Jumat, 28 Desember 2012

7 Kisah Hewan Penyelamat Manusia dari Kematian

7 Kisah Hewan Penyelamat Manusia dari Kematian


7 Kisah Hewan Penyelamat Manusia dari Kematian

Posted: 28 Dec 2012 11:00 PM PST

Manusia terkadang takut kepada hewan-hewan buas karena dianggap bisa mengancam nyawa mereka. Namun sebuas-buasnya hewan, mereka juga memiliki sisi manusiawi. Bahkan hewan seperti singa, juga pernah andil menyelamatkan nyawa seorang perempuan. Tak percaya?

Apakah kamu masih berpikir bahwa hewan itu hanyalah makhluk hidup yang tak bisa berpikir? Sepertinya kamu harus berpikir kembali, karena berikut adalah 7 kisah nyata hewan yang pernah menyelamatkan nyawa manusia dari kematian. Jadi, jangan terlalu jahat dengan anjing atau kucing peliharaanmu ya!

1. Kuda Selamatkan Perempuan Dari Serangan Sapi
Jika ungkapan banyak manusia yang terbunuh karena ikan hiu sering kamu dengar, maka itu tidak sepenuhnya benar. Justru lebih banyak manusia terbunuh karena ulah sapi, hewan dengan bobot setengah ton yang mengamuk. Contohnya adalah Fiona Boyd, petani di Skotlandia. Sapi peliharaannya tiba-tiba menghantamnya beberapa kali sampai tubuh Fiona terbanting ke tanah, lagi dan lagi serta diputar dan ditendang.

Saat Fiona merasa harapan hidupnya tinggal beberapa detik, kuda ternaknya, Kerry mendengar tangisannya dan langsung berlari. Kerry menendang sapi itu sampai daging dan tulangnya patah, yang mungkin bisa digunakan sebagai steak daging.
 
2. Singa Selamatkan Gadis Dari Penculikan
Mendengar kata singa, apa yang ada dalam pikiran kalian? Kucing raksasa dengan cakar dan gigi setajam gergaji yang dengan mudah bisa menerkam dan mencabik tubuh kalian saat lapar (atau tidak lapar). Namun yang dialami gadis Kenya berusia 12 tahun ini berbeda. Gadis ini dilaporkan hilang selama seminggu karena dirinya kabur dari beberapa pria yang menculiknya lantaran dipaksa menikah dengan salah satu di antaranya.

Saat ditemukan, gadis ini dikelilingi tiga singa yang berjaga di sekitarnya. Para ahli berkesimpulan bahwa air mata sang gadis sudah membuat singa-singa itu enggan memangsanya dan menganggap dirinya sebagai bagian keluarganya. Hmm, bahkan singa tidak sejahat yang dipikirkan.
 
3.Gorilla Selamatkan Bayi berusia 3 Tahun
Seorang bayi berusia 3 tahun mengalami sial di kebun binatang Brookfield, Illinois, Amerika Serikat. Di mana dirinya jatuh dari pagar pembatas dan masuk ke kandang gorilla. Jatuh dari ketinggian 18 kaki, dirinya pingsan dengan cedera kepala kritis dan dalam sangkar gorilla dewasa yang bisa saja bersikap liar.

Sebelum polisi dan petugas kebun binatang tiba, Binti Jua hadir seperti seorang superman, dan jika kalian pikir Binti adalah seseorang yang ada di sekat situ kalian salah. Binti adalah salah satu gorilla di kandang itu. Binti datang dan menggendong bayi kecil di lengannya dan membawa ke pintu belakang di mana paramedis sudah bersiap. Jadi, Binti Jua memang seekor super gorilla.
 
4. Paus Selamatkan Penyelam Yang Tenggelam
Aquarium Polarland, Harbin-China menyelenggarakan event kontes menyelam gratis di kedalaman 20 kaki dengan suhu kutub dalam wadah ikan paus. Tujuh penyelam yang ikut serta dilarang memakai alat bantu pernafasan, terdengar konyol? Dan akhirnya, pria bernama Yang Yun berusia 26 tahun menjadi salah satu dari 7 penyelam beruntung yang ikut serta.

Sial bagi Yun, saat mencapai dasar kolam, kakinya mengalami kram. Yun langsung panik, tanpa alat bantu nafas, kamu bisa membayangkan? Dengan cepat, seekor paus beluga bernama Mila langsung menyambar kaki Yun dengan mulut dan mendorongnya ke permukaan. Yun sampai saat ini masih begitu takjub dengan apa yang dilakukan Mila.
 
5.Babi selamatkan Pemiliknya yang sakit Jantung
LuLu adalah babi gendut yang diberikan sebagai hadiah ulang tahun untuk seorang ibu, Jo Ann. Dan sepertinya Ann begitu bersyukur dengan kadonya. Ketika Ann tiba-tiba mengalami serangan jantung, LuLu yang melihatnya langsung bergerak menolong. Seperti apa? Babi gendut yang biasanya diam di balik pagar rumah ini dengan segera melesat, mencari jalan raya dan menunggu mobil serta mencoba menghentikannya.
 
6.Kelinci Selamatkan Pria dari Koma karena Diabetes
Jika kamu suka makan daging kelinci, maka saat ini mencobalah untuk memelihara dan menjaganya, karena siapa tahu kelinci itu bisa menjadi penolongmu. Itu terjadi pada seorang pria bernama Simon Steggal yang hidup bersama istrinya, Victoria di Cambridgeshire, Inggris. Ketika sedang duduk di sofa, kelinci mereka, Dory menyadari ada hal aneh yang terjadi pada Simon.

Dengan segera, Dory langsung menjilati mulut Simon dan menjadi kelinci agresif dalam upaya membantu Simon menemukan kesadarannya. Victoria yang menyadari itu langsung memanggil tim medis. Hasilnya, Dory mendapat anugrah kehormatan dari Asosiasi Kehormatan Kelinci. Berniat mengajari kelinci kamu supaya jadi seperti Dory?
 
7. Lumba Lumba Adalah Malaikat Samudera
Ilmuwan sudah lama mempercayai bahwa lumba-lumba adalah salah satu mamalia air yang sangat cerdas. Bahkan dengan kecerdasan itu mereka seringkali dianggap malaikat samudera karena menolong banyak sekali orang dari serangan predator buas lautan. Beberapa kisah di antaranya adalah di tahun 2004 ketika 4 penjaga pantai di Selandia Baru berenang dengan lumba-lumba yang mengelilingi mereka di bawah air.

Rupanya lumba-lumba itu menjaga keselamatan mereka dari serangan hiu putih dengan menghalangi. Belum juga seorang peselancar, Todd Endris di tahun 2007 yang juga hampir menjadi korban serangan hiu jika lumba-lumba itu tidak menyelamatkan nyawanya.
 
 

Danau Tengkorak

Posted: 28 Dec 2012 10:00 PM PST

Terselip di sudut terpencil di Himalaya pada ketinggian 5.029 meter (16.500 kaki) di negara India Uttarakhand, Roopkund memegang misteri yang sangat menarik.
Lebih dikenal sebagai 'Danau Tengkorak' sejak penjaga taman nasional datang ke tempat ini dan menemukan sebuah kuburan massal berisi sekitar 300-600 kerangka.


Setelah penemuan mengagumkan tahun 1942 ini , danau tengkorak Roopkund telah menghasilkan sensasi fenomenal. Sebuah danau beku yang jauh dan tak dihuni, yang membutuhkan empat hari perjalanan untuk mencapainya dari lokasi desa yang terdekat, telah menjadi hotspot untuk studi dan spekulasi baru.

Proses penanggalan karbon dilakukan pada kerangka-kerangka ini mengungkapkan bahwa kerangka-kerangka manusia ini mati sekitar abad ke-12 sampai 15.

Pada dasarnya, diasumsikan bahwa kematian tersebut disebabkan oleh beberapa bentuk bencana alam seperti longsor, badai salju atau epidemi. Namun, kontroversi, masih berkembang hingga saat ini dikalangan penduduk lokal, antropolog dan sosiolog.

Sebagian orang menghubungkannya dengan cerita rakyat lokal. Yang Lain memperkirakan bahwa kerangka-kerangka tersebut berasal dari berbagai sebab seperti orang-orang dari Tibet yang mengembara atau pedagang yang telah tersesat, dan orang yang melakukan ritual bunuh diri, serta tentara yang kalah, dll.

Pada tahun 2004, sebuah tim ilmuwan Eropa dan India dikirim oleh National Geographic Channel mengunjungi Roopkund untuk melanjutkan penelitian. Penelitian mereka telah menggali petunjuk menarik dan informasi. Bagian dari temuan mereka termasuk harta antropologis seperti mayat yang terawat baik, perhiasan, tulang dan tengkorak.

Dengan melakukan tes DNA pada kerangka-kerangka ini para ahli telah menemukan bahwa kerangka-kerangka ini milik dua kelompok yang berbeda. Satu kelompok ditandai dengan perawakannya lebih pendek dilihat dari kerangkanya sementara yang lain secara signifikan lebih tinggi.

Kelompok pertama kemungkinan adalah pengrajin lokal atau porter, sementara yang termasuk kelompok kedua kemungkinan anggota dari klan yang sama dengan kelompok pertama.

Penanggalan radiokarbon yang lebih baru yang dilakukan tim NGC, mengungkapkan bahwa telah ada kesalahan data kronologis pada penanggalan yang dilakukan sebelumnya. Kerangk- kerangka ini dianggap berasal dari abad ke-9.

Para ilmuwan dari London dan Hyderabad memeriksa tengkorak untuk mengetahui apakah kerangka-kerangka tersebut mengalami patah tulang, yang mereka anggap sebagai hasil dari hujan badai yang disertai bola bola es (hailstorm) secara tiba-tiba. Bola es yang terjadi disini volumenya luar biasa besar - rata-rata seukuran bola tenis.

Tidak heran bahwa siapa pun yang terkena Hailstorm di Garhwal Himalaya tanpa ampun akan binasa. Udara beku dan hantaman bola-bola es besar memberikan kontribusi terhadap holocaust mereka.

Dan diperkirakan bahwa lebih dari sekali, longsor telah melanda Roopkund sejak kematian orang orang itu. Longsor inilah yang mengubur beberapa mayat ke dasar danau, dimana mayat-mayat tersebut masih ditemukan utuh, terawetkan di bawah es.

Jika pun teori penyebab kematian tragis ini benar, ada satu pertanyaan lagi yang menyusul dan membingungkan. Yaitu tentang kemana orang-orang ini pergi. Roopkund bukanlahh sebuah daerah historis signifikan dan tidak ada jejak dari setiap rute perdagangan ke Tibet telah ditemukan disini. Roopkund juga bukan situs untuk ziarah yang menarik sekelompok besar orang.

Namun, film dokumenter 'Danau Tengkorak' yang dibuat oleh National Geographic Channel (NGC) telah mementahkan asumsi ini. Di Film ini NGC mengklaim bahwa Roopkund adalah tempat untuk festival agama Garhwali yang disebut 'Nanda jaat yatra' yang diadakan di setiap 12 tahun.

Sebuah prosesi yang terdiri dari seekor domba jantan bertanduk empat yang baru lahir dianggap sebagai titisan seorang Dewi diarak dari desa terdekat dan dibawa menuju Roopkund.

Kemungkin kerangk- kerangka di danau ini adalah mereka para pemuja yang berpartisipasi dalam prosesi massal beberapa abad yang lalu. Dari cerita rakyat, mengatakan bahwa seorang raja tertentu telah berpartisipasi dalam ritual 'yatra' dengan membawa para penari perempuan. Namun hal ini telah menyinggung Nanda Sang Dewi, sehingga menimpakan hailstorm kepada mereka.

Cerita rakyat tersebut mungkin hanyalah dongeng belaka, tetapi sangat mungkin bahwa setidaknya tubuh yang lebih tinggi adalah tubuh para anggota kerajaan dan tubuh yang lebih pendek, yang terserak di seluruh danau adalah porter lokal yang kemungkinan semuanya tewas terkena hailstorm.

Apapun penyebab kematian mereka, tidak ada yang benar-benar tahu apa yang menyebabkan begitu banyak orang melakukan sebuah perjalanan yang jauh dan melelahkan berabad-abad lalu.
 
 

10 Hotel terangker di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 09:00 PM PST

Banyak hotel di dunia yang berdiri sejak puluhan, bahkan ratusan tahun silam. Selain jadi daya tarik bangunan tua, banyak pula kisah misteri yang ditimbulkan. Seperti pernah termuat dalam Dailytelegraph, 10 hotel menyeramkan dipaparkan di bawah ini.

 
1. Dalhousie Castle, Edinburgh, UK
Hantu Lady Catherine dikatakan menghantui Kastil Dalhousie di Edinburgh. Legenda mengatakan bahwa Lady Catherine meninggal karena patah hati. Tamu hotel mengklaim bahwa mereka telah melihat dia berkeliaran di lorong-lorong dan mendengar gemerisik roknya atau goresan dan mengetuk pintu. Staf dan tamu mengatakan mereka telah merasakan perasaan seseorang menekan di bahu mereka atau menarik rambut mereka.


2. Tulloch Castle, Dingwall, UK
Beberapa tamu mengklaim mereka kerap terbangun saat tidur di di Kamar Delapan dengan kondisi hampir tidak bisa bernapas seperti dicekik. Salah seorang tamu berkisah ia merasa kedinginan dan dua gadis sedang duduk di dadanya mencoba untuk mencekiknya. Tamu-tamu lain mengklaim mendengar langkah di kamar Pink dan Aula Besar. Yang lain mengatakan mereka telah mendengar gemeretak gagang pintu dan suara-suara aneh lainnya di malam hari.

3. Ballygally Castle Hotel, UK
Bekas benteng pada 1625, hantu Isobella Shaw sering menampakkan diri kepada tamu sebelum menghilang. Menurut legenda setempat, Lord Shaw mengunci Isobella di kamar setelah ia melahirkan putra mereka. Dia meninggal jatuh dari jendela dalam upaya untuk melarikan diri. Legenda mengatakan bahwa Isobella mencari benteng untuk anaknya.

4. Bear Hotel, Hampshire, UK
Di hotel yang dibangun pada 1795, tamu melaporkan melihat hantu pembantu rumah tangga yang meninggal dalam Kamar 22. Mereka mengatakan dia duduk di tepi tempat tidur mereka.

5. Fairmont Banff Springs, Kanada
Tamu hotel mengklaim bahwa mereka telah melihat pelayan mengenakan seragam lengkap di lantai sembilan. Pria itu adalah hantu mantan bellman Sam Macauley yang meninggal pada 1967. Ia kerap menghilang setelah membantu tamu

6. Taipei Grand Hyatt Resort, Taiwan
Hotel yang dibangun di atas bekas penjara politik perang, tamu dan staf hotel melaporkan adanya hantu dari narapidana yang dieksekusi. Hotel ini telah menempatkan sutra China dan gulungan suci di seluruh lobi dalam upaya untuk mengusir hantu.

 
7. Royal George Hotel, UK
Para tamu mengatakan mereka telah melihat seorang gadis muda berjongkok dan menangis di dalam kamar 22. Penduduk setempat mengatakan bahwa hantu itu adalah bahwa seorang anak perempuan yang bunuh diri setelah dipisahkan dari sang kekasih oleh ayahnya.

8. Colorado Stanley Hotel, AS
Elisabeth Wilson, pembantu rumah tangga yang meninggal di hotel pada 1911 dilaporkan kerap membantu tamu di Kamar 217. Ia dengan ramah membawakan barang-barang mereka. Tamu-tamu lain melaporkan mendengar suara anak-anak berjalan dan tertawa di lorong di lantai empat.

9. Toftaholm Herrgard, Swedia
Para tamu di hotel ini telah melaporkan suara-suara aneh seperti pintu dan jendela ditutup padahal mereka telah membukanya sebelum itu. Warga mengatakan itu adalah ulah seorang anak yang jatuh cinta dengan putri. Pada pagi hari pernikahannya dengan perempuan lain, ia malah menggantung diri di kamar 324.

10. Burchianti Hotel, Florence, Italia
Tamu mengklaim telah mendengar anak-anak melompat-lompat menyusuri lorong-lorong dan melihat seorang perempuan merajut di kursi. 
 
 

8 Harga Hewan Termahal di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 08:00 AM PST

1. Banteng.
Vexour Garth adalah banteng Charolais berusia 19 bulan, baru terjual dengan harga 105 ribu poundsterling (Rp 1,6 miliar). Harga tersebut memecahkan rekor penjualan hewan ternak dunia.


2. Domba
Domba Perthshire berusia 12 bulan itu merupakan hasil perkawinan dari jantan Aitkenhead (30 ribu poundsterling) dan betina Midlock (28 ribu poundsterling). Sementara, kembarannya berhasil terjual dengan harga 60 ribu poundsterling.


3. Anjing
Pada 2011 lalu, anjing Tibet Merah bernama Hong Dong (11 bulan) berhasil dijual dengan harga 945 poundsterling (Rp 14,5 miliar). Sang pemilik, Lu Liang, menjual Hong Dong kepada seorang milyuner pengusaha batu bara.


4. Kucing
Harga kucing termahal mungkin masih dipegang oleh Cato, seekor kucing Bengali - hasil peranakan kucing domestik dan kucing Leopard Asia. Cato dibeli oleh seorang wanita London seharga US$ 41,435 atau hampir 400 juta rupiah.

 
5. Kumbang
Kumbang Stag sepanjang 3 inci ini dihargai US $ 89,000 (855 juta rupiah). Penjualnya seorang peternak kumbang di Jepang dan dijual pada toko serangga di Jepang. Entah, berapa harga yang akan dihasilkan bila ada kolektor yang berminat.


6. Ikan
Ikan tuna seberat 754 pound (lebih dari 350 kg) ini terjual dengan harga fantastis, US $ 396,000 atau 3,8 milyar rupiah. Pengusaha sushi di Hong kong yang membelinya dari pasar ikan di Tsukiji, Tokyo.

 
7. Sapi
Tahun 2009 lalu sapi ini terjual mencapai harga US $ 1,2 juta (11 milyar rupiah) pada sebuah lelang di Toronto. Teramat mahal? Namun sang pembeli sangat yakin bila Missy, nama sapi ini diternakan akan menghasilkan banyak sapi perah unggul dengan harga yang juga fantastis.


8. Kuda
Dari semua hewan di atas, yang paling mahal ternyata dipegang oleh seekor kuda pacuan bernama 'Green Monkey'. Ketika berusia dua tahun pada 2006 lalu, 'Green Monkey' dilepas dengan bandrol 16 juta poundsterling (Rp 246 miliar).
 
 

Bahasa Yang Paling Sering di pakai di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 07:00 AM PST

Tahukah kamu ada sekitar 6.900 bahasa di bumi ini menurut SIL International's Ethnologue? Dari sekian banyak bahasa, hanya beberapa yang masuk daftar paling banyak dipakai.

Namun, kita harus membedakan antara daftar "bahasa yang banyak dipakai secara keseluruhan" dan daftar "bahasa yang dipakai oleh penutur asli". Maka untuk kategori penutur asli, jangan kaget bila bahasa Jawa lebih banyak daripada Bahasa Indonesia sendiri.

 


Berikut daftarnya menurut Nationalencyklopedin:

1. Mandarin dipakai oleh 955 juta orang, sekitar 14,1 % populasi dunia
2. Spanish dipakai oleh 407 juta orang, sekitar 5,85 % populasi dunia
3. English dipakai oleh 359 juta orang, sekitar 5,52 % populasidunia
4. Hindi dipakai oleh sekitar 4,46 % populasi dunia
5. Arabic dipakai oleh sekitar 4,23 % populasi dunia
6. Portuguese dipakai oleh sekitar 3,08 % populasi dunia
7. Bengali dipakai oleh sekitar 3,05 % populasi dunia
8. Russian dipakai oleh sekitar 2,42 % populasi dunia
9. Japanese dipakai oleh sekitar 1,92 % populasi dunia
10. Punjabi dipakai oleh sekitar 1,44 % populasi dunia
11. German dipakai oleh sekitar 1,39 % populasi dunia
12 JAVANESE dipakai oleh sekitar 1,25 % populasi dunia
13 Wu dipakai oleh sekitar 1,20 % populasi dunia. Bahasa Wu digunakan di Shanghai, China.
14. MALAY/BAHASA INDONESIA dipakai oleh sekitar 1,16 % populasi dunia.

Sementara pada kategori "Dipakai secara total jumlah" berikut daftarnya:

1. Standar Chinese dipakai oleh 1,151 milyar orang
2. English dipakai oleh 1 milyar orang
3. Spanish dipakai oleh 500 juta orang
4. Hindi dipakai oleh 490 juta orang
5. Russian dipakai oleh 277 juta orang
6. Arabic dipakai oleh 255 juta orang
7. Portuguese dipakai oleh 240 juta orang
8. Bengali dipakai oleh 215 juta orang
9 French dipakai oleh 200 juta orang
10. Malay/Bahasa Indonesia dipakai oleh 175 juta orang

Mengapa Malay/Bahasa Indonesia tidak sama dengan jumlah penduduk 250 juta, belum lagi ditambah cakupan bahasa melayu di negeri-negeri tetangga (Malaysia, Singapura, Brunei)? Hipotesanya: masyarakat di daerah pedalaman belum semua menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari.

Dari daftar di atas, kita bisa lihat betapa besar peran bahasa Mandarin dibanding bahasa Inggris / English. Akhirnya semakin banyak pula orang yang mempelajari bahasa ini. Di beberapa negara Afrika yang dulu masuk wilayah jajahan Prancis, kini semakin banyak yang memilih belajar bahasa Mandarin, bukan bahasa Prancis itu sendiri.
 
 

8 Pemandangan Sawah Terdahsyat di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 06:00 AM PST

Nasi merupakan makanan pokok di banyak negara. Berbicara tentang nasi dan beras, berarti ada sawah yang jadi lahan bercocok tanam. Sawah yang subur tentu harus memperhatikan sistem pengairan, karenanya banyak sawah dibuat bertingkat (terasering). Selain membuat pembagian air merata juga mengurangi bahaya erosi.

Dari jutaan hektar lahan persawahan di muka bumi, beberapa di antaranya menciptakan pemandangan maha dahsyat. Telusuri kumpulan foto di bawah ini, dijamin akan membuat kita takjub.


1. Provinsi Yunnan, China


2. Banaue, Filipina

 

3. Pulau Boracay, Filipina


4. Rishikesh, Himalaya

 
5. Hamanoura, Jepang


6. Machu Picchu, Peru


7. Subak, Bali


8. Cancar, Flores
 
 
 

Pengantar Air Galon Tertua di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 05:00 AM PST

Seorang wanita renta dengan berat badan hanya sekitar 37,5 Kg, usianya sudah 70 tahun yang tinggal di Distrik Shijingshan Beijing, mungkin menjadi wanita tertua sebagai pengantar air di kota tersebut.

Sejak 2006 Gao Meiyun bekerja sepanjang hari mulai pukul 06.00 hingga jam 22.00. Setiap hari ia mengantar sekitar seratus galon air minum ukuran 20 kg ke berbagai apartemen dan banyak perkantoran di Beijing bagian Barat.

Gao Meiyun yang sudah hidup sebagai janda tinggal bersama dengan anaknya yang lumpuh dan cucu yang cacat mental. Cucunya mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 2008. Kadua kakinya harus dioperasi. Gao harus berhutang kepada orang-orang di sekitarnya untuk membayar biaya pengobatan cucunya tersebut. Namun, hutang yang sudah sedemikian banyak masih kurang untuk menyelesaikan pembayaran pengobatan anaknya.

Mereka bertiga tinggal dalam kamar sempit ukuran 20 m2 tanpa pengatur udara namun justru dipenuhi dengan botol air mineral di setiap sudut ruangan. Uang yang ia peroleh sebagai pengantar air mineral dalam galon menjadi satu-satunya penghasilan untuk hidup sehari-hari sekaligus untuk membiayai pengobatan anaknya.
 

Gao Meiyun menjadi sangat terkenal di masyarakat karena hampir tidak ada orang seusianya yang bekerja berat serta membutuhkan ketahanan fisik seperti itu. Namun, sejauh para pelanggan memerlukannya, Gao setiap saat pasti siap mengantarkan pesanan air minum galon tanpa memperdulikan cuaca. Tertatih-tatih ia menaiki satu persatu anak tangga menuju ke tempat pemesannya. Ia juga mengatakan bahwa keluarganya adalah motivasi untuk melanjutkan pekerjaan beratnya.

Gao Meiyun yakin bahwa suatu ketika anaknya akan menggantikan usahanya. Namun, kenyataan, anaknya tidak mampu melakukan hal itu karena masalah kesehatan yang ia derita. 

Sayangnya, Gao Meiyun sendiri sekarang mengalami gangguan kesehatan. Ia menderita batuk yang cukup parah. Tubuhnya juga menjadi bongkok karena bertahun-tahun mengangkat ratusan botol air mineral yang sedemikian berat

Akhir-akhir ini ada beberapa sukarelawan yang membantunya setiap hari Rabu. Ada para donatur yang membantu keuangannya pula.

Sejak berita ini muncul di surat kabar (misalnya sumber artikel ini dari China Photo Press), dana yang telah diterima Gao Meiyun sebesar 100.000 yuan ($ 15,016,59). Setiap bulan pemerintah juga telah memberikan bantuan sebesar 3.000 yuan ($ 450,50) yang hanya cukup untuk biaya hidup, namun bukan biaya pengobatan. Sekolah tempat cucunya belajar juga telah memberikan bea siswa secara penuh alias gratis.
 
 

10 Bandara Terindah Dunia

Posted: 28 Dec 2012 04:00 AM PST

Bandara International adalah pintu gerbang sebelum memasuki sebuah negara. Tak jarang, keindahan sebuah bandara menjadi daya pikat dalam dunia parawisata.

Seperti contohnya beberapa negara di Asia seperti China dan Korea Selatan, mereka membangun bandara yang mewah dan berbeda sebagai salah satu daya tarik pariwisata mereka.

Seperti apa 10 bandara dengan arsitektur terindah di dunia? Berikut daftarnya seperti dikutip dari (rediff.com ?) kapanlagi.

 
1. Bandara Internasional Beijing - China
Sebagai bandara di urutan ke-2 paling sibuk di Asia (nomor satu Tokyo Haneda), sejak tahun 1999 sebagai peringatan 50 tahun PRC - partai komunis yang memerintah - bandara ini direstukturisasi dan diperluas.

Terminal 3 di bandara Beijing dibangun sejak 2004 dan dibuka tepat saat perayaan Olimpiade 2008. Dengan panjang 2 mil, terminal 3 menjadi salah satu bangunan terbesar di dunia yang dianggap mewakili hewan khas China, naga.

Tidak hanya skema warna tradisional China yang membuat efek dramatis, namun teknologi hijau yang menyaring udara di bagian atap membuat terminal ini cocok menjadi pintu gerbang ke China.


2. Terminal 4, Bandara Barajas Madrid - Spanyol
Didesain oleh Richard Rogers Partnership, terminal 4 dibuka pada tahun 2006. Dengan Pylons aneka warna dan atap berlapis bambu berbentuk gelombang menciptakan kesan sinar temaram istimewa. Dengan panjang setengah mil, penumpang seakan sedang berjalan di rangkaian pelangi saat melewati areka terminal ini.

 
3. Terminal TWA, Bandara John F Kennedy New York - AS
Setiap penumpang yang melewati terminal transit internasional di bandara JFK ini akan langsung disambut dengan lorong-lorong berbentuk tabung sepanjang 125 kaki. Belum lagi suasana syahdu terasa di antara beton dan desain gedung dengan desain berkelas ini. 

4. Bandara Internasional Carasco, Montevideo - Uruguay
Terminal baru ini dibuka pada tahun 2009 dan didesain oleh arsitek Uruguay, Rafael Vinoly. Bandara ini disebut memiliki ruangan keberangkatan dan kedatangan yang cukup dramatis dengan kubah anggun dengan diterangi matahari yang langsung menyapu pemandangan ke landasan pacu.

Mereka yang hendak pergi dan berpisah dari keluarga dan orang terdekat akan merasa begitu sentimentil, mungkin banyak film yang berminat melakukan syuting di sini.
 

5. Bandara Sondika, Bilbao - Spanyol
Didesain oleh Santiago Calatrava, bandara ini dibangun pada tahun 2000 dan memiliki julukan La Paloma (mungkin bentuknya terinspirasi burung merpati). Dengan langit-langit tinggi dan terbuka menatap awan membuatnya begitu lekat dengan alam. Area parkir bandara ini dibangun di lereng bukit hijau yang membuatnya tampak lebih cantik.

Bagian perut "burung merpati" ini tak kalah menarik. Dari mulai mezanin hingga bagian lainnya bisa menjadi inspirasi foto atau mungkin puisi yang romantik.

 
6. Bandara Internasional Denver, Amerika Utara
Bandara ini dikagumi karena bentuk atap yang unik. Didesain oleh Denver dengan Curtis Fentress, mereka hanya memiliki 3 minggu untuk membuat konsepnya. Bandara ini memiliki atap yang dilapisi kain raksasa berbahan Teflon yang membuat bandara Denver tampak seperti pedesaan raksasa berwarna putih - mengingatkan saya pada tepees, kemah-kemah indian.

Hal terindah saat datang ke bandara ini adalah penumpang akan disambut oleh salah satu karya terindah buatan manusia dengan siluet pegunungan batu dan sinar bulan yang sangat cantik di malam hari.


7. Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan
Semenjak dibuka pada tahun 2001, bandara yang didesain oleh Denver's Fentress Architects ini langsung menjadi salah satu bandara terbaik di dunia. Tidak hanya karena kondisi yang ada, namun bandara ini benar-benar memperlihatkan kebudayaan Korea.

Kubah atap merupakan gambaran dari kuil tradisional Korea dan lorong-lorong dengan taman bunga yang asri. Lokasi ini menjadi salah satu tempat paling futuristik di bumi. Tak heran jika industri Hallyu sering menggunakan bandara ini sebagai salah satu lokasi syuting.

 
8. Bandara Menara, Maroko
Bandara istimewa ini memadukan desain modern dengan arsitektur tradisional Islam yang sangat cantik. Didesain oleh Casablanca dengan E2A Architecture, bandara ini selesai dibangun pada 2008. Disebutkan ada 72 piramida pembangkit listrik tenaga sinar di atap bangunan yang lekat dengan arsitektur Arab ini.


9. Bandara Chek Lap Kok, Hong Kong
Proyek dari Foster and Partners di tahun 1998 ini bisa dibilang cukup sederhana. Bandara ini didesain dalam kesederhanaan yang membuat nyaman. Dengan kubah atap yang bergelombang membuat penumpang pesawat yang sudah 17 jam perjalanan akan merasa rileks.

Kereta cepat ke pusat Hong Kong dibangun tepat di terminal utama. Jadi bagi siapapun yang naik kereta cepat, akan langsung turun di terminal pesawat mereka yang akan berangkat.

 
10. Bandara Internasional Kansai, Osaka - Jepang
Didesain oleh Renzo Piano dan dibuka pada tahun 1994, bandara Kansai selalu dipenuhi sinar matahari dengan garis atap yang seakan bergerak berbentuk gelombang. Penumpang internasional dimanjakan oleh desain langit yang tinggi seakan bandara ini memang begitu dekat dengan langit.
 
 

8 Pulau Terunik di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 03:00 AM PST

Setiap pulau yang membentang di lautan seluas dunia punya cerita. Dari begitu banyaknya pulau tersebut, berikut ini tercatat 7 nama karena keunikannya.


1. Tristan da Cunha
Pulau ini berada di selatan Samudra Atlantik, 2.816 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan. Nama pulau ini berasal dari penemunya, pelaut Portugis Ilha de Tristão da Cunha tahun 1506.

Akses menuju pulau ini sangat sulit karena ada di tengah samudera Atlantik dan dikelilingi rangkaian gunung berapi. Hanya dengan transportasi laut seseorang bisa mencapainya. Menurut sensus 2010 tercatat 264 orang saja berdiam di pulau ini. Kondisi ini menyebabkan perkawinan sedarah terjadi dan mengakibatkan berbagai penyakit genetik.

2. Gunkanjima
Pada awal 1900-an, Gunkanjima merupakan pulau yang makmur karena kekayaan batu baranya. Mitsubishi Corporation yang mengelola penambangan batu bara di sini, benar-benar membuat Gunkanjima menjadi kota yang kaya dan padat penduduk, padahal luas pulau ini kurang dari 1 km2.

Untuk mengakomodasi para penambang, sepuluh kompleks apartemen dibangun di atas batu kecil – sebuah labirin tinggi dihubungkan dengan halaman-halaman, koridor, dan tangga. Ada sekolah, restoran, dan game rumah, semua dikelilingi oleh tembok pelindung.
Karena menjadi daerah industri, tak heran pulau ini dijuluki "nashi Midori Shima," pulau tanpa warna hijau. Di tahun 1950-an jumlah penduduk mencapai 6000 orang, menjadi pulau dengan penduduk terpadat di dunia saat itu.

Di tahun 1974, setelah sumber tambang habis pulau ini ditinggalkan. Semua jenis bangunan di atasnya pun kosong, sehingga jadi mirip pulau hantu. 

3. Palm Island
Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.

Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia, juga kepulauan buatan terbesar di dunia. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.

Penciptanya adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Dubai.
 
Di ketiga pulau tersebut akan dibangun lebih dari 100 hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai, marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan kesehatan.

4. Spratly Islands
Kepulauan Spratly merupakan rangkaian 650 pulau karang yang terletak di Laut Cina Selatan, antara Filipina dan Vietnam.

Belum jelas apa potensi kepulauan ini, namun sempat terdengar telah dilakukan survey awal dan hasilnya, kepulauan ini diindikasikan mengandung banyak minyak dan gas bumi.

Yang unik dari kepulauan ini adalah 45 pulau ditempati oleh sejumlah kecil pasukan militer dari berbagai Negara yakni Cina, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Brunei.


5. Ellesmere
Ellesmere adalah salah satu pulau di dunia yang suhunya mencapai titik beku. Pulau yang masuk wilayah Kanada ini menjadi laboratorium para pakar geologi dan pakar biologi yang sedang mempelajari perubahan alam.


6. Samosir
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Itulah yang menjadikan pulau ini unik - pulau di dalam pulau.

Kabupaten Samosir terdiri dari 9 kecamatan. Masing-masing kecamatan memiliki daya tarik wisata sendiri-sendiri. Fokus wisata di Samosir seputar wisata alam dan wisata budaya.

Pecinta wisata budaya dan sejarah bisa mengunjungi Makam Raja Sidabutar, Batu Parsidangan, dan Museum Huta Bolon. Anda bisa mengenal lebih dalam mengenai budaya Batak di sebuah kampung tua di Samosir. Bisa juga dengan menonton pertunjukan Sigale-gale di Tomok.

Sedangkan wisata alam, bisa mampir ke Batu Marhosa, Goa Marlakkop, Pantai Ambarita, Aek Natonang, Pantai Pasir Putih, sampai pemandian air panasi di dekat kota Pangururan.  Ini baru sebagian obyek wisata, sejatinya Samosir memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dijelajahi.


7. Peacock
Pulau mungil Peacock Island disebut pulau suci karena adanya kompleks candi suci Umananda. Pulau mungil ini berada di tengah sungai Brahmaputra yang luas di Provinsi Assam, India. Candi Umananda dibangun di Guwahati pada 1594, oleh Raja Ahom Assam.

Di antara candi-candi yang terdapat di Assam, candi pemujaan Dewa Siwa inilah salah satu yang paling banyak pengunjungnya. Untuk mencapai kuil, orang harus menyeberangi sungai dengan perahu dari Kachari ghat. Ada juga layanan feri yang tersedia dari jam 7 pagi di pagi sampai 5 sore di malam hari.


8. Pulau Gunung Api
Sesuai namanya, pulau ini sebenarnya gunung berapi. Disebut juga Gunung Banda Api (641 m dpl) terletak di Kepulauan Banda, Maluku.

Sebagai pulau gunung api, potensi bahaya erupsinya selain berupa bahaya primer seperti lontaran jatuhan piroklastika (bom dan abu vulkanik), aliran piroklastika (awan panas), dan aliran lava, juga berpotensi terjadi bahaya sekunder seperti lahar, letusan (freatik) sekunder akibat persentuhan antara produk gunung api yang masih panas dengan air laut dan longsoran vulkanik yang kemungkinan dapat menimbulkan tsunami.

Masalahnya, di kaki gunung masih dijadikan tempat bermukim warga karena tanahnya yang sangat subur untuk perkebunan cengkeh dan pala. Tingginya harga jual membuat warga bertahan. Contohnya dari hasil kebun tersebut mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi.

Erupsi suatu pulau gunung api seperti Gunung Banda Api sering berisiko tinggi dan berdampak sosial yang lebih besar bagi penduduk setempat dibandingkan penduduk sekitar gunung api yang berada di wilayah daratan.

Evakuasi penduduk pada waktu terjadi erupsi harus dilakukan dengan penyeberangan dari pulau gunung api ke pulau lain yang dianggap lebih aman. Pada erupsi Gunung Banda Api tahun 1988 hampir 8.000 orang diungsikan dari Kepulauan Banda ke Pulau Ambon dan Pulau Seram
 
 

5 Danau Paling Aneh dan Unik di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 02:00 AM PST

Air yang jernih mungkin sudah jadi panorama yang biasa. Tapi, 5 danau di berbagai belahan dunia ini, berhasil menghipnotis wisatawan dengan panorama aneh yang dimilikinya. Mulai dari yang bisa berubah warna, memiliki corak polkadot, sampai punya pulau-pulau yang bisa bergerak sendiri.

 
1. Danau kembar 16 di Kroasia

Mungkin Anda sudah pernah mendengar danau kembar tiga di Indonesia. Ternyata ada pula danau kembar 16 yang terkenal dengan nama Plitvice Lakes. Danau yang berada di Plitvice Lakes National Park ini pun terlihat aneh dengan bentuk yang saling berkaitan satu sama lain.
Seperti yang dilansir dari situs World Heritage Convention UNESCO, di lokasi ini ada 16 danau yang saling terkait antara Gunung Mala Kapela dan Gunung Pljesevica. Danau ini pun terbagi menjadi dua kelompok yaitu danau atas dan bawah. Posisinya pun berurutan mulai dari ketinggian 636 m sampai 502 m.

Uniknya, Plitvice Lakes juga dihiasi dengan puluhan air terjun, dan tebing-tebing batu di sekelilingnya pun menjadi pemisah yang mempertegas keelokannya. Selain itu panorama di danau ini semakin aneh dengan perubahan warna air danaunya.

Air di danau yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO ini, punya warna yang khas, mulai dari biru kehijauan sampai biru.

Di destinasi ini, wisatawan bisa melihat danau cantik dengan panorama unik yang berpadu dengan air terjun dan hutan. Wisatawan bisa menikmati seluruh keanehan danau ini dari dekat dengan melewati jembatan kayu yang ada di area Plitvice Lakes.


2. Danau Linow, danau yang bisa berubah warna di Sulawesi Utara

Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara punya danau dengan keindahan alam yang memukau. Satu yang membuat danau ini terlihat aneh adalah ketika airnya bisa berubah warna.
Warna air Danau Linow ini bisa berubah dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan danau ini mengandung kadar belerang yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, perubahan warna ini juga disebabkan oleh kadar cahaya matahari yang mengenai permukaan danau.

Oleh karena itu, tidak heran bila danau ini bisa menarik perhatian wisatawan. Mereka penasaran ingin melihat langsung perubahan warna yang terjadi pada Danau Linow. Sejauh mata memandang, danau ini bisa terlihat biru kemudian berubah menjadi hijau, atau menimbulkan gradasi warna yang sangat cantik.

Untuk bisa masuk ke kawasan Danau Linow, traveler harus membayar tiket seharga Rp 25.000. Bila Anda sudah masuk ke area danau, harus berhati-hati dengan kubangan lumpur panas yang ada di tepi danau!


3. Danau Milkshake Strawberry di Senegal

Kalau secara umum air danau berwarna biru jernih, beda dengan Danau Lac Rose Retba. Danau yang berada di utara Semenanjung Cap Vert, Kota Dakar, Senegal ini, memiliki air berwarna merah muda seperti milkshake strawberry.
Anehnya, tidak hanya berwarna pink ada kalanya danau ini berwarna ungu, kemudian menjadi ungu muda sampai merah muda. Seperti yang ditulis situs Amusing Planet, banyak wisatawan yang penasaran dengan danau seluas 3 km persegi ini. Ternyata, warna Danau Lac Rose Retba berasal dari mikroorganisme yang terkandung di dalamnya, merah.

Danau Lac Rose Retba menghasilkan warna paling cantik yaitu merah jambu saat musim kemarau. Saat itu, mikroorganisme di dalam danau menyerap, dan menggunakan cahaya Matahari untuk menghasilkan pigmen merah. Saat itulah Danau Lac Rose Retba berubah bagaikan kolam milkshake strawberry raksasa.

Keanehan danau ini tak berhenti di situ saja. Danau ini ternyata mirip laut mati yang ada di Yordania. Turis yang datang bisa berenang tanpa harus repot mengayuh kaki dan tangannya, karena Anda bisa langsung mengapung di atas permukaannya.

Memang benar, Danau Lac Rose Retba mengandung garam sekitar 40%. Kandungan ini satu setengah kali lebih tinggi dari garam yang ada di Laut Mati.


4. Danau polkadot di Kanada

Berada di Osoyoos, Kanada, danau polkadot yang bernama Kliluk ini pun berhasil menyita perhatian wisatawan. Bagaimana tidak, permukaan danau ini punya corak yang tak biasa, yaitu lingkaran-lingkaran seperti polkadot.
Lingkaran-lingkaran itu terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengahnya. Tidak hanya satu, lingkaran garam ini pun hampir memenuhi seluruh permukaan danau.

Melihat keanehan Danau Kliluk, daerah ini pun mulai dipadati wisatawan yang penasaran. Selain itu, traveler yang datang ke danau ini juga punya tujuan untuk mengambil air danau untuk pengobatan kulit. Konon, kandungan mineral yang ada di Danau Kliluk bisa menyembuhkan berbagai penyakit.


5. Danau dengan pulau-pulau yang bergerak sendiri di India

Kalau Danau Toba di Sumatera Utara punya Pulau Samosir di tengahnya, Provinsi Manipur, India juga punya Danau Loktak dengan gugusan pulau mungil berbentuk cincin. Anehnya, pulau-pulau ini berubah bentuk sesuai musim dan bergerak ke berbagai arah tergantung hembusan angin.
Gugusan pulau mungil yang memenuhi dua per tiga danau ini disebut Phumdi oleh masyarakat India. Melansir situs CN Traveler, Phumdi di Danau Loktak adalah satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi juga menguntungkan bagi upaya konservasi spesies rusa langka, warga lokal menyebutnya Sangai, yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.

Meskipun bersifat nomaden dan bisa bergerak sendiri, bukan berarti Phumdi tak dihuni manusia. Phumdi terbesar yang bernama Khangpoks, dihuni sekitar 4.000 orang. Ada pondok-pondok mungil yang membuatnya mirip seperti pemukiman di Danau Titicaca, Peru 
 
 

Wanita-Wanita Penyelam Terhebat di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 01:00 AM PST

Negeri-negeri di ujung timur seperti Jepang dan Korea memiliki beragam tradisi nan unik dan menakjubkan. Salah satunya adalah kedigdayaan para perempuan yang bekerja keras demi keluarga. Mereka bahkan rela mencari ikan menyelam ke laut dalam tanpa peralatan apa pun. Ternyata tradisi ini sudah bertahan sejak ribuan tahun.

Di Jepang, mereka disebut Ama (kata "ama" juga dipakai untuk penyelam laki-laki, namun yang membedakan penulisan huruf kanjinya). Para penyelam ini mencari ikan hingga kedalam 25 meter atau lebih di bawah laut tanpa tangki oksigen atau alat bantu pernapasan lainnya.
 


Konon ama sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Beberapa referensi yang menyebut tentang ama misalnya koleksi puisi Man'yoshu dari abad ke 8 dan buku Sei Shonagon's dari abad ke 10. Ama juga pernah dimunculkan dalam film James Bond "You Only Live Twice" (1967).

Hingga tahun 1960-an, perempuan yang menjadi ama biasa berenang bertelanjang dada.  Pelindung tubuh hanya di bagian perut ke bawah, yang disebut fundoshi. Seiring perubahan jaman, barulah mereka menggunakan pakaian yang lebih lengkap.





Ada beberapa teori yang menyebabkan para perempuan tersebut menjadi penyelam laut dalam. Kemungkinan di jaman dulu jumlah lelaki dan perempuan seimbang. Ketika kaum laki-laki memilih pergi berlayar menjadi pelaut, para wanita yang berdiam di rumah mencari ikan dengan cara menyelam. Akhirnya kebiasaan ini diteruskan dari generasi ke generasi.





Haenyo

Hampir serupa dengan Jepang, di Korea juga ada tradisi yang mirip. Kaum wanita penyelam laut dalam ini disebut Haenyo (arti: wanita laut) dan banyak terdapat di propinsi Jeju.
 




Menurut hikayat, hingga abad ke-19 menyelam untuk mencari ikan hanya dikerjakan oleh kaum pria. Tingginya pajak yang dikenakan oleh kerajaan membuat pekerjaan ini tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan hidup. Akhirnya para wanita yang mengambil alih.

Uniknya, ketika para wanita pergi menyelam maka kaum pria yang bertugas sebagai 'bapak rumah tangga' di rumah merawat anak. Bisa dibilang, kaum perempuan menjadi kepala rumah tangga. Pemandangan seperti ini bisa dijumpai di Pulau Mara.
 




Namun belakangan, berkembangnya industri di Korea semakin memangkas habis jumlah haenyo. Banyak perempuan yang bertumbuh dewasa memilih bekerja di pabrik atau pindah ke kota besar. Bila di tahun 1950 dilaporkan masih ada sekitar 30.000 penyelam wanita, kini data yang diambil tahun 2003 silam menyebut hanya tersisa sekitar 5.000-an penyelam. Bahkan 85% di antaranya sudah berusia di atas 50 tahun.

5 Perbatasan Negara Paling Rawan Masalah

Posted: 28 Dec 2012 12:00 AM PST

Bagi negara negara yang bertikai, daerah perbatasan merupakan daerah yang paling rawan akan konflik sehinga menjadi wilayah yang sangat berbahaya. Nah berikut ini ada beberapa daerah perbatasan paling berbahaya di dunia:


1. Korea Utara-Korea Selatan
Dua negara Korea ini sudah sangat lama bersitegang. Wilayah perbatasan pun terletak di tengah-tengah dataran Korea, namanya Korean Demilitarized Zone (DMZ). Wilayah ini membentang sepanjang 250 km dengan lebar 4 km.
DMZ adalah perbatasan yang paling termiliterisasi di dunia. Inilah tempat Anda melihat banyak tank baja dan ranjau darat. Tentara yang membawa senapan sudah tak asing lagi tampaknya.

Namun selain itu, DMZ juga merupakan wilayah konservasi. Beberapa jenis fauna seperti Amur Leopard dan Bangau Mahkota Merah juga ada di sini.

 
2. Meksiko-AS
Sejak pihak militer ikut andil di kawasan ini, perbatasan Meksiko-AS sudah terkenal sebagai lokasi Drug War. Perang ini dilakukan oleh kartel penjual obat-obatan terlarang untuk mempertahankan batas regional. Bahkan konflik tersebut masih berlangsung hingga sekarang.
Hal itu bukanlah satu-satunya alasan perbatasan ini berbahaya. Lanskap gurun di sekitarnya telah membunuh ratusan orang karena kehausan.



3. Pakistan-India
Pakistan dan India punya ketidaksukaan satu sama lain. Oleh karena itulah, perbatasan antara dua negara ini terutama daerah Kashmir menjadi bahaya untuk turis. Namun lucunya, terdapat upacara penutupan gerbang perbatasan antara kedua negara ini yang sering menjadi daya tarik wisatawan.

 
4. Bangladesh-India
Beberapa bagian perbatasan antara India dan Bangladesh adalah kawasan hutan yang lebat. Namun, bahaya tak hanya datang dari lanskap alamnya saja. Ada peraturan yang ditetapkan oleh petugas perbatasan India (Border Security Force/ BSF) yang disebut-sebut sebagai "shoot-to-kill".
Selama 10 tahun terakhir, BSF telah membunuh hampir 1.000 orang Bangladesh. Perbatasan ini menjadi "ladang pembunuhan" terbesar di Asia Selatan.

 
5. Kolombia-Ekuador
Perbatasan Negara Kolombia dan Ekuador bukan berbahaya karena adanya campur tangan militer. Adalah pemberontak FARC, kelompok separatis yang melakukan perdagangan obat-obatan terlarang. Mereka mengambil alih wilayah perbatasan, mereka pula yang pegang senjata.
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar