in National Assembly: 5 %
Female-to-male income ratio: 52:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 57 %

Di daerah kumuh di sekitar Port-Au-Prince, perkosaan gerombolan yang diorganisir adalah kenyataan yang harus dihadapi untuk banyak Wanita-Wanita Haiti. Hampir separuh anak-anak perempuan dan wanita-wanita muda di (dalam) capital’s cite Soleil shantytown telah diperkosa atau pernah mengalami kekerasan seksual, Menurut Laporan PBB, sebuah organisasi non pemerintah mengatakan: masalah itu tidak ditangani dengan serius sebab banyak orang Haiti, mencakup anggota polisi dan sistem peradilan, perkosaan hanya terjadi jika korban adalah seorang gadis. Malahan, memperkosa tidak digolongkan sebagai kejahatan sampai 2005. Sebagai tambahan, jika seorang suami menemukan isteri nya melakukan perzinahan , Kitab Undang-undang Hukum Pidana memaafkan dia jika ia membunuh nya; tapi jika seorang isteri membunuh suami nya karena keadaan yang sama, istri tersebut tidak akan dimaafkan.

2.YAMAN - Di Timur Tengah

Share of women in Assembly of Representatives: Kurang dari 1 %
Female-to-male income ratio: 30:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 35 %

Pernikahan dini adalah hal yang biasa di Yaman, dengan 48 persen anak-anak perempuan pada saat dinikahi berumur 18 tahun malah banyak juga yang masih berumur 12 tahun. Hasilnya? kesehatan yang memprihatinkan untuk para ibu dan bayi. 1 dari 39 wanita mati ketika mengalami kehamilan atau kelahiran bayi, dan 1 dari 10 anak tidak sempat merayakan ulang tahun ke 5 karena kematian.

3.SIERRA LEONE - Di Benua Afrika

Share of women in Parliament: 13 %
Female-to-male income ratio: 45:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 24 %

Sierra Leone memiliki derajat kesamaan jenis kelamin terburuk di dunia. menurut Human Development PBB, 1 dar 8 wanita mati pada saat kehamilan atau kelahiran bayi, dan juga harapan hidup(life expectancy) nya hanya 43 tahun. Salah satu yang paling rendah di dunia. Anak-Anak perempuan hanya dapat mengharapkan untuk menerima enam tahun pendidikan yang diterima di sekolah. Yang paling parah adalah,sewaktu terjadi perang saudara, di mana sepertiga wanita-wanita dan anak-anak perempuan di sana menderita kekerasan seksual, yang masih menghantui wanita-wanita sampai hari ini.

4.NEPAL -Di Asia Selatan

Share of women in Constituent Assembly: Sekitar 32 %
Female-to-male income ratio: 50:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 35 %

Di Nepal perkimpoian dini juga biasa. Wanita-Wanita yg lahir tahun 70an menikah pada umur 16 tahun.Menurut laporan dari Palang Merah Internasional, hanya sekitar 1 dari 5 kelahiran yang di tangani oleh bidan atau ahli kesehatan yang terlatih.

5.PAPUA NEW GUINEA - Di Asia Pasifik

Share of women in National Parliament: Kurang dari 1 %
Female-to-male income ratio: 72:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 51 %

Anak-Anak perempuan di Papua Guinea Baru dapat mengharapkan untuk menerima hanya lima tahun pendidikan di sekolah. Yang lebih parah lagi,adanya kebiasaan menuduh dukun ( yang kebanyakan wanita ) jika tiba2 terjadi seseorang menjadi sakit parah atau bahkan terjadi kematian,sehingga dukun2 tersebut akan dianiaya,diperkosa bahkan dibunuh.Padahal gak jelas orang yang sakit itu dikarenakan apa.
Sementara itu, Wanita-Wanita di PNG mempunyai empat kali resiko terjangkit HIV dikarenakan status sosial mereka tidak mengijinkan mereka untuk menentukan melakukan sex dengan aman.Contohnya, sewaktu akan berhubungan, mereka gak boleh ngomong "kita pake kondom ya om".

6.MOLDOVA - DI Benua Eropa

Share of women in Parliament: 22 %
Female-to-male income ratio: 63:100
Tingkat buta huruf pada wanita: 99 %

Moldova adalah suatu negeri dimana wanita-wanita banyak yang diperjual belikan dan dijadikan pelacur. Wanita-wanita muda bahkan anak2 sering terperdaya oleh perekrut2 kerja yang menjanjikan kerja dengan bayaran tinggi di luar negeri, padahal kenyataannya hanya untuk bekerja di germo / atau tempat2 prostitusi seperti di Rusia, Turki, dan Uni Emirat Arab.
Diharapkan dengan adanya Perdana Menteri wanita pertama di negara ini,semua itu dapat berubah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar