Minggu, 23 Desember 2012

Misteri "Orang Pendek" di Area Wisata Danau Gunung Tujuh

Misteri "Orang Pendek" di Area Wisata Danau Gunung Tujuh


Misteri "Orang Pendek" di Area Wisata Danau Gunung Tujuh

Posted: 23 Dec 2012 08:00 AM PST

Danau Gunung Tujuh di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat tak hanya memiliki kekayaan alam. Tapi juga cerita unik, tentang "orang pendek" yang menjaga kawasan itu.

Orang pendek yang dimaksud adalah makhluk kecil setinggi 50 cm yang bentuknya kombinasi manusia dan orang utan. Ia tidak berekor, tapi telapak kakinya menghadap ke belakang. Beberapa penduduk mengaku pernah melihatnya, tapi makhluk itu menghilang secepat kilat.

Jeremy Holden dan Debby Martir, dua turis asal Inggris, juga mengaku pernah melihat hewan itu sekilas. Mereka kemudian mengadakan penelitian di kawasan itu sejak 1995. WWF juga ikut mendanai penelitian untuk menyibak misteri orang pendek ini dan sejumlah kamera dipasang di hutan di kawasan ini.

Tapi hingga kini hewan itu tak kunjung ditemui. Walaupun tempatnya di jantung taman nasional, tidak terlihat ada "orang pendek". Justru burung-burung dan berang-berang yang berenang hilir mudik di danau.


Kemungkinan binatang-binatang liar itu sudah pindah ke kawasan hutan yang lebih jauh ke dalam seiring dengan mulai banyaknya orang yang datang ke kawasan Danau Gunung Tujuh.

Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi ratusan tahun lalu. Panjangnya sekitar 4,5 kilometer dengan lebar sekitar 3 kilometer.


Menjelajahi Danau Gunung Tujuh, pengunjung bisa berenang dan berjalan di pinggiran danau. Pada bagian tepi danau terhampar pasir putih sepanjang hampir satu kilometer. Pasir putih ini biasanya tenggelam saat pemukaan air danau naik pada musim penghujan dan muncul ketika permukaan air danau turun pada musim panas.


Selain tempat wisata, kawasan Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Berbagai jenis tumbuhan dan satwa, seperti harimau Sumatera, kambing hutan, rusa, tapir, dan beruang madu banyak ditemukan di sini. Jadi bisa berwisata sekaligus belajar.
 
 

Misteri dan Asal Usul Planet Nibiru

Posted: 23 Dec 2012 07:00 AM PST

Apakah planet nibiru merupakan berita hoax terbesar yang pernah ada? Ataukah ternyata memang benar keberadaannya? Sehingga saat ini planet nibiru disebut-sebut sebagai bakal menjadi penyebab bencana terbesar bumi. Mari kita urut asal usul dan misteri planet nibiru dari awal kemunculan kisahnya.

Tahun 1846

Pada tanggal 30 September 1846, satu minggu setelah planet Neptunus ditemukan, seorang ahli matematika Perancis bernama Le Verrie mengumumkan kemungkinan masih adanya planet lain di tata surya kita yang belum ditemukan.

Ia menggunakan teori mekanika Newton untuk mengukur gangguan orbital Neptunus dan menyimpulkan bahwa gangguan ini pastilah disebabkan oleh gaya gravitasi planet lain.

Pada 10 Oktober tahun yang sama, Triton, bulannya Neptunus ditemukan. Dengan penemuan Triton, maka para astronom dapat menghitung kembali massa planet Neptunus. Namun diluar perkiraan mereka, mereka menemukan massa Neptunus lebih besar 2% dari yang diperkirakan.

Perhitungan ini sudah memasukkan pengaruh gravitasi Uranus. Bahkan ketika pluto ditemukan pada tahun 1930, para ilmuwan menyimpulkan bahwa pluto tidak cukup besar untuk mempengaruhi massa Neptunus.

Jadi astronom kembali berusaha mencari planet lain yang dianggap bertanggung jawab atas gangguan massa Neptunus.

Planet lain yang belum ditemukan itulah yang disebut planet X. Jadi planet X sesungguhnya adalah sebuah penyebutan planet yang dipercaya ada, namun belum ditemukan. Konsep ini sesungguhnya telah ada sejak tahun 1840an. Bukan sesuatu yang baru. Misteri anomali massa Neptunus terus bertahan hingga tahun 1980


Tahun 1976

Sebuah buku kontroversia; berjudul "The twelfth Planet" diluncurkan oleh Zecharia Sitchin. Dalam bukunya, Sitchin menginterpretasikan kembali tulisan Sumeria kuno yang telah berumur 6.000 tahun dengan mengganti nama dewa-dewa Sumeria dengan nama-nama planet hipotetis.

Menurut Sitchin, pada masa sebelum ada planet bumi, ada sebuah planet yang bernama Tiamat yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Suatu hari orbit Tiamat dimasuki planet raksasa lainnya yang besarnya sekitar 20 kali Jupiter. Planet ini bernama Nibiru. Nibiru sendiri berarti "tempat persimpangan" atau "tempat terjadinya transisi".

Perjumpaan ini menyebabkan Tiamat bertabrakan dengan salah satu bulan Nibiru. Pecahan dari tabrakan ini menyebabkan terbentuknya planet Bumi.

Menurut Sitchin, Nibiru adalah tempat berdiamnya satu ras alien yang bernama Annunaki yang memiliki periode orbit 3.630 tahun mengelilingi matahari. Annunaki yang selamat dari tabrakan itu kemudian datang ke bumi. Lalu ceritanya berkembang.

Annunaki konon katanya memodifikasi genetika primata di bumi dengan cara mencampurnya dengan gen mereka sendiri untuk menciptakan homo sapiens (manusia) sebagai budak mereka.

Ketika Annunaki meninggalkan bumi, mereka membiarkan manusia (yang merupakan primata hasil modifikasi genetika) memerintah bumi hingga mereka datang kembali ke bumi. Para pengikut Sitchin kemudian mengambil konsep dan istilah planet X untuk menggambarkan planet Nibiru. Bagi mereka Planet X yang sedang dicari-cari sesungguhnya adalah Nibiru.

Inilah pertemuan pertama antara konsep Planet X dan Nibiru.

Para pengikut Sitchin kemudian juga menghubungkan kedatangan kembali Nibiru dengan perhitungan kiamat kalender suku Maya. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa Planet Nibiru akan masuk ke orbit bumi pada tanggal 21 Desember 2012.

Ingat bahwa gravitasi planet akan mempengaruhi planet lain yang didekatnya. Nibiru yang disebut memiliki besar 20 kali Jupiter dipastikan akan membawa kehancuran bagi planet bumi.


Tahun 1980an

NASA mengumumkan bahwa anomali massa Neptunus ternyata adalah sebuah kesalahan pada data observasi. Setelah data tersebut diperbaiki, maka tidak lagi ditemukan kesalahan orbital. Misteri yang bertahan sejak 1840an terpecahkan. Wacana Nibiru dan kiamat 2012 mulai tenggelam perlahan-lahan.


Tahun 1983

Headline media-media menulis bahwa dua astonom bernama Neugebauer dan Houck menemukan sebuah planet yang seukuran Jupiter melanglang buana di antariksa sekitar 2 miliar kilometer dari matahari. Orang-orang mulai bertanya-tanya, apakah ini mungkin tanda keberadaan Nibiru.

Namun ternyata media salah! Neugebauer dan Houck hanya mengatakan bahwa mereka menemukan ketidakberaturan dalam spektrum infrared. Ini bisa berarti apa saja, mulai dari sebuah planet hingga sebuah galaksi.


Tahun 1994

Seorang peneliti dan astrolog bernama John Major Jenkins menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Tzolkin : Visionary Perspectives and Calender Studies"

Dalam bukunya ia menafsirkan arti periode-periode kalender Maya. Bukan sesuatu yang baru, namun Jenkins kembali mempopulerkan konsep kalender maya yang telah dipopulerkan sebelumnya oleh Michael D Coe.

Jenkins dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran kembali konsep kiamat 2012. Kiamat 2012 kembali mendapat perhatian dunia, didorong oleh publikasi buku Jenkins.


Tahun 1995

Seorang paranormal bernama Nancy Lieder mengklaim bahwa ia diperingatkan oleh suatu ras alien yang tinggal di sebuah planet yang terletak di sistem planet Zeta Reticuli bahwa Nibiru akan menghancurkan bumi pada Mei 2003.


Tahun 2003

Ramalan Nancy Lieder meleset. Mei 2003, dunia tidak kiamat. Nancy Lieder mengkoreksi ramalannya menjadi tahun 2012.


Tahun 2005

Nasa mengumumkan bahwa pada tanggal 21 Oktober 2003 sebelumnya telah ditemukan sebuah planet baru kesepuluh yang diberi nama Eris. Orang-orang segera mengasosiasikannya dengan Nibiru.


April 2006  
Arti kata Planet didefinisikan ulang. Berdasar pada definisi baru ini, Eris masuk kedalam kategori planet mini bersama Pluto. Lagipula karakter Eris sangat jauh dari Nibiru. Periode orbit Eris hanya 556,7 tahun.


Tahun 2007 - Sekarang

Konsep kiamat 2012 kembali dihidupkan oleh beberapa buku populer. Namun kali ini, Nibiru bukan dianggap sebagai penyebab kiamat, melainkan badai matahari (solar maximum). Nibiru hanya menjadi wacana sampingan, tertutup oleh popularitas badai matahari.
 
 

Laba-laba Terunik di Dunia

Posted: 23 Dec 2012 06:00 AM PST

Namanya laba-laba merak - peacock spider atau disebut juga gliding spider (latin: Maratus Volans), karena termasuk laba-laba pelompat. Ukurannya sangat kecil, hampir seujung kuku.

Warnanya merah, biru, kuning, putih dan hitam di bagian atas - seperti penampang yang bisa dilipat - pada laba-laba jantan. Inilah alasan mendapat julukan laba-laba merak. Tingkah lakunya pun serupa seperti merak, saat mendekati betina akan mengangkat kaki dan memamerkan warna sambil menari-nari.

Laba-laba merak dapat dijumpai di Queensland, Australia.

 
 

Beberapa jenis makanan dari Jepang

Posted: 23 Dec 2012 05:00 AM PST

Onigiri
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Di Indonesia, Onigiri bisa dijumpai di bagian makanan Jepang toko swalayan terkemuka dan di restoran yang menyediakan makanan Jepang. Di negeri Tiongkok, Onigiri dikenal dengan nama fàntuán



Sushi
Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).


Ochazuke
Ochazuke atau chazuke adalah nama makanan Jepang atau cara makan berupa nasi putih dengan lauk sekadarnya yang dituangi air teh hijau, dashi atau air panas. Yūzuke adalah sebutan lain untuk nasi yang dituangi air panas.

Lauk diletakkan di atas nasi sebelum dituangi air teh (teh hijau atau hōjicha), dashi atau air panas. Lauk yang digunakan misalnya umeboshi, tsukemono, shiozake, nori, tsukudani, shiokara, wasabi, tarako (mentaiko).

Ochazuke merupakan makanan pengisi perut misalnya di antara dua waktu makan atau sewaktu masih lapar sebelum tidur. Di rumah makan tradisional atau di pemandian air panas, tamu sering ditawari ochazuke untuk menetralkan rasa pada mulut sehabis menikmati makanan mewah yang enak-enak.


Donburi
Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.


Mochi
Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun.



Dango
Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.

Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.


Sashimi
Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja.

Tsuma adalah sebutan untuk bahan makanan penyerta yang bisa berupa lobak yang dipotong panjang-panjang dengan ukuran sangat halus, daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.

Sashimi juga berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan Konnyaku dan kembang tahu yang disebut Yuba.

Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.


Nabe
Nabe adalah jenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Sambil dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan makanan dihidangkan di atas meja makan langsung bersama pancinya.

Masakan nabe termasuk jenis masakan steamboat yang dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus yang duduk mengelilingi panci berisi hidangan utama. Makanan diambil sendiri dari panci oleh orang ingin memakannya, dan dipindahkan ke mangkuk milik sendiri sebelum dimakan. Selain disebut Naberyōri, makanan jenis ini juga disebut Nabemono. Makanan ini populer sebagai makanan musim dingin di Jepang.

Sebelum zaman Edo, orang Jepang memiliki budaya makan "satu orang satu nampan". Pada waktu itu, masakan nabe dihidangkan untuk satu atau dua orang. Pada zaman Meiji, masakan nabe menjadi begitu populer, terutama masakan nabe daging sapi yang disebut gyūnabe.


sumber: kaskus.us

Wartegnya orang Jepang

Posted: 23 Dec 2012 04:00 AM PST

Kalau di indonesia ada warteg maka di jepang ada Yatai, jajanan pinggir jalan ini merupakan alternatif makanan orang Jepang terlebih lagi pada musim semi.

Yatai adalah warung makan yang biasanya beraktifitas di musim semi di pinggir2 jalan, dan biasanya berjualan pada sore hari dan tutup pada malam hari atau bahkan biasanya ada yang sampai subuh.


Makanan yang mereka jual biasanya makanan tradisional Jepang , bir dan sake. Yatai ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Jepang, namun Fukuoka menjadi tempat yang paling terkenal akan Yatai ini. Biasanya makanan yang mereka sajikan adalah Yakitori, Oden dan Hakata Ramen yang merupakan makanan kebanggaan bagi masyarakat di Fukuoka.
















Makan di Yatai ini menjadi sebuah alternatif yang bagus daripada makan di restoran apabila memperbandingkan harga, karena makan di yatai ini relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di restoran. Bagaimana dengan tingkat kebersihan makanan nya?..jangan khawatir,karena yatai ini sudah mendapat izin mengenai kebersihan nya dari pemerintah kota.

sumber: kaskus.us

Mitos-mitos Anak Muda Jakarta dan Sekitarnya

Posted: 23 Dec 2012 03:00 AM PST



Kehidupan ini memang penuh mitos. Dari kecil, kamu pasti sudah sering mendengar banyak mitos, mulai dari yang mistis sampe yang…eh kebanyakan mistis aja sih. Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin modernnya dunia ini, ada banyak mitos-mitos baru yang bermunculan. Di kalangan anak-anak muda Jakarta dan sekitarnya pun demikian. Ada beberapa mitos baru yang sekarang menjadi populer sekali di kalangan anak muda, seperti misalnya:

1. Satu Batang Cabut

Mitos: Biasa diucapkan oleh anak-anak yang sedang nongkrong, mitos ini menyatakan bahwa setelah satu batang rokok, mereka semua akan udahan nongkrong dan langsung cabut, melanjutkan kegiatan mereka.
Fakta: Sejauh ini sih hal tersebut masih merupakan sebuah mitos belaka ya. Biasanya satu batang tersebut kemudian akan menjadi dua batang, 3 batang, satu bungkus, dan kemudian akan menjadi "Abis ini deh pokoknya!".

2. Abis Ini Gue Mandi

Mitos: Biasa diucapkan oleh orang yang sedang libur dan berada di rumah aja. Mitos ini menyatakan bahwa pada suatu titik tertentu, orang tersebut akan mandi, menjadi wangi dan bersih.
Fakta: Ini juga masih mitos belaka sih. Kebanyakan orang yang sedang libur dan di rumah aja sih kesulitan menemukan alasan yang tepat untuk mandi ya. Lagian buat apa juga gitu.

3. Gue Udah OTW

Mitos: Ketika diucapkan, mitosnya adalah seseorang sudah di jalan menuju suatu tempat. Biasanya ini dikatakan apabila orang ini terlibat sebuah janji dengan orang lain dan orang lain tersebut sudah menanyakan keberadaannya.
Fakta: Pada umumnya sih ini sekedar mitos belaka ya. Kalo memang seseorang sudah beneran ada di jalan, Ia akan secara spesifik mengatakan posisinya ada dimana. Tapi kalo dia hanya bilang "Udah OTW", kemungkinan besar sih dia baru bangun.

4. Macet

Mitos: Mitos ini adalah kelanjutan dari "Udah OTW". Biasa diucapkan oleh seseorang yang terlambat datang ke suatu tempat dan udah ditelponin terus sama orang yang nunggu. Mitos mengatakan bahwa jalanan sungguh macet sehingga membuat Ia terlambat sampai di tujuan.
Fakta: Pada dasarnya ini gak terlalu mitos-mitos amat sih. Pada kenyataannya Jakarta memang macet. Tapi kalo urusannya sama janjian dan telat, lebih sering sih sebenernya macet ini hanyalah mitos belaka.

5. Lima Menit Lagi Gue Sampe

Mitos: Masih lanjutan dari masalah janjian dan telat. Mitos ini biasa terucap kalo orang yang nungguin udah mulai kesel. Mitos ini biasa diucapkan dengan harapan orang yang menunggu jadi sedikit lebih tenang.
Fakta: Bohong. Paling cepet masih 30 menit lagi lah nyampenya. Paling cepet lho ya.
Nah, demikianlah mitos-mitos modern yang sedang populer di kalangan anak Jakarta dan sekitarnya. Apakah kamu punya mitos-mitos lain? Silakan dishare.

7 Rumah Kartun Terunik di Dunia

Posted: 23 Dec 2012 02:00 AM PST

Para fans berat kartun animasi ternyata tidak hanya menggemari karakternya di dunia fiksi, tetapi terbawa sampai ke dunia nyata. Para fans tersebut membangun rumah-rumah yang persis dengan rumah karakter kesayangannya di animasi tersebut.
Foto-foto dibawah ini adalah 10 rumah yang pemiliknya terinspirasi atau merupakan penggemar fanatik karakter animasi tersebut.


1. Minnie Mouse's House

Rumah minnie ini berwarna pink dan lavender, rumah ini tidak hanya tampak lucu di luar tetapi juga penuh dengan perlengkapan di dalamnya. Rumah ini bisa dilihat di Mickey's Toontown Fair, di Orlando, Florida



2. The Simpson House

Rumah ini persis dengan di dalam kartun Simpson baik luar maupun dalamnya dan terletak di Henderson, Nevada, Amerika



3. Flintstones House

Siapa bilang kalau rumah The Flinstones hanya ada dalam kartun? Rumah kartun terkenal tersebut didapati juga di dunia nyata. Memiliki pintu depan, beberapa jendela dan atap. Rumah ini terletak di Nas Montanhas de Fafe di Portugal.



4. Barbie's House

Rumah modern ini diciptakan oleh disainer interior Jonathan Adler pada malam ulang tahun Barbie ke 50 Tahun. Akan tetapi pada bulan Maret 2009, desainer Adler menjadikan rumah tersebut di kehidupan nyata dengan sebuah rumah yang mempunyai luas 3.500 kaki persegi yang menghadap Samudera Pasifik.

Rumah ini cocok menjadi rumah boneka Barbie's Real-Life Malibu Dream House yang terletak di Malibu, California.



5. Snoopys House

Rumah Snoopy versi raksasa ini dibuat bentuknya persis dengan rumah anjing dan digunakan sebagai informasi kios untuk kompleks di lapangan bisbol, bagian dari Charles M. Schulz Museum, di Santa Rosa, California



6. Hobbit's House

Ini bukan rumah-rumahan yang dibangun oleh produser rumah The Lord of The Rings lho, tetapi ini adalah rumah nyata yang bisa ditinggali. Rumah Hobbit yg mengagumkan ini dibangun oleh Simon Dale, yang walaupun bukan seorang arsitek atau bahkan pekerja bangunan, tetapi dapat membangun rumah spektakuler ini.

Yang lebih menakjubkan lagi Simon yang membangun rumah tersebut dengan ayahnya hanya membutuhkan waktu 4 bulan untuk menyelesaikannya. Biaya yang dikeluarkan sekitar 3.000 pound.



7. Hello Kitty's House

Rumah kucing Hello Kitty vila ini terletak di Taipei, Taiwan. Begitu orang melihatnya, pasti sudah langsung tahu kalau itu rumah Hello Kitty.
 
 
 

Hiu Paling Lambat di Dunia

Posted: 23 Dec 2012 01:00 AM PST

Studi terbaru mengungkap bahwa hiu Greenland merupakan hiu dengan gerak paling lambat di dunia. Gerakan hiu tersebut berkecepatan 2,73 km per jam. Dengan kecepatan itu, hiu paus juga merupakan ikan terlambat jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Yuuki Watanabe dari National Institute of Polar Research di Tokyo menaruh penanda pengambil data pada hiu untuk mengetahui kecepatan dan frekuensi gerakan ekor pada enam hiu Greenland. Hasil pengukuran kemudian dibandingkan dengan kecepatan dan frekuensi gerakan ekor ikan lain.

Berdasarkan pengukuran, rata-rata frekuensi gerakan hiu Greenland adalah sembilan siklus per menit. Perbandingan menunjukkan, rata-rata gerakan ekor dan gerakan ekor maksimum hiu Greenland adalah yang paling lambat. Demikian juga kecepatan geraknya jika dibandingkan hiu lain.

Gerakan ekor merefleksikan kecepatan kontraksi otot. Semakin rendah temperaturnya, maka kecepatan kontraksi juga semakin lambat. Oleh karenanya, ilmuwan menduga bahwa gerakan hiu Greenland yang lambat dipengaruhi oleh rendahnya suhu lingkungan.

"Kami berpikir bahwa lambatnya kecepatan gerak hiu Greenland mungkin berkaitan dengan rendahnya temperatur di Laut Artik. Banyak proses fisiologi, termasuk kontraksi otot, melambat seiring menurunnya temperatur," kata Yuuki Watanabe seperti dikutip Discovery.

Analisis terhadap perut hiu Greenland pernah dilakukan dalam penelitian lain sebelumnya. Peneliti menunjukkan bahwa di perut hiu terdapat banyak ikan, termasuk anjing laut segar. Bagaimana hiu bisa menelan anjing laut, hal itu masih misteri.

Salah satu hipotesis, hiu mungkin memakan anjing laut yang sedang tidur. Anjing laut sering tidur dengan mengapung di permukaan laut. Dengan gerakan lambat dan mudah, hiu Greenland bisa memakan anjing laut yang tidur.

Sebagai predator, ukuran hiu Greenland tak terlalu besar, hanya sepanjang 6 meter dan berat 997 kilogram. Paus pembunuh sangat mungkin memakan hiu Greenland. Jenis hiu itu memilih tinggal di laut dalam, tempat paus pembunuh jarang mampir. Studi ini dipublikasikan di Journal of Experimental Marine Biology and Ecology.
 
 

10 Zebra Cross Paling Unik di Dunia

Posted: 23 Dec 2012 12:00 AM PST

Di beberapa negara yang sangat menghargai pejalan kaki, zebra cross menjadi media penyaluran kreativitas seniman dan juga ajang promosi.

Akhirnya zebra cross bukan sekadar garis hitam-putih, tetapi juga aksesori yang menambah keindahan sebuah kota. Di mana sajakah? 10 contoh di bawah ini bisa jadi sumber inspirasi.


Latin Insurance Cross Walk
Perusahaan asuransi di Peru merancang zebra cross yang aneh sebagai ajang promosi. Lajur-lajur dibuat dari beton menyeberangi lubang dengan buaya dan ular di bawahnya. Hal ini melambangkan bahwa, seseorang yang menggunakan jasa asuransi akan lebih mudah melintasi rintangan "hidup" yang penuh resiko.

Masalahnya, zebra cross ini tidak benar-benar terletak di tengah jalan, sehingga iklan tersebut menjadi tidak efektif. Walau kemudian cara promosi seperti ini diakui sebagai iklan paling kreatif sedunia.


McDonald's Crosswalk
Saat festival Zurifest di Swiss, perusahaan rantai makanan McDonald mengecat jalanan dengan desain zebra cross yang unik. Satu bungkus kentang goreng dengan logo perusahaan dan batang-batang kentang berwarna kuning sebagai tempat penyeberang jalan melangkah di atasnya.

 
Salburg School of Music – Piano Crosswalk
Zebra cross ini juga berlokasi di Swiss sebagai cara promosi sekolah musik Salzburg. Dengan bentuk bilah-bilah piano, zebra cross ini semakin unik karena setiap tanda "boleh menyeberang" menyala akan terdengar alunan piano. Orang yang menyeberang di atasnya bisa berjalan dengan gembira sambil menyanyikan lagu yang terdengar.


Curving Ego Crosswalk
Desainer Korea Jae Min Lim membuat zebra cross yang disebut "Ergo Crosswalk".  Bentuknya tidak seperti zebra cross konvensional, melainkan ada lajur yang lebih lebar di dekat trotoar.

Jae Min Lim yakin dengan zebra cross rancangannya, maka akan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.


Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk
Sebagai penanda lokasi salon di Roma, Italia, dibuatlah zebra cross berbentuk sisir di jalanan depannya. Unik ya, orang yang melintas pasti langsung tahu lokasi salon tersebut.

 
Diagonal Crosswalk
Di salah satu persimpangan di Los Angeles, ada zebra cross yang dibentuk ke berbagai arah termasuk diagonal. Dengan lintasan penyeberangan jalan seperti ini, orang tak perlu menyeberang dua kali dari satu sisi ke sisi lain yang berjauhan. Jadi lebih praktis, kan?

 
Sentieri Urbani Crosswalks
Dua desainer bersaudara D. Adriano dan G. Adriano dari Italia merancang zebra cross yang lebih individual. Tujuannya, setiap pejalan kaki yang menyeberang di atasnya bisa sekaligus mengetahui informasi seputar tempat-tempat di sekelilingnya yang akan mereka kunjungi.


Shopping Curitiba Crosswalk
Zebra cross bergambar barcode ini letaknya di Brazil. Dirancang oleh Opus Multipla sebagai penanda keberadaan mal di seberangnya.


South Africa Tourism Crosswalk
Bila zebra cross terilhami dari garis-garis pada hewan zebra, sepertinya zebra cross paling harfiah sesuai bentuk aslinya ada di Afrika Selatan ini. Lihat foto, lajur-lajur seperti itulah yang ada pada zebra.

Sebagai ajang promosi bagi wisatawan, zebra cross ini memang dibuat dengan tujuan menyambut pengunjung yang siap mengeksplor Afrika, tempat zebra-zebra hidup di gurun nan tandus. Uniknya, zebra cross ini berada di Mumbai, India. Kebetulan, South Africa Tourism memang sedang promosi menarik lebih banyak wisatawan dari India.

 
Crosswalk by Road worth
Mungkin ini satu-satunya zebra cross yang tidak menggambarkan lajur-lajur seperti lainnya. Entah apa maksud sang desainer, Peter Gibson dengan gambar mata angin tersebut.

Kabarnya, saat ia mengerjakan tahun 2001 lalu, ia ingin jumlah mobil dan sepeda semakin sedikit di jalanan Montreal, Kanada. Akibat ulahnya, justru tidak membuat banyak orang senang. Dan, di tahun 2004 akhirnya Gibson masuk tahanan dengan 53 dakwaan.
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar