Senin, 24 Desember 2012

8 Penemuan Sains yang Membuka Mata Dunia

8 Penemuan Sains yang Membuka Mata Dunia


8 Penemuan Sains yang Membuka Mata Dunia

Posted: 24 Dec 2012 11:00 PM PST

Ilmu pengetahuan terus bergerak maju. Berbagai penemuan baru yang mengejutkan dan membuka mata manusia menjadi tonggak penting dalam peradaban. Bahwa hal yang dulu hanya khayalan telah menjadi kenyataan, serta penemuan-penemuan ini semakin menyadarkan bahwa ada Dzat yang Maha Besar sebagai sumber kehidupan.

Beberapa hal yang patut kita ketahui misalnya terpapar pada 8 daftar di bawah ini.


1. Ununseptium
Unuseptium yang untuk sementara dinamai unsur ke 117 merupakan kombinasi antara isotop berkelium dan kalsium yang diciptakan para ilmuwan di Dubna, Rusia. Para fisikawan mengatakan bahwa unsur ini bisa menunjukkan "island of stability", dimana unsur yang terberat bisa bertahan selama berbulan-bulan.
Unsur dengan nomor atom 117 ini dibuat dengan cara memborbardir 249Bk dengan ion kalsium dalam siklotron JINR U4000 selama 150 hari yang terdapat di Dubna.

Keseluruhan proses yang memakan waktu tidak lebih dari 320 hari yang merupakan waktu paruh unsur Bk (150 hari dalam siklotron+analisis data+review oleh tim peneliti) ini akhirnya berhasil menghasilkan 6 atom Ununseptium. Masing-masing dari keenam atom tersebut kemudian meluruh dengan memancarkan partikel alfa menjadi unsur bernomor atom 115 kemudian 113 sampai intinya terbelah menjadi dua atom yang lebih stabil.


2. Gen Penyebab Penuaan
Manusia memiliki sel tubuh yang regeneratif, bisa terus memperbarui jumlahnya. Namun teka-teki penyebab ketuaan menjad perhatian ilmuwan. Secara genetika, ternyata terdapat unsur penyebab kita tak bisa awet muda selamanya.

Dan pada beberapa orang ada yang tampak tua lebih cepat. Apa sebabnya? Para ahli genetika menemukan bahwa hal tersebut disebabkan oleh ulah gen TERC. Gen tersebut menentukan panjang telomer, semacam tutup yang terdapat pada ujung kromosom.

Orang pembawa gen itu akan cenderung mengalami penuaan lebih cepat sebab telomernya akan memendek lebih cepat. Orang yang membawa satu copy gen itu misalnya, akan tampak sama tua dengan orang yang 3-4 tahun lebih tua darinya. Penelitian tentang gen TERC itu dipublikasikan dalam Jurnal Genetics.


3. Planet Ekstra Surya
Para peneliti menemukan bahwa terdapat banyak sekali planet di luar tata surya. Salah satunya adalah planet HIP 13044b yang ditemukan oleh Astronom asal Indonesia, Johny Setiawan. Planet tersebut sebenarnya merupakan planet ekstra surya tetapi masuk ke galaksi Bima Sakti. Penemuan planet ekstra surya lainnya adalah adanya 7 planet yang mengorbit pada bintang HD 10180.

Sementara, penemuan planet lainnya yang juga memukau adalah Gliese 581g, planet ekstra surya dikatakan mengorbit bintangnya pada jarak yang tak terlalu panas ataupun dingin, seperti bumi mengorbit matahari. Digadai-gadai beberapa planet tersebut jadi tujuan manusia sebagai pengganti bumi.

4. Penemuan Metamaterial
Penemuan ini dilakukan oleh Profesor Martin McCall dan Imperial College, London. Metamaterial yang dibuat dikatakan bisa "mengaduk" aliran energi elektromagnetik. cahaya yang melewati metamaterial tersebut akan terhambur secara tidak merata, membentuk gap antara ruang dan waktu.

5. Muons
Para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah materi dan anti materi yang dihasilkan sebelum big bang haruslah berbeda. Hanya perbedaan itulah yang memungkinkan terciptanya semesta. Sebelumnya, perbedaan itu hanya mungkin dalam teori.

Percobaan partikel di Fermilab menemukan bahwa muons (partikel sub atomik seperti halnya elektron) yang dihasilkan memiliki kelebihan 1% anti muons. Perbedaan muons dan anti muons tersebut memang tidak terlalu banyak. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah itu cukup untuk memacu terciptanya semesta.

 
6. Bulan Lebih Basah Daripada Sahara
Misi Lunar Crater Observation and Sensing Satellite (LCROSS) berhasil menemukan keberadaan air di bulan cukup mengejutkan. Air yang terdapat di kutub selatan bulan itu terdapat dalam bentuk es yang tercampur dengan materi lain. Para peneliti mengatakan, es tersebut bisa diolah menjadi air murni. Dan jumlahnya lebih banyak daripada air di Gurun Sahara.

7. Piramida Teotihuacan di Meksiko
Para arkeolog yang meneliti Piramida Teotihuacan berhasil menemukan koridor selebar 12 kaki lengkap dengan bagian atapnya. Dengan penemuan koridor tersebut, para arkeolog berharap bisa mengetahui jalan menuju pemakaman para rabi atau pemimpin agama dalam peradaban Mexico tersebut.


8. Penemuan Australopithecus sediba
Para ilmuwan menemukan fosil Australopithecus sediba, sebuah spesies manusia purba di wilayah Malapa, Afrika Selatan. Fosil tersebut diduga berasal dari masa 2 juta tahun yang lalu. Para palaentolog menduga, fosil tersebut berkaitan dengan fosil manusia purba Homo erectus yang secara evolusioner kemudian berkembang menjadi Homo sapIens atau manusia modern.

Misteri Yaje, Gerbang ke Dunia Supranatural

Posted: 24 Dec 2012 10:00 PM PST

Suku indian di Amerika, khususnya di Amazon selalu memiliki dukun-dukun sakti yang bisa menyembuhkan penyakit, bahkan meramal masa depan. Misteri ini bertahun-tahun diteliti oleh ilmuwan mencari penyebabnya.

Ternyata ada satu tumbuhan yang bisa membuat seseorang mengalami halusinasi dan mengantarnya ke gerbang supranatural. Tanaman ini adalah sejenis anggur rambat yang oleh para ahli botani disebut Banisteriopsis caapi.
 
Ilusi setelah memakai yaje / fractalenlightenment.com

Bila batangnya direbus atau direndam air kemudian diracik dengan bahan-bahan alamiah lainnya, hasilnya adalah bahan halusinogenik yang mereka sebut Yaje (baca: ya-hei) atau Ayahuasca - Anggur bagi sang Jiwa.

Dalam tradisi masyarakat terasing di Amazon, telah terbentuk kepercayaan dasar yang menganggap suci upacara minum Yaje. Amaru atau dukun wanita, kendi tempat abu sembahyang, dan roh di alam semesta adalah bagian dari kenyataan.

 Setelah meminum Yaje, biasanya mereka merasakan satu atau beberapa gejala mulai dari pusing, berkeringat, gemetar, kejang, mual, muntah yang berkepanjangan, diare hebat, mengalirnya lendir dari hidung, terteror rasa takut, dan dorongan bertindak agresif. Tapi setelahnya? Sungguh luar biasa, pemakai akan merasa berpindah ke dunia maya tanpa batas yang menakjubkan, sejelas pemandangan dalam kehidupan nyata.


Ahli etnobotani dari Harvard, Wade Davis, pernah tinggal di Amazon selama lebih dari setahun, atas permintaan Profesor Richard Evans Schultes, perintis dan pakar yang masyhur dalam psikofarmakologi (ilmu yang mempelajari zat-zat halusinogen). Dari sang profesor ia mendapatkan beberapa tips yang salah satunya adalah untuk, "Jangan pernah pulang sebelum mencoba Yaje".

Memang, bagi beberapa kelompok masyarakat di Amazon, minum sedikit Yaje biasa mereka lakukan di banyak kesempatan dengan beragam tujuan. Bagi mereka, Yaje adalah "obat" yang potensial mengobati gangguan fisik dan mental.

Suku Amahuaca yang terkenal ahli berburu menghubungkan kepekaan mereka saat berburu dengan kemampuan melihat roh binatang setelah minum Yaje sehingga mereka bisa mempelajari gerakan dan kebiasaan hewan buruannya. Sedangkan suku Tukanoan menggunakan Yaje untuk berkomunikasi dengan nenek moyang mereka dan menjelajahi langit.

Dalam catatan Davis untuk Richard Evans Schultes tentang suku Kofan, "Yaje adalah sumber semua pengetahuan pada seluruh masyarakat. Minum Yaje berarti belajar. Dari sinilah setiap orang beroleh kekuatan dan tuntunan hidup."
 

Bila kebanyakan halusinogen menghasilkan gambaran yang sangat variatif antara satu orang dengan yang lainnya, tidak demikian dengan Yaje. Bahkan pada pemakai baru yang tidak mengenal baik tradisi budaya Amerika Selatan, Yaje juga memberikan gambaran halusinasi yang sama, berupa harimau atau ular besar.

Kenyataan ini sudah lama menjadi tanda tanya bagi para psikolog. Ada yang berpendapat, gambaran ini mungkin akibat simpanan memori yang diturunkan secara genetik, berupa isyarat rasa takut yang tertanam jauh di dalam gen manusia, yang dimunculkan kembali oleh Yaje.

Penglihatan akibat Yaje punya kesamaan lain. Orang yang mengalaminya dapat memasukkan pikirannya ke benak orang atau makhluk lain. Kemampuan itu berasal dari senyawa dalam anggur Banisteriopsis - yang sekarang disebut harmine. Pantaslah semula mereka menjulukinya telepathine. Wade Davis pun tak heran, dukun mampu menyihir binatang di hutan untuk datang "menyerahkan diri" sebagai hewan persembahan.
 
 

Mengapa Telapak Tangan Sering Berkeringat?

Posted: 24 Dec 2012 09:00 PM PST

Tangan berkeringat bisa tergolong masalah wajar dan tidak. Adalah wajar kalau terjadi dalam kondisi tertentu, seperti misalnya gugup menghadapi orang lain. Namun menjadi tak wajar kalau tanpa penyebab.

Mitos yang berkembang menyebutkan tangan berkeringat sebagai tanda gangguan jantung. Apakah benar?
 

Keringat pada telapat tangan - atau telapak kaki yang kerap muncul tiba-tiba bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya dua hal berikut:

1. Hipertiroidism.  
Yaitu, suatu kondisi di mana hormon tiroid diproduksi berlebihan. Untuk diketahui, hormon ini diproduksi oleh kelenjar tiroid atau kelenjar gondok yang ada di bagian depan leher kita (untuk lelaki, dekat jakun).

Gejala hipertiroid, selain keringat yang berlebihan (juga di tangan dan lengan) adalah badan menjadi kurus, berat badan turun, gelisah, berdebar-debar, tangan tremor, gemetaran, tidur tidak nyenyak, otot lengan atas dan paha terasa melemah.

Bila mengalami juga gejala-gejala tersebut, ya ada baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan memeriksa leher kamu, kemudian menganjurkan periksa darah untuk mengukur kadar hormon tiroid, T4 misalnya. Hipertoidism dapat diobati.

 
2. Hiperhidrosis Primer. 
Hiperhidrosis Palmar atau telapak tangan berkeringat sebenarnya bukanlah penyakit kelainan jantung, walaupun sesungguhnya berhubungan dengan saluran jantung, namun faktor genetika juga merupakan salah satu penyebab hiperhidrosis palmar.

Pengobatan dokter pun bisa amat bervariasi dari mulai olesan larutan aluminum chloride (hexahydrate), minum obat golongan beta-blocker, sampai operasi simpatektomi (thoracoscopic sympathectomy). Yaitu operasi yang di lakukan di sekitar daerah ketiak, kemudian salah satu dari jaringan syaraf yang berhubungan dengan telapak tangan dijepit atau dipasang klep.

Alternatif lainnya adalah dengan melakukan terapi botox di telapak tangan, namun karena sifatnya yang tidak permanen, kemungkinan besar jika masa waktu dari terapi tersebut habis, maka kondisinya akan kembali pada kondisi awal.

 
Tips 
Cara termudah bagi yang sering mengalami tangan berkeringat adalah menggunakan bedak bayi. Pakailah setiap kali sesudah cuci tangan.

Keringat juga bisa bertambah saat kondisi gelisah atau mengasup minuman berkafein. Karena itu sebisa mungkin hindari konsumsi kopi, teh kental, serta minuman karbonat.
 
 

4 Orang yang Mengaku Pernah Naik Mesin Waktu

Posted: 24 Dec 2012 08:00 AM PST

Pergi melintasi waktu ke masa depan atau masa lalu menjadi impian setiap orang. Siapa yang tak mau merubah kegagalan di masa kini bila dapat mencegahnya di masa lalu? Atau, seperti apa kondisi dunia di masa depan?

Berbagai film fiksi ilmiah pun banyak yang mengangkat mimpi manusia ini. Contohnya saja Back to The Future dan Terminator yang begitu dikenal. Pertanyaannya, apakah mungkin manusia melakukan perjalanan melintasi waktu? 4 orang di bawah ini mengaku pernah melakukannya.
 
1. Andrew D. Basiago

 Basiago adalah seorang pengacara yang juga anggota MENSA. Ia mengklaim dirinya pernah pergi dengan mesin waktu. Menurutnya, di tahun 60-an dan 70-an pihak militer Amerika Serikat membuat proyek rahasia "Project Pegasus". Dan Basiago terpilih untuk pergi menjelajahi waktu dalam mesin yang telah dibuat.

Petualangan Basiago sampai ke masa 1 juta SM melihat kehidupan dinosaurus. Lalu pergi ke tahun 2045 mengambil mikrofilm penting. Ia juga mengaku pernah menjemput Barack Obama saat masih sekolah.

Semua terdengar seperti kisah fiksi menggelikan. Anehnya, dalam salah satu perjalanan waktu Basiago mengaku pernah ke masa awal Amerika dan bertemu Abraham Lincoln terkait dengan alamat Gettysburg. Bukti tersebut ia rekam dengan kamera. Coba lihat pada foto berikut ini.





2. William Stillings

 Bila ada Batman, pasti ada Robin. Nah, peran William Stillings bisa dibilang sebagai 'Robin' bagi Andrew Basiago.

Stillings mengaku bersama Basiago terdaftar dalam program DARPAdi tahun 80-an. Mereka berdua lalu dikirim ke Planet Mars dengan mesin khusus yang bisa 'melompat' begitu cepat. Mudahnya, kamu sudah menonton film Jumper? Begitulah kira-kira, pergi ke tempat lain dalam sekejap mata.

Pengakuan Stillings mengemuka bulan September 2011 silam. Menurutnya, setelah tiga puluh tahun berlalu ia dan Basiago melakukan reuni dan saling berbagi kenangan saat melintasi waktu bersama-sama.

Rupanya tak cuma mereka berdua yang 'pernah' pergi ke Mars. Masih ada 100 ribu orang lainnya yang ikut program DARPA. Masalahnya, CIA menggunakan obat-obatan tertentu yang bisa menghapus memori mereka. Wah, jadi mirip film Men In Black...



3. John Titor

 Awal tahun 2000 dunia internet gempar oleh pengakuan John Titor yang mengaku datang dari masa depan. Menurut Titor, ia seorang tentara Amerika dari tahun 2036 yang kembali masa sekarang untuk mengambil komputer IBM lama karena harus men-debug programnya agar tak menjadi masalah di masa depan.

Titor mengatakan di tahun 2015 nanti akan terjadi Perang Dunia III. Rusia akan meluncurkan serangan nuklir terhadap Amerika, Cina dan Eropa. Ia juga sempat memperingatkan akan terjadi perang sipil di Amerika tahun 2008 seperti yang pernah terjadi dulu. Nyatanya, ucapan Titor tak terbukti.



4. James Burda

 Sebelum membahas James Burda, kita perlu ketahui dulu tentang chiropractor. Yakni termasuk dalam pengobatan alternatif, yang mana berkonsentrasi masalah penyembuhan dengan terapi pada tulang belakang, persendian, dan jaringan lunak.
Kembali pada kisah James Burda, ia mengaku memiliki keahlian chiropactor dan dapat menyembuhkan segala penyakit dengan kekuatan yang diperolehnya: dari perjalanan waktu.
Burda tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit seseorang, lebih jauh ia bisa melihat ke saat sang pasien mengalami penyebab cedera. Dengan cara ini, Burda bisa memilih metode terbaik guna kesembuhan si pasien. Bukan itu saja, ia pun bisa menyembuhkan pasien dari jarak jauh tanpa perlu bertemu.
Pengakuan Burda ditentang oleh Dewan Chiropactors di Ohio, dan ijin prakteknya pun dicabut. Meskipun ada klaim bahwa sembilan dari sepuluh pasien puas dengan pelayanannya. 

Mungkinkah Melakukan Perjalanan Melintas Waktu?

Posted: 24 Dec 2012 07:00 AM PST

Mesin waktu selalu menjadi pertanyaan yang menarik untuk diungkap. Berbagai film fiksi ilmiah dibuat dengan asas teori fisika yang sebenarnya memberi titik cerah akan pertanyaan mendasar ini, "Mungkinkah manusia melakukan perjalann melintasi waktu?" Jawabannya cukup singkat: Mungkin saja.

Bagaimana teori itu bisa dijabarkan, dan perjalanan seperti apa yang memungkinkan? Para ilmuwan telah meneliti teori relativitas Albert Einstein selama bertahun-tahun, dan menyatakan cara yang paling 'masuk akal' bagi manusia agar bisa menembus ruang dan waktu.

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, kita harus menyadari soal kecepatan cahaya. Bahwa waktu berjalan semakin lambat saat kita bisa mendekati kecepatan cahaya.

Hal ini pernah diuji oleh Paul Davies, penulis buku "How to Build a Time Machine" dengan melihat pergerakan jam dalam kereta yang melaju sangat cepat. Ternyata jarum jam bergerak lebih lambat dibandingkan jam stationer.

Kesimpulan ini pun diajukan Brian Greene, penulis buku "The Universe Elegant" yang juga seorang fisikawan di Universitas Columbia.

"Jika Anda ingin tahu seperti apa bumi satu juta tahun dari sekarang, saya akan memberitahu Anda bagaimana untuk melakukan itu," kata Greene. "Buatlah sebuah pesawat ruang angkasa yang bisa mencapai kecepatan cahaya. Lalu naik di dalamnya selama beberapa waktu, dan ayo kembali ke bumi setelah itu. Setelah melangkah keluar dari pesawat, Anda akan memiliki usia mungkin satu tahun, sementara bumi akan berusia satu juta tahun. Anda akan melakukan perjalanan ke masa depan bumi. "

Teori ini mungkin bisa lebih mudah dipahami bila Anda menonton film seri "No Ordinary Family" yang mengisahkan keluarga super dengan bakatnya masing-masing. Sang istri bisa bergerak sangat cepat seperti Flash, sehingga dalam satu episode ia bisa melangkah ke masa depan.

Namun, kecepatan cahaya bukan satu-satunya cara untuk menembus waktu. Massa juga mempengaruhi waktu.

"Waktu berjalan sedikit lebih cepat di ruang angkasa daripada yang dilakukannya di atas bumi," kata Davies. Jam kapal satelit yang mengorbit mengalami dilatasi waktu karena kedua kecepatan orbit dan jarak yang lebih besar dari pusat gravitasi bumi.


Bila perjalanan menuju masa depan sangat mungkin, bagaimana dengan kembali ke waktu masa lalu? Setidaknya ada 3 teori yang hingga saat ini masih berupa hitung-hitungan di atas kertas, belum sampai tingkat pembuktian.

 
1. Wormhole
Wormhole atau lubang cacing adalah  jalan pintas melalui ruang dan waktu.  Jika digambarkan melalui bidang datar, seperti kertas yang dilipat, lubang cacing membengkokan bidang tersebut, sehingga kedua ujung akan saling bertemu.
"Wormhole adalah seperti terowongan atau jalan pintas antara dua titik yang jauh," kata Davies, "Jadi misalnya, jika saya memiliki lubang cacing di kamar hotel saya dan saya melompat melaluinya, maka saya tidak akan keluar di Pennsylvania Avenue. Saya mungkin akan keluar dekat sisi lain dari galaksi. "

Menurut fisikawan terkemuka, Stephen Hawking, lubang cacing yang terjadi pada tingkat kuantum secara teoritis bisa memberikan pijakan untuk perjalanan waktu. Namun Hawking masih mempertanyakan, seandainya perjalanan waktu dengan wormhole sudah dilakukan, seharusnya kita saat ini bisa bertemu dengan orang-orang dari masa depan yang datang ke jaman kita sebagai wisatawan waktu.

"Sejumlah pertanyaan tentang perjalanan waktu tetap belum terjawab. Akankah ada wisatawan waktu dari masa depan yang pernah muncul untuk membantu kami keluar? Kami hanya harus menunggu dan melihat. Tetapi jika mereka datang ke sini menggunakan mesin waktu lubang cacing, kita harus membangun yang pertama," papar Hawking.

Nyatanya kisah tentang orang yang mengaku pernah naik mesin waktu belum bisa dibuktikan, dan masih berbau hoax belaka.

 
2. Dimensi keempat 
Dalam fisika, waktu digambarkan sebagai dimensi seperti panjang, lebar, dan tinggi. Contoh, ketika kita melakukan perjalanan dari rumah ke sebuah toko, itu artinya kita bepergian melalui arah dalam ruang, membuat kemajuan di semua dimensi spasial lebar-panjang, dan tinggi.
Nah, dimensi keempat adalah yang disebut sebagai ruang-waktu. "Ruang dan waktu yang kusut bersama-sama diibaratkan dengan kain empat dimensi yang disebut ruang-waktu," kata Charles Liu, seorang astrofisikawan dengan City University of New York, College of Staten Island.
Ruang-waktu, menurut Liu, dapat dianggap sebagai bagian dari spandex - serat sintetik dengn elastisitas yang luar biasa - dengan empat dimensi.

"Ketika sesuatu yang memiliki massa-Anda dan saya, obyek, planet, atau bintang-duduk di potongan empat dimensi spandex, menyebabkannya untuk membuat lesung pipi," katanya. "Lesung Itu adalah manifestasi dari ruang-waktu untuk mengakomodasi massal ini."

Singkatnya begini, lesung-pipi waktu yang dimaksud Liu adalah pembengkokan ruang-waktu. Hal ini bisa membuat obyek bergerak pada jalur melengkung.. Teori dimensi keempat ini masih ada hubungannya dengan lubang cacing atau wormhole.



3. Cosmic String 
Teori lain adalah kosmik string, yakni semacam tabung energi yang membentang di seluruh alam semesta yang terus berkembang. Daerah-daerah di sisa dari kosmos awal, diperkirakan mengandung sejumlah besar massa dan karenanya dapat menggulung ruang-waktu di sekitar mereka.
String kosmik terjadi terus berulang, tanpa akhir karena alam semesta terus berkembang. Pendekatan dua string yang bergerak sejajar (paralel) satu sama lain, akan membengkokkan ruang-waktu begitu keras hingga memungkinkan seseorang bisa membuat perjalanan waktu. Teori ini dikemukakan oleh J. Richard Gott, fisikawan dari Princeton University dan penulis "Time Travel in Einstein's Universe".

Bagaimanapun, 3 teori di atas masih memberi kesimpulan yang sama di mata para ilmuwan. Bahwa, perjalanan waktu adalah mungkin, sepanjang manusia melompat ke masa depan dan tidak ke masa lalu.

Mengapa? Karena hukum aksi-reaksi masih berlaku di alam semesta. Suatu perbuatan di suatu waktu akan berpengaruh di masa berikutnya. Misalnya saja, seseorang bisa kembali ke masa silam lalu membunuh kakek atau neneknya, maka apa yang terjadi? Keseimbangan alam akan terganggu, demikian juga perjalanan sejarah ikut berubah. 
 
 

Jenis-Jenis Pistol

Posted: 24 Dec 2012 06:00 AM PST



Ini seri baru di MBDC, tentang pengetahuan umum yang siapa tahu bakal berguna untuk kehidupan kamu. Kenapa pistol yang pertama kali pengen kita bahas? Ya kenapa gak? Siapa yang tahu kan besok kamu akan bertemu siapa dan pada akhirnya berakhir dimana? Ya gitu lah pokoknya. Ehm nah jadi,
Pistol seringkali dianggap sebagai senjata kelas dua dalam hal kekuatan bila dibandingkan dengan senjata jenis laras panjang. Misalkan kamu lagi duel berhadapan, musuh kamu pegang pistol sementara kamu pegang senapan mesin otomatis AK-47, pasti kamu bakalan senyum jumawa meremehkan. Jangan salah dulu, sesungguhnya kekuatan pistol tidak jauh berbeda dengan senjata laras panjang. Keduanya hanya dibedakan oleh jenis situasi adu-tembak saat mereka digunakan, apakah itu jarak jauh atau jarak dekat. Senapan laras panjang lebih diuntungkan dalam situasi adu-tembak jarak jauh karena kemampuan akurasi mereka yang bisa mencapai jarak yang jauh, sementara keringkasan dari pistol membuatnya lebih mematikan dalam situasi adu-tembak jarak dekat. Jadi kalau kamu mau berduel di kamar kosan doang mah ngapain repot-repot bawa senapan M16 yang beratnya 4kg.
Ada banyak jenis pistol yang beredar, dan masing-masing kemudian dapat dijabarkan ke kategori yang lebih spesifik lagi, akan tetapi lima kategori berikut adalah yang paling umum dan kebetulan sedikit sesuai dengan urutan waktu sejarah pembuatan masing-masing jenis:

Single-Shots Pistols

Pistol berjenis ini hanya bisa menembakkan peluru sekali saja, kamu harus melakukan isi ulang sebelum menembak kembali. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan tembakan pertama tersebut, karena belum tentu ada kesempatan kedua ketika musuh kamu menerjang. Pistol jenis ini juga merupakan jenis pistol yang pertama kali berkembang sejak pertama kali digunakannya mesiu. Salah satu pistol tertua dari Dinasti Yuan di China adalah juga merupakan pistol jenis Single-Shot yang bentuknya mirip dengan meriam berukuran mini. Pistol jenis ini bahkan juga digunakan pada pertempuran pedang. Di era kolonialisme, para penjelajah memiliki pistol ini dalam persenjataan mereka. Kalau kamu perhatikan, Kapten Jack Sparrow, dia pake pistol jenis ini.

Pistol Laras Ganda

Karena orang kemudian mencari-cari cara untuk dapat menembak secara beruntun lebih dari sekali (dan supaya gak keliatan tolol ketika tembakan pertama meleset) maka dikembangkanlah senjata berlaras ganda. Secara umum, senjata laras ganda adalah senjata yang memiliki dua laras berdampingan (atau terkadang lebih) yang masing-masing larasnya tersebut sudah terisi peluru dan siap ditembakan. Walaupun pistol jenis ini walaupun tidak lama masa penggunaannya dikarenakan kemunculan pistol revolver, namun cukup banyak dipakai menggantikan pistol sebelumnya.

Revolver

Kalau kamu baca Lucky Luke, menonton serial The Magnificent Seven, atau senang mendengarkan musik country dari Tantowi Yahya, dan cukup akrab dengan tema koboi, maka kamu harusnya tahu yang satu ini: pistol revolver. Setelah senjata laras ganda, para perakit senjata akhirnya menemukan bentuk senjata yang dapat menembak banyak peluru secara beruntun. Dengan menggunakan silinder berisi peluru yang otomatis berputar setelah senjata tersebut ditembakan, revolver dapat menembakan 5-8 peluru tergantung kapasitas silinder tersebut. Pistol ini sangat luas penggunaannya di abad ke-19 bersamaan dengan berkembangnya Amerika, dan hingga kini pistol revolver pun masih memiliki penggemarnya sendiri karena teknologinya tidak lantas termakan zaman oleh kemunculan pistol-pistol baru, karena somehow kalau nenteng pistol ini di pinggang, kejantanan seakan naik berkali lipat (naik sekitar 10 kali lipat lah – red). Kamu akan terlihat seperti Clint Eastwood atau John Wayne. Apalagi kalau kamu bisa menembak lebih cepat dari bayangan kamu sendiri.

Pistol Semi-Automatic

Pistol semi-automatic adalah pengembangan berikutnya dari pistol revolver, dengan konsep yang sama yakni pistol yang terkokang secara otomatis setelah tembakan sebelumnya, namun dengan mekanisme yang berbeda. Pistol jenis ini telah menjadi senjata utama bagi berbagai kesatuan polisi dan senjata sampingan bagi para tentara, kecuali mungkin para polisi CHIPS yang masih menggunakan revolver mereka. Eh pada tahu CHIPS kan ya? Bukan, bukan ciki. Hah? Apa? Kentang goreng? Aduh.

Pistol Jenis Lainnya

Perkembangan senjata kemudian menghasilkan bentuk-bentuk senjata yang sulit dimasukan ke dalam kategori pistol secara sederhana, namun juga bukan merupakan senapan laras panjang. Biasanya hal itu diakibatkan oleh mekanismenya yang terlalu canggih dan otomatis mendekati mekanisme senapan, atau bentuknya yang terlalu besar dan berat, seperti misalnya pistol tipe Uzi yang gak mungkin bisa kamu selipin di balik celana.

Pistol Mainan

Teah. Serius dong. Artikelnya serius nih.
Yak segitu dulu deh ya, namanya juga pembukaan. Artikel berikutnya baru akan kita bahas nama-nama para pistol ternama. Yaudah deh biar gak manyun nih kita kasih bonus pengetahuan tentang peluru. Komen dong biar asik.

5 Lokasi Angker di Hollwyood

Posted: 24 Dec 2012 05:00 AM PST

Selain menjadi kiblat film dunia, rupanya Hollywood menyimpan banyak kisah misteri. Percaya atau tidak, inilah beragam cerita yang beredar.


1. Hollywood Memorial Park Cemetery
Penampakan hantu sering terlihat di area pemakaman selebritis Hollywood ini. Seorang saksi mata menyebutkan kalau dirinya pernah melihat hantu Clifton Webb yang tengah memakai jas hitam, duduk sambil menunduk di atas Abbey of the Psalms, tempat ia dimakamkan.

Suara tangis dan teriakan juga beberapa kali terdengar, dan banyak yang menyebutkan kalau  mereka melihat sosok aktris Virginia Rappe, serta perempuan berpakaian serba hitam yang selalu membawar bunga mawar di tangannya. Beberapa pengunjung bahkan pernah mendengar bisikan-bisikan dan suara perempuan di telinga mereka.

 
2. Culver Studios
Studio ini dibangun oleh Thomas Ince akhir tahun 1910. Namun ia tewas ditembak oleh William Randolph Hearst. Sesungguhnya Charlie Chaplin yang jadi sasaran pembunuhan, apesnya peluru nyasar mengenai Thomas.

Konon, arwah Thomas terus penasaran dan sering muncul di studio tempat pembuatan film-film terkenal semacam Gone With the Wind, ET, dan City of Angels.
 
Sampai sekarang sosok Culver yang tengah memakai setelan jas dan topi hitam sering terlihat naik tangga menuju ruang administrasi dan private projection room. Kadang-kadang, suara Culver sering terdengar menggaung di ruangan tersebut dan pada malam-malam tertentu. Pintu dan jendela ruangan administrasi juga sering tertutup sendiri.


 3. The Vogue Theatre
Gedung ini dibangun di atas puing sisa kebakaran sebuah sekolah dasar, Prospect Elementary School di tahun 1902. Guru wanita, Miss Elizabeth dan enam muridnya jadi korban saat itu.

Tampaknya hantu mereka terus bergentayangan hingga sekarang. Kabarnya sudah sering terdengar kisah penampakan tujuh sosok hantu dengan cara berbeda-beda. Beberapa pengunjung  mengaku melihat hantu Miss Elizabeth dan enam muridnya, bahkan masih tercium bau gosong di dalam theater.

 
4. Stage 28
Stage 28 adalah tempat lahirnya film horor terkenal, The Phantom of the Opera yang dibintangi oleh aktor lawas, Lon Chaney. Tampaknya peran hantu 'Phantom' terus melekat setelah kematiannya akibat kanker paru-paru di tahun 1929.

Banyak laporan dari kru film yang menyaksikan kemunculan hantu Chaney di tengah ruangan lalu tiba-tiba menghilang. Benda-benda sering bergeser sendiri serta suara siulan misterius. Ada juga laporan dari orang-orang yang ingin mengikuti audisi, melihat seorang pria bertuxedo berjalan ke arahnya sambil tersenyum dan menghilang sedetik kemudian.

 
5. Paramount Studios
Paramount Studios boleh jadi paling terkenal dalam daftar ini, dan sekaligus tempat paling berhantu di Hollywood! Selama bertahun-tahun, kejadian-kejadian ganjil selalu terjadi di sini.
Cerita-cerita seram yang tersiar adalah penampakan hantu aktor dan aktris yang dimakamkan di Hollywood Memorial Park Cemetery yang terlihat melintas menuju Paramont Studio. Penampakan almarhum aktor Rudolph Valentino kabarnya paling sering terjadi.

Hantu Rudolph sering 'mengisengi' para kru film dengan mengetuk pintu, memindahkan barang, atau mematikan peralatan syuting. Tak hanya Rudolph, beberapa aktor dan aktris yang telah meninggal kabarnya masih sering 'berangkat kerja' ke Paramont Studios ini. 
 
 

Benarkah Bunga Matahari Selalu Menghadap ke Arah Matahari?

Posted: 24 Dec 2012 04:00 AM PST

Bunga matahari atau Helianthus annuus yang berwarna kuning cerah tentu menambah keindahan taman atau kebun Anda. Namun, apakah bunga ini benar-benar menghadap ke arah matahari seperti namanya?

Baik daun maupun bunga dari bunga matahari bersifat heliotropis, yaitu, selalu mengikuti cahaya matahari.

Tanaman bunga matahari menyimpan auxin. Auxin merupakan suatu hormon tanaman yang mengendalikan pertumbuhan. Biasanya jumlah auxin lebih banyak di sisi yang jauh dari sinar matahari. Itulah penyebab batang bunga matahari selalu tumbuh ke arah sinar itu.


Tetapi, bunga yang sudah mekar penuh tidak lagi bersifat heliotropis. Meski demikian bunga matahari selalu menghadap ke arah timur.


Saat ini, bunga matahari memiliki nilai ekonomis. Biji bunga matahari bisa digunakan untuk menghasilkan minyak yang sangat bagus mutunya. Minyak tersebut bisa digunakan dalam masakan, saus salad, dan margarin. Biji bunga matahari memiliki nilai gizi yang tinggi. 
 
 

10 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

Posted: 24 Dec 2012 03:00 AM PST

http://4.bp.blogspot.com/_gL2rO6QQV7E/TP7WLbIxRLI/AAAAAAAAAVA/9A-2qMv8rKY/s1600/Natal.jpg


10. Elf [2003]
Disutradarai Jon Favreau (Iron Man) dan dibintangi Will Farrell, film ini mengisahkan seorang bayi bernama Buddy yang diasuh Papa Elf dan ketika dewasa ia bekerja sebagai pembantu sinterklas dalam membungkus hadiah ke anak-anak.Rahasia Buddy terbongkar, ia ternyata putra seorang direktur perusahaan penerbitan yang bernama Walter Hobbs.

9. Miracle on 34th Street [1947]

Mengisahkan seorang pria paruh baya bekerja sebagai sinterklas di Macy departemen store di kota New York. Suatu hari terjadi keajaiban besar menimpanya.

8. A Christmas Story [1983]
Diangkat dari cerita pendek Jean Shepherd dan disutradarai Bob Clark mengisahkan si kecil Ralphie yang menginginkan hadiah senapan Red Ryder BB dari sinterklas.

7. Gremlins [1984]
Joe Dante mengarahkan sebuah film horor komedi berjudul Gremlins ttg seorang pria muda menerima kado berisi mahluk aneh bernama Gizmo. Dari Gizmo inilah dapat berkembang biak ratusan monster jelek perusak. Suksesnya film ini hingga dibuat sekuelnya pada tahun 1990.

6. Scrooged [1988]

Film komedi yang diangkat dari buku cerita klasik Charles Dickens, "A Christmas Carol." mengisahkan seorang eksekutif TV yang diperankan Bill Muray, bertemu 3 hantu dari berbagai waktu (Christmas Past, Christmas Present and Christmas Future)

5. The Santa Clause [1994]
Tim Allen berperan sebagai sinterklas yang bertugas membagi-bagikan hadiah pada malam Natal.

4.Edward Scissorhands [1990]
Film arahan Tim Burton ini mengisahkan seorang manusia aneh bertangan gunting yang dipelihara sebuah keluarga. Johnny Depp berperan Edward Scissorhands.

3. The Nightmare Before Christmas [1993]

Film animasi stop-motion disutradarai Henry Selick dengan produser Tim Burton mengambil tema natal dan halloween sebagai kisah utama.

2. It's A Wonderful Life [1946]
James Stewart adalah pria yang hampir bunuh diri menjelang Malam Natal akibat persoalan hidup yang rumit. Hingga suatu saat malaikat penjaganya turun dari surga dan menolong untuk memperbaiki kehidupan dengan keluarganya.

1. Home Alone [1990]
Mengisahkan seorang bocah 8 tahun bernama Kevin McCallister (Macaulay Culkin) yang ditinggal pergi orang tuanya dan hanya sendirian di rumah. Kesendirian Kevin membuat 2 maling nekad menyatroni rumahnya. Alhasil, 2 maling ini menjadi bulan-bulanan Kevin. Film anak-anak yang disutradarai Christopher Columbus meledak di pasaran hingga dibikin trilogi.

sumber :http://www.slowbos.com/showthread.php?t=92813

10 Tempat Terbaik Untuk Liburan Natal

Posted: 24 Dec 2012 02:00 AM PST

Liburan Natal Tahun ini kemana ya? Kalo bingung sahabat bisa kunjungi 10 tempat terbaik yang telah diranking oleh Panduan wisata terkemuka Lonely Planet. Siapa tahu ada rejeki lebih silahkan aja (kalo goceng sih cukup liburan ke tempat mertua..xixixixi). Dari pada Liburan hanya bengong, tapi kalau baca-baca juga boleh..lumayan dapet informasi tentang tempat atau lokasi liburan Natal Dunia...Inilah 10 tempat terbaik tersebut

1. Bethlehem di Tepi Barat:
http://www.sentrainfo.com/artikel_files/umum/Nativity_Church.jpg
Komersialisme kini kian menggusur makna sebenarnya dari Natal. Maka untuk kembali pada akar dari Natal, tak ada yang bisa mengalahkan perziarahan ke tempat kelahiran Yesus. Manger Square (Pelataran Palungan) di bagian Old City, Bethlehem, pada malam Natal dipenuhi pohon Natal. Dan puncak perayaan bisa ditemukan pada misa tengah malam di gereja St. Catherine, persis ketika lonceng berbunyi pukul 24.00.

2. Desa Santa Claus, Finlandia:
http://media.cnbc.com/i/CNBC/Sections/News_And_Analysis/_Europe/Slideshows/0910_Vacations/Finland_Santa_Claus_Village_Lapland.jpg
Kalau tak puas dengan banyaknya Santa Claus di mal, berkemaslah dan terbang ke lingkaran artik Finlandia. St. Nicholas alias Santa Claus merupakan warga kehormatan di Desa Santa Claus ini. Walau terletak di daerah bersalju, di pedalaman hutan yang dihuni rusa, tapi para turis malah makin tertarik mengunjungi desa ini. Tak jauh dari desa itu juga terdapat taman ria Santa Park. Agak mahal mengunjungi tempat ini, tapi Anda dijamin puas.

3. New York, Amerika:
http://www.interiordesign.net/articles/blog/1850000585/20081229/rockefeller-center-christmas-tree-scene-photo-new-york-city-manhattan-_srcgpx10001x14487x1bkwvbkwf.jpg
Cukup banyak film yang menampilkan semaraknya New York di waktu Natal (contoh: Home Alone 2). Lampu Natal di mana-mana, semoga ada sedikit salju turun, lalu Anda bisa melihat gemerlapnya pohon Natal terbesar di Rockefeller Center yang sudah dipasang dari awal Desember, ice-skating di sekitar pohon Natal itu, lalu berbelanja di toko-toko mewah di New York. Dan di penghujung acara ada pertunjukkan "The Nutcracker" oleh New York Ballet.

4. Pantai Bondi, Australia:
http://nimg.sulekha.com/Others/original700/australia-beach-christmas-2008-12-25-2-3-5.jpg
Kebalikan dari semua klise Natal di bagian utara dunia, di pantai ini Anda tak akan menemukan salju atau lampu Natal. Tanggal 25 Desember pantai ini akan penuh oleh backpacker, dan digoncang oleh pertunjukan DJ dan band. Ini tempatnya untuk cuci mata.

5. Misa Tengah Malam, Vatikan, Itali:
http://www.bbc.co.uk/languages/christmas/images/vatican_city_istock_scubabartek.jpg
Pastinya pusat dari gereja Katolik ini akan merayakan Natal dengan besar-besaran. Kota Vatikan memuat daya tarik spiritual secara umum, tapi waktu Natal atmosfernya lebih kental lagi. Aroma kacang chestnut panggang harum di jalanan dan seluruh kota dipenuhi presepi (adegan kelahiran Yesus). Tempat-tempat yang wajib disinggahi: Pelataran St. Peter, Piazza Navona, dan gereja Santa Maria di Aracoeli pada Bukit Capitoline. Vatikan merupakan tempat yang paling banyak menarik peziarah. Misa Natal tengah malam di Basilika St. Peter, atau di tengah hari pada 25 Desember, merupakan acara-acara tak terlupakan.

6. Dublin, Irlandia:
http://www.emmettloverde.com/ebay/Dublin-Mall.jpg
Umat Katolik di Irlandia merayakan Natal dengan rasa humor. Acara yang paling menarik adalah renang pada pagi 25 Desember, di kolam air asin 12 meter. Menjelang Natal jalanan kota Dublin selalu ramai, ada Pasar 12 Hari Natal di Docklands, pertunjukkan pantomim, lampu-lampu Natal, ice-skating, beserta bazar dan perayayaan di Temple Bar. Jangan lupakan juga nyanyian Natal (Christmas Carol) di Katedral St. Patrick.

7. Nuremberg, Jerman:
http://extras.mnginteractive.com/live/media/site291/2008/1219/20081219_032654_german_market.jpg
Membeli hadiah Natal tak selamanya di pertokoan atau mal, cobalah mengunjungi Christkindlesmarkt (Pasar Natal), di Hauptmarkt, Nuremberg. Di sini sekitar 180 kios tenda menawarkan mainan, pernak-pernik, lilin, roti jahe, dan permen bagi para pengunjung. Sambil berkeliling anda bisa menikmati bratwurst (sosis khas Jerman) dan anggur hangat yang dicampur jus atau rempah-rempahan seperti kayu manis, cengkeh, atau jahe. Setelah senja dan semua lampu Natal dinyalakan, tempat ini berubah seperti negeri dongeng. Ini tempat belanja Natal paling romantis.

8. Zurich, Swiss:
http://r0ch4.files.wordpress.com/2009/04/zurich_view.jpg
Terkenal akan coklat, pegunungan, dan salju, Swiss juga cocok untuk liburan Natal, terutama di kota Zurich, karena banyaknya pasar Natal (bahkan di dalam stasiun keretanya), dan juga ada tur keliling kota dengan tema Natal. Jug ada pohon Natal 'bernyanyi' di Werdmuhleplatz, yaitu koor pada panggung segitiga yang disusun sehingga mirip pohon Natal, lengkap dengan nuansa hijau dan lampu kelap-kelipnya.

9. Tokyo, Jepang:
http://www.japanforum.com/gallery/data/523/medium/tokyo-christmas-2006-11.jpg
Natal di Tokyo selalu gemerlap, tapi tak bernuansa agama. Tradisi Jepang lebih heboh merayakan Tahun Baru daripada Natal, tapi inilah cara umat non-Kristiani mencoba merayakan Natal. Harus diakui semangatnya, dengan semua lampu dan dekorasi menakjubkannya. Tapi sayangnya Natal di Jepang bukanlah hari libur, Jadi ada sedikit anti-klimaks. Malam Natal dirayakan meriah, dan mirip perayaan Valentine, karena inilah kesempatan pasangan muda-mudi menyatakan cinta. Tradisi perayaan Natal di Jepang adalah dengan memasak ayam goreng, lalu diikuti dengan kue tart dengan krim dan stroberi.

10. San Juan, Puerto Rico:
http://www.kestan.com/travel/pr/images2006/Old%20San%20Juan%20street,%20dusk,%20christmas%20lights.jpg
Pulau ini kecil tapi kepribadiannya mendalam. Puerto Rico merayakan Natal tanpa salju, dengan irama salsa dan babi panggang. Perayaan berlangsung dari tengah Desember hingga peringatan Tiga Raja pada 6 Januari. Sejak pertengahan Desember gereja-gereja di Puerto Rico menampilkan nyanyian Natal di setiap misa, dan kelompok-kelompok pengamen Natal alias Christmas Caroler juga mampir dari rumah ke rumah untuk menyebarkan keceriaan. Puncak perayaan adalah pada malam Natal, pada misa tengah malam. Singgahlah juga di Balai Kota, di Plaza de Armas untuk melihat dekorasi Natal dan juga ke pelataran Paseo de la Princesa.

sumber: kompas.com

Sejarah Pohon Natal

Posted: 24 Dec 2012 01:00 AM PST

Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.

Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania Amerika Serikat memajang pohon Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1830-an.

Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain "evergreen". Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Pemasangan pohon cemara, baik asli maupun yang terbuat dari plastik, di tengah kota atau di tempat-tempat umum pun menjadi pemandangan biasa menjelang Natal. Salah satu yang terbesar adalah pohon yang ada di RockefellerCenter di 5th Avenue New York Amerika Serikat.

Legenda
Ada beberapa legenda/cerita yang beredar di kalangan orang Kristen sendiri mengenai asal mula pohon natal.

Pengalaman "supranatural" Santo Bonifacius

Menurut sebuah legenda, ada seorang rohaniawan Inggris bernama Santo Bonifacius yang memimpin beberapa gereja di Jerman dan Perancis. Suatu hari dalam perjalanannya dia bertemu dengan sekelompok orang yang akan mempersembahkan seorang anak kepada dewa Thor di sebuah pohon oak. Untuk menghentikan perbuatan jahat mereka, secara ajaib St. Boniface merobohkan pohon oak tersebut dengan pukulan tangannya. Setelah kejadian yang menakjubkan tersebut di tempat pohon oak yang roboh tumbuhlah sebuah pohon cemara.

Martin Luther dan pohon cemaranya
Cerita lain mengisahkan kejadian saat Martin Luther, tokoh Reformasi Gereja, sedang berjalan-jalan di hutan pada suatu malam. Terkesan dengan keindahan gemerlap jutaan bintang di angkasa yang sinarnya menembus cabang-cabang pohon cemara di hutan, Martin Luther menebang sebuah pohon cemara kecil dan membawanya pulang pada keluarganya di rumah. Untuk menciptakan gemerlap bintang seperti yang dilihatnya di hutan, Martin Luther memasang lilin-lilin pada tiap cabang pohon cemara tersebut.

Kontroversi
Terlepas dari kebenaran kisah-kisah di atas, hingga hari ini pemasangan Pohon Natal masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan umat Kristen. Bagi orang-orang yang tidak berkenan dengan pohon Natal, mengisahkan bahwa pada zaman dahulu bangsa Romawi menggunakan pohon cemara untuk perayaan Saturnalia, mereka menghiasinya dengan hiasan-hiasan kecil dan topeng-topeng kecil, karena pada tgl 25 Desember ini adalah hari kelahiran dewa matahari, Mithras, yang asal mulanya dari Dewa Matahari Iran yang kemudian dipuja di Roma. Demikian pula hari Minggu adalah hari untuk menyembah dewa matahari sesuai dari arti kata Zondag, Sunday atau Sonntag. Perlu diketahui juga bahwa dewa-dewa matahari lainnya, seperti Osiris, dewa matahari orang Mesir, dilahirkan pada tanggal 27 Desember. Demikian pula Dewa matahari Horus dan Apollo lahir pada tanggal 28 Desember.

Maka dari itu ada aliran-aliran gereja tertentu yang mengharamkan tradisi pohon Natal, sebab mereka menganggap ini sebagai pemujaan dewa matahari. Pemasangan pohon itu dianggap sebagai bentuk penyembahan berhala. Reaksi penolakan itu bahkan awalnya sempat diwarnai keputusan pemerintah Jerman untuk mendenda siapa pun yang memasang pohon cemara sebagai pohon Natal.

Hal itu mulai berubah, saat gambar Ratu Victoria dari Inggris, Pangeran Albert dari Jerman, dan anak-anaknya dengan latar pohon cemara, diilustrasikan di London News. Karena sosok Victoria yang sangat populer, pemuatan gambar itu di media massa pun membuat pohon cemara menjadi pilihan lazim sebagai pohon Natal.

Tradisi
Setelah masyarakat AS mengikuti jejak Inggris menggunakan pohon cemara pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, duniakita.info industri pun semakin berkembang dan merambah ke berbagai negara. Termasuk industri berbagai hiasan pohon Natal seperti bola-bola yang digantung, pernak-pernik Santa Claus, tinsel (semacam tali berumbai yang dililitkan ke pohon), dan lainnya.

Karena penggunaan pohon cemara merupakan tradisi Eropa, ekspresi sukacita yang dilambangkan dengan berbagai dekorasi itu berbeda-beda di setiap negara. Indonesia dan Filipina menjadi negara yang sangat terpengaruh tradisi Eropa itu sampai akhirnya para umat Kristen membeli pohon buatan tapi yang penting berbentuk cemara.

Di Afrika Selatan keberadaan pohon Natal bukanlah sesuatu yang umum. Sementara masyarakat India, lebih memilih pohon mangga dan pohon pisang.

sumber: http://www.duniakita.info/2010/12/ketahui-tentang-sejarah-pohon-natal.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar