Kamis, 14 Februari 2013

10 Hadiah Spesial yang Paling Cocok Diberikan Pada Hari Valentine

10 Hadiah Spesial yang Paling Cocok Diberikan Pada Hari Valentine


10 Hadiah Spesial yang Paling Cocok Diberikan Pada Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 08:00 AM PST


Buat Anda yang telah memiliki pasangan kini saatnya membuktikan rasa cinta Anda lewat pemberian hadiah spesial di perayaan Valentine yang semakin dekat. Anda tentunya ingin membuat sang pujaan hati merasa semakin mencintai Anda bukan? Ingatlah selalu bahwa tema Valentine selalu berbau cinta dan penghargaan. Mawar atau pun cokelat sudah menjadi hal yang biasa.


Kini saatnya berikan hadiah dari hati yang paling spesial, dan berbeda dari lainnya. Nah, mau tahu hadiah apa saya yang bisa Anda berikan? Nih, ada beberapa tips hadiah yang bisa jadi panutan Anda untuk memberikannya pada pasangan terkasih, seperti dilansir AskMen, baru-baru ini.

Pertama, perhiasan. Impian setiap wanita memegang rambutnya sementara laki-laki berdiri di belakangnya dan mengikatkan kalung emas di lehernya. Ini
menunjukkan padanya bahwa Anda juga bisa menjadi romantis. Perhiasan membuat wanita merasa istimewa, indah, dan bernilai, itu akan menjadi sahabatnya. Semua wanita senang dimanjakan dengan perhiasan dan wanita Anda tidak terkecuali.

Kedua, belajar dansa. Wanita sangat tertarik pada pria yang tahu cara menari tanpa menginjak kaki mereka. Ini adalah waktu yang tepat untuk mempertajam keterampilan salsa Anda. Tahun ini, mengambil kursus dansa bersama-sama menjadi salah satu cara mendapatkan hatinya.

Ketiga, paket perawatan spa. Mungkin aneh mendengarnya. Tapi memang inilah salah satu saran yang dianjurkan. Memberikan paket khusus perawatan untuk dirinya agar memanjakan tubuh bak seorang putri. Ia pasti akan merasa semangat. Setelah perawatan bak seorang putri, bawalah ia pulang dan perlakukan dirinya seperti seorang putri.

Keempat, kotak perhiasan. Memberikan kotak perhiasan yang indah pasti membuat dirinya tersenyum. Ini salah satu bentuk menghargai kecantikannya.

Kelima, parfum. Wewangian sangat penting bagi seorang wanita begitupun dengan Anda. terkadang bau wewangian sering identik dengan kepribadiannya. Wangi akan membuat Anda ingin berpelukkan sepanjang malam.

Keenam, pakaian dalam. Sebagian orang akan menghadiahkan pakaian dalam seksi untuk perempuan yang mereka cintai dalam hidupnya. Mungkin pembelian pakaian dalam sedikit klise, namun secara umum disukai oleh wanita.

Ketujuh, beri gelang tangan. Memberikan hadiah berupa perhiasan seperti gelang tangan akan menambah kesan mendalam si wanita terhadap Anda. Dijamin Anda akan menjadi sempurna di matanya.

Kedelapan, permainan seks yang romantis. Perayaan Valentine bisa dilewatkan dengan memberikan waktu untuk bercinta. Tapi pastikan bukan percintaan biasa. Cukup dengan memberikan permainan seks yang romantis, ia akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

Kesembilan, bingkai foto. Sebuah bingkai foto yang didalamnya terdapat foto mesra Anda bisa menjadi pilihan hadiah yang mudah. Simple dan tidak terlalu
memakan biaya. Hadiah ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa Anda sedang menatap masa depan bersama.

Kesepuluh, Selimut. Mungkin Anda akan kaget mendengarnya. Tapi selimut bisa menjadi alternatif yang mudah, dan memiliki banyak arti. Misalnya, saat
bersantai, ia bisa sambil memeluk selimut pemberian Anda sambil berpikir bahwa yang ia peluk adalah Anda.

sumber: http://jekethek.blogspot.com/2010/02/10-hadiah-spesial-yang-paling-cocok.html

Lima Ide Ritual Romantis Valentine

Posted: 14 Feb 2013 07:00 AM PST


HARI Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari tidak lama lagi tiba. Rayakan hangatnya kasih sayang dengan melakukan sejumlah ritual romantis bersama pasangan. Simak sejumlah ide romantis berikut ini untuk menjaga nyala gairah antara Anda dan suami tercinta:

1. Liburan eksotis
Tidak ada salahnya sesekali berfantasi. Bebaskan imajinasi dengan membayangkan Anda dan suami sedang melakukan sebuah perjalanan liburan romantis ke tempat-tempat eksotis di Eropa. Sementara Anda dan suami sedang menyesap kopi sambil berbagai koran Minggu, buka rubrik perjalanan dan bacakan artikel yang berisi deskripsi lokasi-lokasi romantis seperti kota-kota tua, pedesaan yang hijau, dan keindahan matahari terbenam di sebuah pulau. Setelah itu, mulailah merencanakan liburan yang sebenarnya.

2. Kencan seru
Daripada merencanakan malam sempurna yang akan menyenangkan hati Anda berdua, lebih baik bikin kesepakatan bahwa Anda akan melakukan apapun yang diingingkan suami dalam satu malam, asalnya dirinya berjanji akan melakukan hal yang sama untuk Anda pada malam selanjutnya. Siapa tahu suami akhirnya mengajak mendatangi kafe mungil yang selama ini ingin Anda kunjungi. Malam berikutnya, Anda bisa bergelung nyaman dalam pelukannya sambil menonton DVD kesayangan.

3. Sarapan di tempat tidur
Manjakan suami dengan membuatkannya sarapan lezat di pagi hari. Akan tetapi, kali ini bawakan nampan berisi makanan tersebut ke atas tempat tidur. Biarkan dia terjaga dari tidur karena menghidu aroma kopi kental kesukaannya. Isi acara sarapan di pagi yang cerah itu dengan saling menyuapkan makanan agar lebih romantis.

4. Pijatan seksi
Saat tengah hari, kirim SMS ke suami berisi ajakan kencan malam nanti. Ketika dia tiba di rumah, redupkan lampu, nyalakan lilin, lalu putar musik lembut favorit. Bantu suami menanggalkan pakaian, setelah itu minta ia berbaring menelungkup di sofa atau tempat tidur. Kemudian, gosok punggungnya dengan massage oil. Pilih minyak beraroma tanah seperti pinus atau kayu putih, sebab lelaki umumnya menyukai wewangian tersebut.

5. Mandi bersama
Di pagi hari saat suami masih terlelap, angkat tubuh Anda dari tempat tidur menuju kamar mandi. Setelah itu, isi bath tub dengan air, nyalakan sejumlah lilin untuk memberikan atmosfer romantis, dan putar lagu-lagu romantis untuk membuat tubuh relaks. Setelah siap semua, bangunkan suami dengan kecupan lembut lalu pikat dia untuk bangun dan melangkahkan kaki ke kamar mandi. Gunakan scrub beraroma manis untuk menggosok tubuh masing-masing selama berendam.

sumber: http://klepeut.blogspot.com/2010/02/lima-ide-ritual-romantis-valentine.html

14 Fakta Mengenaskan Tentang Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 06:00 AM PST

Hari Valentine semakin dekat dan bagi mereka yang sedang jatuh cinta, ingin jatuh cinta atau ingin merayakan kembali cinta mempersiapkan bunga, permen dan kartu sebagai hadiah. Tapi tidak semua kesenangan dan bunga yang datang saat tanggal 14 Februari ini datang.


14 Fakta Mengenaskan Tentang Hari Valentine

1. Dalam dua minggu menjelang hari Valentine, penjualan perhiasan emas Amerika menyisakan 34 juta metrik ton limbah.

2. Sebagian besar mawar yang dijual untuk hari Valentine di Amerika Serikat diimpor dari Amerika Selatan, membuang banyak bahan bakar fosil.

3. Hari Valentine pada awalnya berhubungan dengan sebuah kegiatan liburan kaum pagan kuno yang disebut Lupercalia, dimana para laki-laki telanjang, membawa cambuk dan memukuli pantat perempuan muda dengan harapan dapat meningkatkan kesuburan.

4. Martir Kristen St. Valentine dipenggal pada tanggal 14 Februari karena melakukan pernikahan secara rahasia.

5. Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen dari usaha bunuh diri berkaitan dengan masalah hubungan.

14 Fakta Mengenaskan Tentang Hari Valentine

6. 46 persen warga Amerika bertukar permen hari Valentine.

7. 67 persen warga Amerika kelebihan berat bdan atau obesitas.

8. Kartu hari Valentine pertama dikirimkan oleh Charles, Duke of Orleans, untuk istrinya saat dia sedang dipenjara di menara London. Dia tetap menjadi tawanan perang selama 24 tahun.

9. Survey yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa satu dari sepuluh orang dewasa dan muda mengaku merasa kesepian, gelisah, depresi dan tidak diinginkan saat Valentine. Itu baru yang mengaku.

10. Empat puluh persen orang memiliki prasangka negatif terhadap hari Valentine.

14 Fakta Mengenaskan Tentang Hari Valentine

11. Pembantaian hari Valentine yang terkenal, dimana tujuh gangster Chicago ditembak pada 14 Februari 1929, adalah salah satu yang paling sadis dalam sejarah (gambar di atas).

12. 64 persen pria Amerika tidak membuat rencana apa pun di hari Valentine.

13. Permen hati rasanya seperti sampah.

14. Walaupun kamu sedang benar-benar jatuh cinta sekarang, kamu masih akan mati nanti.


sumber: http://www.rubrikasik.com/2010/02/14-fakta-mengenaskan-tentang-hari.html

Hal yang Perlu Kamu Hindari Disaat Merayakan Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 05:00 AM PST


Wow, perayaan valentine semakin dekat. Anda semua pastinya ingin menjadikan Valentine kali ini lebih spesial. Bagi Anda yang baru saja menempuh hidup baru, atau yang baru saja patah hati, perlu untuk mengetahui beberapa kesalahan umum yang biasanya sering terjadi saat merayakan Val's day, agar nantinya perayaan Anda lebih baik dari sebelumnya.

Buat Anda yang lajang
Pertama, hindari untuk melakukan kencan pertama dengan seseorang di hari Valentine. Kencan pertama saat Valentine akan menambah paksa tekanan asmara. Lebih baik Anda menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Kedua, Hindari mengukur harga diri Anda dengan status hubungan Anda.

Buat Anda yang tengah patah hati
Pertama, hindari untuk berhubungan kembali dengan sang mantan. Memang sepi rasanya, tapi bukan berarti Valentine hanya dapat dilewatkan dengan mantan. Anda dapat mengekspresikan cinta dan penghargaan bagi semua orang yang Anda sayangi.

Kedua, hindari kenangan yang pernah Anda lewatkan dengan sang mantan. Jika tidak, Anda tidak akan bisa melewati perayaan Valentine dengan sempurna, karena selalu dibayang-bayangi kenangan terdahulu.

Buat Anda yang baru menjalin hubungan

Pertama, jangan berharap hari Valentine menjadi hal yang penting. Semua orang berpikir bahwa hari Valentine adalah dimana hari khusus bagi setiap pasangan memberikan penuh kasih sayangnya. Ini salah, sayang bukan berarti diberikan hanya saat Valentine, tapi perasaan itu dapat diungkapkan kapan pun, dan dimana pun.

Kedua, jangan meyakini hari Valentine adalah hari khusus wanita. Memang pada umumnya Valentine dijadikan hari bagaimana seorang pria bisa melakukan sesuatu untuk wanitanya. Tapi itu salah, pria pun ingin dianggap spesial.

Buat Anda yang telah menikah
Pertama, jangan pernah abaikan hari Valentine sepenuhnya. Mungkin Anda telah hidup bersama cukup lama, dan mungkin berpikir Valentine hanya khusus para remaja. Jangan salah, justru momen seperti ini yang harus ditunggu karena akan memicu beberapa hal romantis dalam hubungan Anda, dan mengingatkan Anda betapa Anda sangat menghargainya.

Buat semua orang, jangan pernah menunggu sampai menit terakhir untuk merencanakan Valentine. Persiapkan segalanya dengan waktu yang cukup matang.

sumber: http://jekethek.blogspot.com/2010/02/inilah-8-hal-yang-anda-perlu-hindari.html

10 Cara Bikin Wanita Spesial di Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 04:00 AM PST


CINTA tak harus terurai lewat kata. Lewat perhatian atau "surprise" kecil yang Anda buat, ekspresi cinta Anda pun terwakilkan.

Valentine sudah di depan mata. Jika masih bingung mencari ide untuk menyegarkan kencan Anda, berikut 10 cara yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan cinta dan mengalirkan aroma romantis untuknya, seperti dilansir LoveLectures.

1. Tinggalkan catatan kecil yang bertuliskan "I love you" di samping bantalnya dan biarkan harinya diawali dengan catatan romantis tersebut.

2. Memasak sarapan untuknya. Khusus untuk hari spesial ini, ekspresikan cinta Anda lewat masakan. Saat dia masih terlelap dalam tidurnya, bangunkan dia di pagi hari dengan menu sederhana racikan Anda. Tak perlu pusing memikirkan menu mewah. Buat saja telur dadar, roti, dan buah-buahan, lalu biarkan dia menikmati sarapan spesial di tempat tidur.

3. Kejutkan dia dengan satu set perhiasan platinum. Perhiasan yang telah diincarnya sejak lama menggelitik Anda untuk menjadikannya kejutan di hari Valentine. Tak terbayang aura bahagia terpancar di wajahnya saat dia menggenggam barang yang telah lama diimpikannya.

4. Berikan pijatan terbaik. Lelah berkutat dengan aktivitas masing-masing membuat kebersamaan mulai memudar. Di hari spesial ini sulut kembali kehangatannya dengan mengajaknya mandi busa di bath tub bersama Anda. Nikmat gelembung busa bersama sambil sesekali memberikan pijatan terbaik di punggungnya.

5. Satu buket bunga eksotis. Sehari sebelum Valentine, pesan satu buket bunga untuknya. Selain memesan bunga terbaik yang menjadi kesukaannya, pastikan semua warna favoritnya ada dalam bunga tersebut.

6) Ajak dia berbelanja. Shopping bagi wanita adalah hal yang sangat disukainya. Nah, jika tak sempat mengajaknya makan malam, ajak saja dia berbelanja di mal untuk beberapa jam. Jadilah "partner" belanjanya untuk kali ini saja dengan membantu memilihkan fesyen item terbaiknya.

7. Pergi ke luar kota untuk beberapa hari. Meliburkan diri sejenak dari penat rutinitas adalah ide terbaik. Ajak si dia melewatkan beberapa hari di sebuah tempat romantis. Bisa ke pantai atau menikmati sudut pedesaan yang asri dengan gurat mentari pagi dan remang bulan yang indah. Sungguh romantis bukan?

8. Berikan sebotol sampanye spesial untuknya. Sesekali menikmati tegukan sampanye bersamanya di sudut rumah pasti sangat mengasikkan. Hadiahkan sebotol sampanye terbaik untuknya dan biarkan dia menikmatinya hingga puas.

9. Berburu harta karun romantis. Jika ingin memberikan "surprise" yang berbeda, berilah dia peta harta karun. Biarkan dia mencari sendiri kado spesial yang Anda selipkan di berbagai sudut rumah. Momen tersebut pasti sangat berkesan untuknya.

10. Akhiri hari dengan makan malam romantis. Buat makan malam kali ini dengan nuansa berbeda. Jika tak sempat menikmatinya di luar, buat beberapa menu spesial sebagai hidangan malam dan nikmatilah bersama pasangan dengan pendar lilin yang menghias sekeliling ruangan dan meja makan.

Sumber: http://www.ketahuilah.com

Tips Memilih Bunga Untuk Valentine

Posted: 14 Feb 2013 03:00 AM PST


Selain coklat, bunga adalah hadiah terbaik yang biasa diberikan saat perayaan hari kasih sayang. Namun ketika datang ke toko bunga, tak jarang para pria bingung untuk memilih, bunga apa yang paling bagus dan pas diberikan pada pasangannya.


Tak usah bingung karena Eileen Johnson seorang ahli merangkai bunga dari Flower School of New York dan Seorang Instruktur dari New York School of Flower Design, Michael Gaffney memberikan tips, bagaimana memilih bunga yang pas sebagai hadiah di hari Valentine.

1. Pilih bunga yang mekar dan besar
Semakin besar dan mekar karangan bunga yang diberikan semakin baik. "Bagi sebagian besar penerima, besar bunga berarti cinta yang besar," katanya Gaffney. "Terutama pada Hari Valentine, pria harus memilih bunga yang besar dan berwarna menyolok. Karangan bunga seperti ini bisa mewakili isi hati si pemberi."

2. Jangan terpaku pada satu warna
Menurut Gaffney, "Tidak ada kata CINTA yang diidentikkan dengan satu warna seperti pink dan mawar merah." Karena itu bukan satu-satunya warna pada bunga. Dan banyak sekali jenis bunga yang bisa menjadi pilihan . "Setelah 20 tahun di ritel, aku yakin wanita tidak peduli apakah itu merah dan putih." Sebuah bunga dicampur dengan sedikit warna merah sama baiknya. Dan tak ada salahnya menambahkan jenis tanaman anthuriums merah atau anggrek dalam rangkaian bunga. Ini bisa menjadi karangan bunga yang lebih seksi dan menarik. Atau pilih bunga dengan warna favorit pasangan Anda.

3. Cari harga diskon
Biasanya jika bertepatan dengan hari Valentine banyak toko bunga yang menawarkan harga diskon. Sehingga Anda bisa mencampur bunga dengan harga yang mahal dan murah. Tapi tetap pilih bunga yang segar.

4. Cari bunga yang bertangkai panjang
Menurut Gaffney, "It's all about the show!" Cari bunga yang bertangkai panjang , seperti mawar, bunga lili dan anggrek. Bunga bertangkai panjang bisa terlihat memberi volume penuh dalam rangkainnya. Sebuah Casablanca lily, misalnya, dapat mengangkut empat untuk lima bunga pada satu tangkai. Bunga dengan tangkai panjang juga bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah layu jika ditambahkan air.

5. Jangan lupa pilih juga yang beraroma
Lebih besar tidak selalu lebih baik: "Bahkan jika buket kecil, asalkan memiliki aroma alam yang indah, sempurna untuk Hari Valentine," kata Johnson. "Bayangkan betapa romantisnya bunga pemberian Anda dengan aroma yang memikat. Biasanya bunga beraroma berasal dari warna merah, muda, putih atau warna ungu.

sumber: http://jekethek.blogspot.com/2010/02/tips-memilih-bunga-untuk-valentine.html

Fakta Kelam Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 02:00 AM PST

Hari Valentine kental dengan segala hal bernama "cinta". Karenanya, hari ini - 14 Februari - dunia seolah diselimuti  warna "merah jambu" dan orang-orang yang sedang jatuh cinta, ingin jatuh cinta, atau ingin menyala kembali oleh cinta sibuk mempersiapkan bunga, cokelat, atau kartu ungkapan cinta.

Faktanya, banyak hal menyedihkan di hari kasih sayang ini...

1. Dalam periode dua minggu menjelang Hari Valentine, penjualan perhiasan emas Amerika (saja) menyebabkan limbah sebanyak 34 juta metrik ton. Kalau 1 ton = 1000 kg, nah bisa dikira berapa banyak limbah tersebut.

2. Sebagian besar mawar yang dijual saat Hari Valentine di Amerika Serikat diimpor dari Amerika Selatan, membuang-buang bahan bakar fosil. Sayangnya, belum ada data tentang limbah mawar di Indonesia.

3. Hari Valentine berasal dari kepercayaan pagan kuno yang disebut Lupercalia, perayaan yang kerap menelanjangi korban, dicambuk, bahkan memukul wanita muda dengan harapan meningkatkan kesuburan mereka.

4. Martir Kristen, Santo Valentine, dipenggal pada tanggal 14 Februari karena melakukan pernikahan secara rahasia.

5. 46 persen orang Amerika akan bertukar permen dan cokelat di Hari Valentine. Akibatnya, 67 persen orang Amerika mengalami kegemukan atau obesitas.

6. Kartu Hari Valentine pertama dikirim oleh Charles, Duke of Orleans, untuk istrinya sementara ia dipenjarakan di Menara London. Nyatanya, Charles tetap ditawanan lebih dari dua puluh empat tahun.

7. Sebuah jajak pendapat terbaru menemukan, bahwa satu dari sepuluh orang dewasa muda mengaku merasa kesepian, gelisah, dan depresi saat Hari Valentine.



8. Pembantaian di Hari Valentine paling terkenal dalam sejarah yaitu saat tujuh gangster Chicago ditembak mati pada tanggal 14 Februari 1929 (lihat gambar di atas).

sumber

Sejarah Hari Valentine

Posted: 14 Feb 2013 01:30 AM PST

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2009/02/valentine-1.jpg?w=293&h=450
Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya, terutama di Dunia Barat.

Asal muasalnya, konon hari Velentine adalah merupakan salah satu hari raya Katolik Roma. Hari raya ini sama sekali tidak diasosiasikan dengan "cinta yang romantis" seperti konsep "Hari Valentine" masa kini.

Sekarang ini hari Valentine terutama diasosiasikan dengan saling bertukar "pernyataan cinta romantis" dalam bentuk simbol modern Valentine antara lain sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sosok "Cupido-/-Dewi Asmara" (Inggris: cupid) bersayap.

Mulai abad ke-19, tradisi penulisan pernyataan cinta ini mendorong timbulnya produksi kartu ucapan secara massal. Asosiasi Kartu Ucapan AS (The Greeting Card Association) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar 1 milyar kartu Valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari Valentine ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an , industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah hubungan serius. Sebenarnya hari Valentine itu merupakan hari cinta kasih, jadi bukan hanya cinta kepada pacar atau kekasih. Hari Valentine merupakan hari raya dalam soal cinta kasih namun bukan berarti selain hari Valentine tidak ada cinta kasih.

Di Indonesia, budaya bertukaran surat ucapan cinta antar pacar pada hari Valentine yang dimpor dari AS ini mulai bermunculan. Budaya ini cenderung menjadi populer dan konsumtif karena perayaan hari valentine ini lebih banyak didorong oleh promosi para penjual barang-barang yang terkait dengan hari Valentine seperti kartu ucapan cinta, kotak coklat, perhiasan dan boneka di pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan majalah remaja). Hal ini terutama banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia yang marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan hari Valentine. Jadi sifatnya sudah sangat komersil tanpa disadari oleh para "penganut" hari Valentine bahwa mereka telah dimanfaatkan untuk dikeruk uangnya.

Sejarah nama Valentine (Valentinus)
Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), nama Valentinus paling tidak bisa merujuk 3 martir atau santo (orang suci) yang berbeda :

Seorang pastur di Roma
Seorang uskup Interamna (modern Terni)
Seorang martir di provinsi Romawi Africa.

Hubungan antara ke 3 martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini. Namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam "Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus" dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian diletakkan dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja "Whitefriar Street Carmelite Church" di Dublin, Irlandia.. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi yang khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya Valentine ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santa yang asal-muasalnya masih di pertanyakan dan hanya berbasis legenda saja. saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Hari Valentine pada era modern
Hari Valentine kemungkinan diimpor oleh Amerika Utara dari Britania Raya (Inggris), negara yang mengkolonisasi daerah tersebut. Di Amerika Serikat kartu Valentine pertama yang diproduksi secara massal dicetak setelah tahun 1847 oleh Esther A. Howland (1828 – 1904) dari Worceste, Massachusetts. Ayahnya memiliki sebuah toko buku dan toko peralatan kantor yang besar dan ia mendapat ilham untuk memproduksi kartu dari sebuah kartu Valentine Inggris yang ia terima. (Semenjak tahun 2001, The Greeting Card Association setiap tahun mengeluarkan penghargaan "Esther Howland Award for a Greeting Card Visionary"). 



sumber

1 komentar: