Selasa, 19 Maret 2013

Kappa Makhluk Mitologi Dari Jepang

Kappa Makhluk Mitologi Dari Jepang


Kappa Makhluk Mitologi Dari Jepang

Posted: 19 Mar 2013 11:00 PM PDT

Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji. Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.Makhluk ini juga disebut memiliki bau seperti ikan dan membenci suara keras dan benda logam. Habitat utama Kappa tersebar di wilayah Kyushu dan sungai Sarugaishi di Honshu.

http://1.bp.blogspot.com/__ERV3YC51uk/TMlkPSObOgI/AAAAAAAAAC8/2uyEcc7N5q4/s1600/kappa_650.jpg

Satu ciri yang unik dari Kappa adalah adanya sebuah rongga tanpa tutup di atas kepalanya. Rongga bulat ini berisi air yang menjadi sumber kekuatan Kappa. Jadi jika suatu hari anda bertengkar dengan Kappa, sebelum bertarung, berilah hormat terlebih dahulu dengan cara membungkukkan badan. Kappa yang disebut sebagai makhluk yang memiliki tata krama akan segera membalas dengan membungkukkan badannya juga. Dengan demikian cairan di kepalanya akan tumpah dan kekuatannya akan hilang. Hal ini akan memaksa ia mengundurkan diri dari pertarungan.

http://www.printsofjapan.com/images/Kappa_control2.JPG

Walaupun memiliki ukuran seperti anak kecil, Kappa disebut memiliki kekuatan yang besar. Ia berani menyerang seekor kuda dan mampu menarik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dengan meminum darah dan menyantap isi perut mangsanya. Walau kadang dideskripsikan sebagai makhluk yang jahat, namun banyak legenda menceritakan mengenai Kappa sebagai makhluk yang baik dan pandai mengobati. Jika ia tertangkap dan diminta untuk berjanji agar tidak mengganggu penduduk lagi, ia pasti akan menepati janjinya.

http://4.bp.blogspot.com/-SyUwZNkpyjY/Tf31aIsgs8I/AAAAAAAABXo/dDqlmVLjwKE/s1600/Kappa.jpg

Pertama kali kisah Kappa muncul pada catatan kuno Nihon Shoki yang berasal dari tahun 720 masehi. Di dokumen itu, Kappa disebut "Kawa no Kami". Pada periode Edo, Ilustrasi mengenai Kappa muncul dalam antologi-antologi dan lukisan. Pada tahun 1910, Kappa mulai mendapat popularitasnya setelah sebuah kisah yang berjudul Tono Monogatari terbit. Dalam kisah itu diceritakan mengenai beberapa makhluk legenda termasuk Kappa.

Alasan Kenapa Cowok Korea Perlu Ditiru Cowok-Cowok Masa Kini

Posted: 19 Mar 2013 10:00 PM PDT



Nggak usah iri sama cowok-cowok Korea yang digilai semua cewek-cewek di sekitar kamu. Memang sih kalau urusan fisik, itu sudah keberuntungan mereka lahir dengan wajah lebih oke dari kamu. Tapi ada kok beberapa kualitas dari mereka yang bisa kamu tiru dan bisa bikin mereka jatuh hati. Nih, MBDC kasih bocorannya!

1. Mereka Sweet

Pada dasarnya cewek itu suka dengan perlakuan manis cowok-cowok. Kalau cowok Asia itu dasarnya memang manis makanya kamu bisa tiru, dimulai dengan senyum manis. Kalau lagi ngobrol sama gebetan, coba banyakin senyum. Apapun topik obrolannya. Tapi jangan sampai gebetan kamu lagi cerita soal kucingnya yang hilang kamu malah senyum terus. Ya tau situasi aja sih kapan harus senyum. Udah pada gede kan? Masa kayak gini masih harus dikasih tau sih.

2. Mereka Sensitif

Cewek mana yang nggak sebel setiap curhat sama pacarnya cuma dijawab "Oh gitu.." atau "Hmm..Oya?" atau mungkin gebetan kamu lagi pengen nonton film drama romantis tapi kamu malah milih film action penuh tembak-tembakan? Coba lihat drama Korea, rata-rata kalau mereka lagi bermuram durja suka berdiam diri duduk terus menatap langit. Saatnya coba ikuti kemauan gebetan kamu, nikmati sesi curhat one-on-one di pinggir danau, atau coba nonton film drama pilihan dia. Kalau perlu, ikutan simpati misalnya gebetan kamu nangis di adegan film kamu juga bisa siapin tissue. Misalnya ternyata kamu lebih mellow dan gebetan.

3. Mereka Stylish

Siapa yang nggak bangga kalau bisa bawa gandengan cowok yang cakep dan gayanya keren? Kalau poin pertama (cakep) susah buat kamu (karena kamu dari lahir emang jelek -red), poin kedua masih bisa kamu usahain. Lihat saja Jay Park yang rambutnya diskin atau bajunya berani tabrak motif. Pilih warna-warna terang supaya kamu terlihat berani, misalnya warna putih, kuning, hijau supaya makin terlihat di keramaian. Jangan ragu buat pilih satu tema warna yang sama dari atas sampai bawah. Tapi yang pasti, kamu jangan lebih gaya dari gebetan kamu! Nanti gebetan kamu merasa tersaingi.

4. Mereka Jago Menghibur

Ini poin paling penting dari cowok-cowok Korea, mau muda atau tua. Mereka sangat jago menghibur jadi kamu nggak usah khawatir kalau kekurangan bahan obrolan sama gebetan atau si pacar lagi bête. Mereka bisa nari, nyanyi dan atraktif banget di mana pun kapanpun. Bisa joget lincah di atas panggung bentuk apapun, nggak masalah berapapun umurnya. Lihat saja Psy atau anggota SuJu. Sama-sama menghibur kan?
Nah begitulah kurang lebih. Ada yang mau kamu tambahin? Silakan tambahin di comment lho.

10 Anime (Kartun jepang) Yang Sangat Populer Di Dunia

Posted: 19 Mar 2013 09:00 AM PDT

1. Naruto

Berdasarkan manga oleh Masashi Kishimoto, Naruto adalah kisah tentang seorang ninja muda, termotivasi untuk belajar dan menjadi kuat dan mempunyai sesuat yang gelap dan jahat yang berada dalam tubuhnya. "Iblis ekor sembilan" itulah nama kekutan gelap yang berada dalam tubuh naruto. Kekuatan  jahat ini ditangkap oleh seorang kepala desa ketika Naruto masih bayi. Pemimpinnya adalah ayah  Naruto dan kemudian meninggal setelah menyegel kekuatan tersebut, orang dari desa banyak yang  menyalahkan Naruto atas kehilangan ini. Naruto memulain pencarian terhadap jati dirinya, berharap untuk menjadi pemimpin rakyat desa tersebut, yang disebut Hokage. Naruto memulai debutnya di Jepang pada tahun 2002 dan di AS pada tahun 2005 melalui program Cartoon Network Toonami.
 
2. Bleach

Berdasarkan manga Shonen ditulis oleh Tite Kubo, Bleach adalah cerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang anak muda yang sengaja memperoleh kekuatan seorang shinigami. Lebih di kenal dengan "Grim Reaper", shinigami harus membantu jiwa-jiwa yang telah mati menuju akhirat, tetapi mereka memiliki tanggung jawab lain juga. Mereka harus melindungi manusia dari roh-roh jahat. Anime ini mulai ditayangkan di Jepang pada tahun 2004. VIZ MEDIA memperoleh hak-hak di Amerika Utara dan membawa Bleach untuk negara itu pada tahun 2006 di Cartoon Network blok pemrograman Dewasa.
3. Afro Samurai

Dengan suara Samuel L. Jackson, Afro Samurai didasarkan pada novel grafis oleh Takashi Okazaki dan menceritakan kisah tentang seorang samurai yang menginginkan sedikit balas dendam atas kematian ayahnya. Untuk membalas dendam ini, tentu saja, harus menempuh perjalanan yang panjang, membuat teman dan musuh di sepanjang jalan. Jackson co-produser mengatakan tanpa ragu karyanya adalah salah satu anime terbaik.  Anda akan menemukannya dalam dekade ini. Didistribusikan oleh FUNimation, seri perdana di Spike TV pada tahun 2006 dan dalam bentuk DVD  di tahun 2007.
4. Death Note

Berdasarkan manga oleh penulis Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata artis, Death Note adalah kisah tentang seorang mahasiswa muda yang menemukan sebuah buku mistik yang memberikan kekuasaan atas hidup dan mati. Keputusan untuk menyelamatkan dunia dari beberapa unsur yang kurang diinginkan, ia mulai menggunakan buku ini untuk men"downgrade" para penjahat. Tapi hal itu tidak berlangsung lama sebelum detektif terkenal L memutuskan untuk melacak warga. Death Note ini dirilis di Jepang pada tahun 2006 dan berlangsung selama 37 episode. Debuted di Cartoon Network Adult Swim pada akhir tahun 2007.
5. Black Lagoon: The Second Dam

Black Lagoon: The Second Dam adalah cerita berkelanjutan Perusahaan Lagoon, sekelompok tentara bayaran. Anime ini jelas merupakan suatu koleksi aneh dan menyeramkan jadi hati-hati, ini bukan anime untuk orang – orang  yang penakut. Black Lagoon: The Second Dam debutnya di Amerika Serikat pada 2008 setelah karier di Jepang pada tahun 2006.
6. Hellsing

Hellsing adalah cerita tentang sekelompok orang yang main hakim sendiri  "Organisasi Hellsing"  dan target-nya "vampir". Milenium, sebuah organisasi misterius yang mengkhususkan Nazi dalam menciptakan vampir buatan. Dibuat oleh Gonzo dan di released di Jepang pada tahun 2001, Hellsing di released  AS 2006.
7. Fullmetal Alchemist

Dirilis di Jepang pada tahun 2003 dan kemudian di Amerika Serikat akhir tahun 2004, The Elric terdiri dari dua bersaudara – Edward dan Alphonse Elric – Fullmetal Alchemist membawa kita ke sebuah fiksi ilmiah yang fantastis di mana perjalanan tercapai mempelajari semua tentang prinsip-prinsip alkimia dan melihat langsung apa yang terjadi jika Anda tidak mematuhi.
8. Mushi Shi

Animasi cukup cantik Tidak seperti kebanyakan sampel anime, Mushi-Shi tidak benar-benar memiliki plot berjalan. Dengan narator Ginko pemain utama dikatakan bahwa kita adalah seorang gelandangan yang bisa melihat Mushi " entitas supranatural"  dan bergerak di sekitar kita, berusaha untuk meminimalkan mereka yang menyebabkan kekacauan di dunia manusia.
9. Gungrave

Thriller supranatural ini diadaptasi dari video game Gungrave dan debutnya di Jepang pada tahun 2003. Diakuisisi oleh Geneon Hiburan dan merupakan bagian dari perjanjian rilis dengan FUNimation 2008. Cerita tentang Brandon Heat dan hidupnya.

10.one piece

adalah sebuah anime  manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece.
One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke-54. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 312 episode di Jepang. Selain itu, delapan film tuturannya juga telah beredar. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI, Global TV, dan sekarang di dinternet 
 Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar.

Legenda Asal Usul Para Kaisar-Kaisar Jepang

Posted: 19 Mar 2013 08:00 AM PDT

Legenda Amaterasu [Dewi Matahari dalam Mitologi Jepang]

Nama lengkap dari Amaterasu adalah "Amaterasu-O-Mi-Kami," yang mungkin secara harfiah diterjemahkan sebagai "dia yang membuat surga bersinar". Dia juga dikenal sebagai Omikami ("illustrious goddess").
Amaterasu, dewi matahari Shinto, adalah yang paling penting dalam kumpulan dewa ajaran Shinto. Dia dianggap nenek moyang kaisar jepang dan merupakan yang paling dihormati di surga. Tapi dia bukanlah yang terkuat, dan pada kenyataannya, banyak cerita-cerita yang menggambarkan dirinya tampak sangat manusiawi, meskipun tentu saja, dalam skala ke-ilahian.
Spoiler untuk Amaterasu Statue:

Menurut mitologi Shinto dalam proses penciptaan, Amaterasu lahir ketika Izanagi yang kembali dari kegagalannya untuk menyelamatkan istrinya, Izanami dari Yomi (tanah kematian/underworld). Amaterasu dilahirkannya dari mata kirinya. Dan pada saat yang sama, saudara perempuannya, Dewi Bulan: Tsukiyomi (yang dalam beberapa cerita digambarkan sebagai pria) lahir dari mata kanannya dan yang bungsu, Susanoo (dewa Laut dan Badai), lahir dari hidungnya.

Izanagi (laki-laki) dan Izanami (perempuan) adalah dua dewa pertama yang diciptakan oleh Kunitokotachi dan Amenominakanushi, dua dari zōka-sanshin ("three kami/god/spirit of creation") yang menciptakan dan membentuk banyak pulau-pulau dan merupakan leluhur dari tanah Jepang.

Pembagian Kekuasaan dan Kecemburuan Antar Dewa
Izanagi kemudian memberikan Amaterasu manik-manik yang suci (Yasakani no Magatama) dan mengatakan kepadanya bahwa ia akan memerintah atas surga. Sedangkan saudaranya Susano-Wo akan memerintah atas laut.

Tapi Susanoo cemburu pada kakaknya dan mengatakan kepada ayahnya bahwa ia tidak menerimanya dan akan pergi ke Yomi untuk bergabung dengan ibunya, Izanami. Hal ini membuat Izanagi sangat marah. Ia mengusir Susanoo dari hadapan-nya. Susanoo kemudian pergi menemui kakaknya Amaterasu untuk mengucapkan selamat tinggal, tapi Amaterasu menduga itu hanyalah trik dari Susanoo dan menyiapkan busur dan anak panah bersamanya. Susanoo meyakinkannya ia bermaksud baik dan memprotes kakaknya, tapi akhirnya dia tidak dapat menyembunyikan kecemburuannya. Dia menyarankan diadakannya kontes untuk melihat siapa yang lebih kuat. Siapapun yang dapat menciptakan lebih banyak dewa akan menjadi pemenang, kata Susanoo.

Amaterasu mulai dengan mematahkan pedang adiknya menjadi tiga potong dan memakannya. Ketika dia meludahkan potongan tersebut, kabut terbentuk di udara. Tiga dewi terbentuk dari kabut itu. Susanoo tidak terkesan. Dia mengambil manik-manik kakaknya dan menghancurkan mereka dengan giginya. Lima dewa laki-laki muncul. Susano-Wo merasa menang, tapi Amaterasu menolaknya dengan mengatakan bahwa kelima dewa itu datang dari perhiasannya, sedangkan pedang adiknya hanya memunculkan tiga dewan dan mereka semua perempuan.

Kemarahan Amaterasu
Susanoo mengamuk di seluruh bumi, mengklaim bahwa ia adalah pemenang kompetisi. Dia membanjiri sawah dan menyebabkan kerusakan besar. Dia bahkan mengotori kuil di mana panen padi akan dipersembahkan dan buang air besar di dalamnya. Akhirnya, ia mengambil kuda poni dan dikuliti hidup-hidup, kemudian binatang itu dilemparkan ke ruang suci di mana Amaterasu sedang menenun dengan pembantunya. Sangat malu dan marah, Amaterasu kemudian pergi masuk ke sebuah gua yang gelap, meninggalkan bumi dalam kegelapan dan ketidakseimbangan dan menolak untuk keluar lagi.

Dewa bumi akhirnya, memutuskan untuk mengelabui Amaterasu supaya muncul kembali sehingga dunia tidak lagi diliputi dengan kegelapan. Mereka menempatkan/menggantungkan Yata-no-Kagami, cermin suci yang dibuat oleh Ama-Tsu-Mara dan Ishi-Kori-Dome, di depan gua-nya, bersama dengan ayam yang berkokok sebelum fajar. Kemudian mereka meminta dewi Uzume untuk menari didepan gua. Uzume mulai dengan perlahan-lahan, tapi dengan cepat menemukan ritme-nya. Dewi agak gemuk ini begitu senang bahkan sampai melepaskan dan melempar semua pakaiannya dan menari liar, membuat semua yang melihatnya tertawa sangat keras. Amaterasu mendengar suara tawa dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Ketika ia tiba di mulut gua untuk menyelidiki, ia melihat bayangannya di cermin (Yata-no-Kagami). Penasaran, ia bertanya siapakah dewi indah yang indah itu. Para dewa yang lain mengatakan bahwa itu adalah penggantinya. Terpesona dengan kecantikannya sendiri, ia kemudian muncul perlahan-lahan untuk memeriksa-nya. Tajikawa dengan cepat menutup pintu masuk gua. Dunia akhirnya kembali diterangi oleh cahaya dan keseimbangan tercapai.

Ketikan muncul dari kegelapan, Amaterasu menunjukkan kepada orang-orang bagaimana menanam padi dan gandum, menenun, dan membudidayakan ulat sutera. Beberapa orang mengatakan bahwa ia dan pembantunya menenun dan terus menenun kain dari alam semesta.

Sementara itu Susanoo, dihukum oleh para dewa lainnya. Jenggot dan kumisnya dipotong, kuku-kukunya dicabut, dan diusir dari surga. Dia kemudian pergi dan bertualang di bumi. Pada suatu ketika, ia membuh naga berkepala delapan (Yamata no Orochi), ketika mati ekornya berubah menjadi sebuah pedang. Ketika Susanooo bertobat dan mengahiri perseteruan dengan kakaknya, ia menyerahkan pedang ini kepada Amaterasu sebagai hadiah yang olehnya kemudian dinamai Ama-no-Murakumo-no-Tsurugi ("Sword of the Gathering Clouds of Heaven") atau nama lainnya, Kusanagi-no-Tsurugi ("Grasscutter Sword").

Kaisar kaisar Jepang Dipercaya Sebagai Keturunan Langsung Amaterasu
Amaterasu kemudian meminta putranya, Ame-No-Oshido-Mimi, untuk menguasai bumi. Namun putranya ini menolak karena menurutnya dunia sudah dipenuhi dengan kekacauan. Ia mengirim cucunya Ninigi-no-Mikoto ke dunia, dan dalam jangka waktu tiga tahun, ia berhasil menguasainya. Ninigi-no-Mikoto adalah nenek-moyang dari kekaisaran Jepang yang merupakan keturunan langsung dari Amaterasu.

sumber

10 Artis Jepang Paling Seksi

Posted: 19 Mar 2013 07:00 AM PDT

1. Takako Matsu

takako matsu Bagi Anda pecinta serial Jepang, tentu tidak asing lagi dengan wajah Takako Matsu. Matsu adalah seorang aktris dan juga penyanyi terkenal di Jepang. Takako Matsu memang mengaliri darah seni dalam keluarga besarnya. Ayahnya dan juga kakaknya menggeluti dunia akting. Meski demikian, bukan berarti perjalanan karier artis yang memiliki nama asli Fujima Takako ini berjalan mulus. Matsu tetap harus memulai kariernya dari bawah.

Ia pertama kali tampil di atas panggung saat berusia 16 tahun. Ia tampil di pentas sandiwara 'Ninjo Banashi Bunshichi Mottoi'. Satu tahun kemudian, Matsu mendapatkan peran di sebuah serial. Dari situlah wajahnya mulai dikenal. Namun, kariernya melesat saat ia membintangi serial drama berjudul 'Kura'.

Sejak saat itu, wajah dan namanya sering menghiasi sejumlah serial, film layar lebar di Jepang dan juga panggung teater. Di sejumlah serial, ia selalu dipasangkan dengan aktor terkenal Jepang, Takuya Kimura seperti dalam serial 'Long Vacation', 'Love Generation' dan 'Hero'.

Selain dikenal sebagai aktris, Matsu juga menggeluti dunia teater dan juga tarik suara. Dalam dunia musik, Matsu telah menghasilkan 20 single, 12 album dan tiga kali menggelar konser keliling Jepang.


2. Kyoko Fukada

Kyoko Fukada Kyoko Fukada adalah salah satu artis Jepang yang terkenal. Sudah banyak judul serial dan film yang memasang wajah cantik artis kelahiran 2 November 1982 ini. Fukada memulai debutnya di dunia akting ketika ia tampil di serial drama 'Sore ga Kotae da'. Penampilannya di serial itu membuat Fukada menerima tawaran peran lainnya tak hanya di serial tetapi juga layar lebar. Pada tahun 1999, Fukada mengambil bagian dalam film 'Ring 2′ sebagai Kanae Sawaguchi.

Sebagai aktris, Fukada termasuk artis yang produktif. Setiap tahun selalu ada film maupun serial yang dibintanginya. Sejumlah serial yang membuat namanya terkenal termasuk juga di tanah air saat ia tampil dalam serial 'Kamisama, Mo Sukoshi Dake' dan juga 'Strawberry on the Shortcake'. Ia juga sempat mendampingi aktor terkenal Korea, Won Bin dalam drama hasil kerjasama Jepang-Korea berjudul 'Friends'.


3. Yuko Takeuchi

Yuko Takeuchi Yuko Takeuchi terkenal dengan wajahnya yang selalu ceria dan menarik. Sebuah majalah Jepang menyebut Takeuchi sebagai Meg Ryan-nya Jepang. Sedangkan sutradara terkenal Jepang, Kichitaro Neguchi menyebut Takeuchi seperti aktris Audrey Hepburn.

Ia membuat terobosan besar dalam dunia akting lewat penampilannya di serial televisi NHK berjudul 'Asuka' dan iklan komersial JT Green. Setelah itu, bisa ditebak, wajah dan namanya menjadi langganan membintangi sejumlah serial dan film. Wajahnya yang dinilai unik itu juga laris manis menjadi model iklan.

Sayang, perjalanan kariernya yang mulus tak diikuti dengan kesuksesan dalam membina rumah tangga. Perkawinannya dengan aktor kabuki, Shido Nakamura kandas setelah menjalani rumah tangga selama tiga tahun. Takeuchi masih aktif di dunia akting sampai saat ini.


4. Ryoko Hirosue

Ryoko Hirosue Sebagai artis Jepang, Ryoko Hirosue cukup terkenal di luar negeri. Hal itu disebabkan karena ia berhasil menyita perhatian publik luar negeri lewat perannya di film 'Wasabi' bersama aktor Perancis, Jean Reno karya sutradara Luc Besson.

Hirosue memulai kariernya di Jepang dengan mengikuti sebuah kontes kecantikan yang mengantarkan wanita kelahiran 18 Juli 1980 ini menjadi model iklan sejumlah produk. Setelah itu, Hirosue mulai merambah dunia akting pada Juni 1995 lewat serial televisi 'Heart ni S'. Tak puas hanya menekuni dunia model dan akting, Hirouse juga memilih untuk menggeluti dunia tarik suara.

Kesibukannya yang semakin padat membuat Hirouse memilih mengorbankan kuliahnya di jurusan Sastra Jepang di sebuah universitas di Jepang. Ia pun pernah menghebohkan publik Jepang karena kehamilannya. Akhirnya, ia mengumumkan pernikahannya dengan seorang peragawan dan perancang busana Jepang, Takahiro Okazawa. Ia mengakui kehamilannya.

Rumah tangganya dengan Okazawa tak berjalan mulus. Pasangan ini hanya merasakan indahnya rumah tangga selama lima tahun.


5. Nanako Matsushima

Nanako Matsushima Meski usianya tak lagi muda, popularitas Nanako Matsushima tetap bersinar. Kehadiran bintang-bintang baru yang menjamur tak menggoyahkan singgasana ibu dua orang anak ini sebagai seorang bintang terkenal di negara tersebut.

Selain di Jepang, nama Matsushima juga terkenal di sejumlah negara lainnya berkat perannya dalam film horor 'Ring'. Kesuksesan serial dan film yang dibintanginya membuat Matsuhima juga diganjar dengan bayaran mahal. Ia masuk menjadi salah satu aktris yang dibayar dengan honor tertinggi.

Matsushima mulai mendapat bayaran mahal saat membintangi serial 'Great Teacher Onizuka' yang meraih sukses besar. Di serial ini pulalah, Matsushima bertemu dengan pujaan hatinya, Takashi Sorimachi yang kini telah memberinya dua orang anak.

Ia juga sukses saat menjadi pemeran utama dalam serial 'A Story of Love'. Setelah itu sejumlah serial dan film tetap dibintangi Matsushima seperti 'Hana Yori Dango' dan 'Hana Yori Dango Returns' serta Kyumei Byoto 24 Ji 4′


6. Aya Ueto

Aya Ueto Artis kelahiran 14 September 1985 ini dikenal sebagai artis muda berbakat dan serba bisa. Selain menekuni dunia tarik suara, Aya Ueto juga menggeluti dunia akting dan model iklan. Ueto memulai debutnya di dunia keartisan sejak ia membintangi film 'Satsujinsha Killer of Paraiso'. Tetapi, ia mulai terkenal ketika Ueto mengikuti kontes kecantikan Pemudi Nasional Jepang. Bersama finalis lainnya, ia membentuk grup band yang diberi nama Z-1.

Tetapi, grup ini tak bertaha lama. Para personelnya membubarkan diri. Ueto tak putus asa. Ia memberanikan diri untuk bersolo karier. Pilihannya tak salah. Ia cukup meraih sukses di dunia tarik suara.

Dunia akting pun kembali dilirik wanita cantik ini. Aktingnya mulai mendapatkan pengakuan saat Ueto memerankan sosok gadis yang menderita kelainan identitas dalam serial '3 nen B gumi Kinpachi-sensei'.

Perannya itu membuat ia mendapatkan sorotan dari para kritikus film. Dan alhasil, wajahnya pun sering wara-wiri di layar kaca dan juga layar lebar. Ia menjadi artis yang paling diakui kemampuan aktingnya di Jepang.


7.Yuna Ito

Yuna Ito Yuna Ito merupakan penyanyi pop Amerika yang berkarier di Jepang. Selain sebagai penyanyi, Yuna Ito juga menekuni dunia akting. Penyanyi kelahiran Los Angeles ini memulai debutnya di Jepang lewat single 'Endless Story'. Lagu ini menjadi salah satu single yang menghiasi film terkenal berjudul 'Nana'. Di film ini, Yuna Ito ini juga ikut mengambil bagian berperan sebagai Reira Serizawa.
Lagu berjudul 'A World to Believe In' dibawakan Ito berduet dengan Celine Dion Ketika mendengar Yuna Ito akan membawakan lagu miliknya, Dion langsung mengajak Yuna Ito untuk berduet dengannya. Dion merilis lagu ini dalam album 'Taking Chances'.


8. Melody

Melody Pemilik nama Miyuki Melody Ishikawa dikenal sebagai penyanyi J-Pop dan presenter televisi. Wajahnya yang cantik dan penampilannya yang menawan membuat artis ini mudah dikenali. Penampilannya yang selalu seksi membuat wanita kelahiran 24 Februari 1985 ini menjadi salah satu artis Jepang yang mendapatkan predikat terseksi.

Ia memulai debutnya tahun 2003 lalu lewat lagu 'Dreamin Away'. Setelah itu sejumlah lagu menjadi hist lewat suaranya yang khas. Tercatat selama berkarier di dunia tarik suara, Melody menghasilkan empat album studio dan satu album kompilasi.
Tahun 2008 melalui blog pribadinya, penyanyi kelahiran Hawai ini mengumumkan mengakhiri karier musiknya. Ia memilih fokus ke dunia fashion sebagai perancang busana. Kini, Melody menikmati kehidupannya sebagai seorang ibu dari dua orang anak dari pernikahannya dengan musisi kenamaan Jepang, Miyavi.


9. Kurara Chibana

Kurara Chibana Chibana adalah model ternama Jepang. Wanita kelahiran 27 Maret 1982 ini mewakili Jepang dalam kontes kecantikan wanita sejagat Miss Universe 2006. Ia berhasil meraih juara sebagai Runner Up 1. Untuk mengikuti kontes kecantikan berkelas internasional itu, Chibana rela menolak tawaran pekerjaan dari sebuah penerbitan besar di Jepang.

Selain terkenal karena kecantikan dan tubuh seksinya, Chibana terkenal dengan kepintarannya. Ia mengambil jurusan filsafat di universitas Sophia. Dan meraih gelar Bachelor of Arts tahun 2006 lalu. Chibana juga memiliki kemampuan berkomunikasi dalam empat bahasa yakni Jepang, Inggris, Perancis dan Spanyol.

Saat ini, Chibana sedang menikmati kegiatannya sebagai seorang jurnalis yang mewawancarai orang-orang unik di seluruh dunia untuk majalah fashion terkemuka di Jepang. Ia juga menjadi juru bicara untuk produk kecantikan terkenal di dunia.


10. Misaki Ito

Misaki Ito Misaki Ito dikenal sebagai aktris dan model Jepang. Misaki Ito memulai kariernya sebagai model. Ia juga muncul dalam beberapa produk kosmetik ternama dan jam tangan. Tak puas dengan karier modelnya yang gemilang, Misaki menjajal dunia akting. Ia memulai debutnya menjadi protagonis dalam drama seri 'Densha Otoko'.

Wajahnya yang cantik juga muncul dalam video games James Bond 007. Misaki termasuk artis Jepang yang sukses. Sekitar 22 drama telah dibintangi artis kelahiran 26 Mei 1977 ini. Sedangkan film layar lebar sekitar 11 judul yang telah memasang nama dan wajahnya.

Film yang membuat namanya terkenal berjudul 'Ju-On'. Film bergenre horor ini menarik perhatian sutradara Amerika Serikat. Di AS, film ini diberi judul 'The Grunge' dan dibintangi Sarah Michelle Gellar. 


Earphone Unik & Kreatif dari Jepang

Posted: 19 Mar 2013 06:00 AM PDT

Earphone Unik dan Kreatif dari Jepang



Seri "earphone gila" yang dirancang oleh perusahaan Jepang Solid Alliance.



Banana Earphones



Apple Earphones


Bolt Earphones



Katana Earphones



Mushroom Earphones



"Ear"phones



Sushi Earphones



8 Penemuan Jepang yang sia-sia

Posted: 19 Mar 2013 05:00 AM PDT

Siapa bilang jepang selalu menemukan barang2 yang berguna, yang memiliki teknologi canggih dan memiliki nilai guna yang tinggi. Jepang juga kadang2 menemukan sesuatu yang boleh dibilang konyol, atau mungkin malah jadi ribet dan aneh.

Dulu beberapa penemuan ini sempat muncul, dan dianggap sebagai penemuan jepang yang sia-sia/percuma (useless japanese invention), berikut beberapa penemuan percuma itu:

1. Korek Api Matahari

Kudu siang, nunggu lama, barangnya gede. wah malah repot nih.

2. Alat Berkebun 10 in 1

sepuluh alat jadi satu sih emang bagus, tapi kalo bentuknya gitu, pakenya kan malah susah.

3. Topi Payung

Kan gak nyaman ya..

4. Dasi Serbaguna

Mana ada nyimpen barang2 begituan di dasi, dipake 1 minggu, pasti bungkuk, keberatan.

5. Kamera Panorama 360 Derajat

hahaha, susah bener nih, mending sekarang pake video aja kali ya.

6. Alat Pembunuh Kecoa Sekaligus Sandal

ribet banget, aneh, sendal mah sendal aja, buat mukul kecoak trus maksa ada gagangnya.

7. Tadah Hujan Pribadi


sayang buang2 air hujan? pake aja ini, gak basah dan dapet air gratis. hehehe.

8. Penyedia Oksigen Murni

mau dapet oksigen, langsung aja ambil dari sumbernya. sedot langsung! jangan dipake malam hari, bisa mati ntar (keracunan CO2)

Misteri Laut Setan di Jepang yang Sangat Menakutkan

Posted: 19 Mar 2013 04:00 AM PDT

Sebenarnya,ada suatu perairan di Jepang yang sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran dan penerbangan,sama bahaya dengan Segitiga bermuda/Bermuda Triangle yaitu Japan Devil's Sea/Laut Setan.


Perairan ini adalah merupakan daerah lautan tenang di Laut Pasifik, 100 KM sebelah selatan Tokyo, yang terletak diantara pulau Ivojima dan Pulau Miyake,tetapi kurang begitu terkenal dibanding Segitiga Bermuda, barangkali karena letaknya yang jauh dari daratan Jepang.Sementara itu Segitiga Bermuda sangat akrab bagi kalangan pelaut Amerika, yang pada gilirannya menelan banyak kapal dan pesawat.

Kendati demikian,Laut Setan dekat daratan Jepang itu juga bertanggung jawab atas hilangnya beberapa kapal dan pesawat. Antara tahun 1950 dan 1954, didaerah ini telah hilang tidak kurang dari 9 kapal besar tanpa meninggalkan bekas. Pemerintah Jepang sangat menaruh perhatian terhadap daerah ini,dan mengumumkan bahwa ia merupakah daerah berbahaya dan tidak boleh didekati. Pada tahun 1955 pemerintah Jepang mengirim ekspedisi dengan membawa sejumlah pakar menuju daerah tersebut dengan menggunakan kapal Kawamaru. Malangnya Kawamaru lenyap tanpa pesan.

Seorang sarjana Amerika,Ivan Sanderson,yang sangat tertarik dengan semua keanehan tersebut,berusaha melihat letak Segitiga Bermuda dan Japan Devil's Sea dalam peta. Ternyata dia melihat bahwa kedua daerah tersebut terletak persis digaris bujur antara 30 dan 40 derajat sebelah utara khatulistiwa,luasnya hampir sama
 
 
Melalui kesimpulan ini Sanderson melanjutkan pengamatannya pada hal-hal lainnya, dan dia menemukan bahwa terdapat 12 daerah di dunia ini yang sejenis dengan itu. Dua diantaranya di kutub utara dan kutub selatan, sedang sepuluh lainnya terbagi dalam dua jajar, jajaran pertama terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah utara, dan jajaran kedua terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah selatan khatulistiwa.

Masing-masing tempat terpisah sekitar 72 derajat pada garis lintang. Tempat-tempat tersebut disamping didua kutub utara dan selatan, antara lain adalah dua daerah yang terletak didaratan. Satu di uatara Gurun Pasir Besar Afrika, dan satu lagi di daerah pegunungan barat laut India.

Sanderson mengamati bahwa sebagian besar daerah tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, antara lain, dalam letaknya yang berada dikawasan yang mana bertemu arus panas dan dingin, dan bahwasanya tempat2 tersebut dipandang sebagai titik-simpul, karena ia mengarahkan arus air atas dan bawah pada arah yang berlawanan, dan dengan suhu yang berbeda tersebut, dapat menimbulkan gelombang magnetic yang menjadi biang keladi bagi semua kecelakaan itu.Akan tetapi teori Sanderson ini tidak dibangun atas suatu dalil.
Tidak ada suatu apapun yang membuktikan bahwa pertemuan dua aliran air yang berlawanan arah dan dengan suhu yang berbeda dapat menghasilkan gelombang magnetis didalam bumi.

Selain itu, teori Sanderson juga tidak menginprestasikan cara kerja "Kuburan Setan" yang terletak didaratan.Yakni,dua dikutub utara dan kutub selatan, yang ketiga disebelah utara Gurun Besar Afrika, dan yang keempat di pegunungan barat-daya India.

Lebih jauh lagi,teori tersebut gagal menjawab pertanyaan,mengapa kapal-kapal yang menjadi korban ditempat-tempat seperti itu ditinggalkan penumpangnya begitu saja, dan kemana pula mereka pergi? Lalu, peristiwa apa pula yang kelihatannya demikian menakutkan mereka,sehingga mereka meninggalkan kapalnya?

Keunikan Yang Hanya Ada di Jepang

Posted: 19 Mar 2013 03:00 AM PDT

1. Di Jepang, angka "4″ dan "9″ tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar "4″ dan "9″. "4″ dibaca "shi" yang sama bunyinya dengan yang berarti "mati", sedang "9″ dibaca "ku", yang sama bunyinya dengan yang berarti "kurushii / sengsara".


2. Orang Jepang menyukai angka "8″. Harga-harga barang kebanyakan berakhiran "8″. Susu misalnya 198 yen. Tapi karena aturan sekarang ini mengharuskan harga barang yang dicantumkan sudah harus memasukkan pajak, jadi mungkin kebiasaan ini akan hilang. (Pasar = Yaoya = tulisan kanjinya berbunyi happyaku-ya atau toko 800).


3. Kalau musim panas, sinetron di TV seringkali nampilin hal-hal yang berbau seram (hantu).


4. Drama detektif di TV, bunyi sirene (kyukyusha) biasanya muncul pada menit-menit awal. Di akhir cerita, sebelum perkelahian mati-matian biasanya penjahat selalu menceritakan semua rahasia kejahatannya.


5. Cara baca tulisan Jepang ada dua :
* sama dengan buku berhuruf Roman alphabet, huruf dibaca dari atas ke bawah.
* yang kedua adalah dari kolom paling kanan ke arah kiri, sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka berada di "bagian belakang").


6. Kita (orang Indonesia) dan rekan-rekan dari Asia Tenggara lainnya umumnya kalau memperkenalkan diri (jiko-shokai) sering memulai dengan "minasan, konnichiwa" atau "minasan, konbanwa". Mungkin ini karena kebiasaan bahasa Indonesia untuk selalu memulai pidato dengan ucapan selamat malam, dsb. Tapi ternyata janggal untuk pendengaran orang Jepang, karena mirip siaran berita di TV. Seharusnya dimulai dengan langsung menyebut nama dan afiliasi. Misalnya "Tanaka ken M1 no Anto desu….dst.", tidak perlu dengan "Minasan..konnichiwa…".


7. Kesulitan pertama yang muncul dalam urusan administratif di Jepang, kalau ditanya nama keluarga anda apa ?, karena kita tidak ada keharusan di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara untuk mencantumkan family name.


8. Kalau kita memperoleh undangan yang meminta konfirmasi hadir atau tidak, biasanya kita harus mengirimkan balik kartu pos. Salah satu manner adalah mencoret huruf 御 pada pilihan : 御欠席 /出席. Juga mencoret akhiran 様 pada nama kita yang tercantum sebagai pengirim pada kartupos tersebut. Ini adalah adat Jepang, agar kita selalu rendah hati, yang ditunjukkan dengan menghindari/mencoret 御 dan 様 pada kartu pos balasan.


9. Kalau kita membubuhkan tanda tangan, kadang akan ditanya orang Jepang : ini bacanya bagaimana ? Kalau di Jepang saat diperlukan tanda tangan (misalnya di paspor, dsb.) umumnya menuliskan nama mereka dalam huruf Kanji, sehingga bisa terbaca dengan jelas. Sedangkan kita biasanya membuat singkatan atau coretan/paraf sedemikian hingga tidak bisa ditiru / dibaca oleh orang lain.


10. Acara TV di Jepang didominasi oleh masak-memasak.


11. Fotocopy di Jepang self-service, sedangkan di Indonesia di-service.


12. Jika naik taxi di Jepang, pintu dibuka dan ditutup oleh supir. Penumpang dilarang membuka dan menutupnya sendiri.


13. Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai cap (hanko/inkan). Jenis hanko di Jepang:
* jitsu-in, adalah inkan yang dipakai untuk keperluan yang sangat penting, seperti beli rumah, beli mobil, dsb. Jenis ini diregisterkan ke shiyakusho (di patenkan).
* ginko-in, adalah jenis inkan yang dipakai untuk khusus membuat account di bank. Jenis ini diregisterkan ke bank.
* mitome-in, dipakai untuk keperluan sehari-hari dan tidak diregisterkan.
Jadi satu orang kadang memiliki beberapa jenis inkan, untuk berbagai keperluan.


14. Naik sepeda tidak boleh boncengan (kecuali memboncengkan anak-anak).(道路交通法57条第2項 規則9条 乗車人員制限違反 --> sepeda tidak boleh dipakai boncengan, kecuali yang memboncengkannya berusia lebih dari 16 tahun dan anak yang diboncengkan berusia kurang dari satu tahun dan hanya seorang saja yang diboncengkan. Bila dilanggar, dendanya maksimal 20 ribu yen.


15. Ajakan makan bersama belum tentu berarti anda ditraktir, tapi bisa jadi bayar sendiri-sendiri.


16. Di Jepang sulit mencari mesin ketik.



17. Pernah nggak melihat cara orang Jepang menghitung "satu", "dua", "tiga",…. dengan jari tangannya ? Kalau rekan-rekan perhatikan, ada perbedaan dengan kebiasaan orang Indonesia. Orang Indonesia umumnya mulai dari tangan dikepal dan saat menghitung "satu", jari kelingking ditegakkan. Menghitung "dua", jari manis ditegakkan, dst. Kalau orang Jepang, setahu saya, kebalikannya. Mereka selalu mulai dari telapak tangan terbuka, dan cara menghitungnya kebalikan orang Indonesia. Saat bilang "satu", maka jarinya akan ditekuk/ditutupkan ke telapak tangan. Misalnya Nggak percaya ? Coba deh…jikken dengan teman Jepang anda.


18. Cara menulis angka : 7 (tujuh). Kebiasaan orang Indonesia selalu menambahkan coret kecil di kaki angka 7 (mirip huruf "NU" katakana : ヌ). Di Jepang selalu dididik menulis 7 persis seperti huruf ketik (tanpa coretan nya orang Indonesia), jadi mirip huruf katakana "FU" (フ) atau "WA" (ワ).

sumber: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/12/keunikan-yang-hanya-ada-di-jepang.html

3 Produk Simulator dari jepang yang Aneh

Posted: 19 Mar 2013 02:00 AM PDT

1. Pop-Pop
Inget plastik yang untuk membungkus alat elektronik kecil yang ada bintil-bintil udaranya gak ?? Itu loh yang suka dipencet-pencet trus meletus dan bikin ketagihan. Kalo anda ketagihan, dan perlu bintil udara yang gak pernah abis bisa beli produk ini, Soalnya setelah meletus bisa balik lagi kebentuk semula untuk dimeletusin lagi


2. Endless Can
Suka rasanya ngebuka kaleng minuman ??? Ini ada produk untuk anda yang ketagihan ngebuka kaleng, soalnya setelah dibuka bisa dikembalikan lagi kebentuk semula supaya bisa di buka lagi



3. Peri-Peri
Suka rasanya ngebuka amplop, ini adalah alat yang simulasiin ngebuka amplop


 


sumber

Beberapa jenis makanan dari Jepang

Posted: 19 Mar 2013 01:00 AM PDT

Onigiri
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Di Indonesia, Onigiri bisa dijumpai di bagian makanan Jepang toko swalayan terkemuka dan di restoran yang menyediakan makanan Jepang. Di negeri Tiongkok, Onigiri dikenal dengan nama fàntuán



Sushi
Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).


Ochazuke
Ochazuke atau chazuke adalah nama makanan Jepang atau cara makan berupa nasi putih dengan lauk sekadarnya yang dituangi air teh hijau, dashi atau air panas. Yūzuke adalah sebutan lain untuk nasi yang dituangi air panas.

Lauk diletakkan di atas nasi sebelum dituangi air teh (teh hijau atau hōjicha), dashi atau air panas. Lauk yang digunakan misalnya umeboshi, tsukemono, shiozake, nori, tsukudani, shiokara, wasabi, tarako (mentaiko).

Ochazuke merupakan makanan pengisi perut misalnya di antara dua waktu makan atau sewaktu masih lapar sebelum tidur. Di rumah makan tradisional atau di pemandian air panas, tamu sering ditawari ochazuke untuk menetralkan rasa pada mulut sehabis menikmati makanan mewah yang enak-enak.


Donburi
Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.


Mochi
Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun.



Dango
Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.

Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.


Sashimi
Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja.

Tsuma adalah sebutan untuk bahan makanan penyerta yang bisa berupa lobak yang dipotong panjang-panjang dengan ukuran sangat halus, daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.

Sashimi juga berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan Konnyaku dan kembang tahu yang disebut Yuba.

Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.


Nabe
Nabe adalah jenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Sambil dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan makanan dihidangkan di atas meja makan langsung bersama pancinya.

Masakan nabe termasuk jenis masakan steamboat yang dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus yang duduk mengelilingi panci berisi hidangan utama. Makanan diambil sendiri dari panci oleh orang ingin memakannya, dan dipindahkan ke mangkuk milik sendiri sebelum dimakan. Selain disebut Naberyōri, makanan jenis ini juga disebut Nabemono. Makanan ini populer sebagai makanan musim dingin di Jepang.

Sebelum zaman Edo, orang Jepang memiliki budaya makan "satu orang satu nampan". Pada waktu itu, masakan nabe dihidangkan untuk satu atau dua orang. Pada zaman Meiji, masakan nabe menjadi begitu populer, terutama masakan nabe daging sapi yang disebut gyūnabe.


sumber: kaskus.us

Arti Membungkuk di Jepang

Posted: 19 Mar 2013 12:00 AM PDT

Cara membungkukkan badan yang tepat merupakan bagian dari etika pergaulan yang penting di Jepang. Presiden Barack Obama terlihat kikuk ketika dia berusaha menjabat tangan Kaisar Akihito sekaligus membungkukkan badan.


Sebagian media Amerika Serikat yang anti-Obama dengan gencar mengkritik dengan mengatakan sang presiden melanggar protokol atau malah terlalu menyembah.


sukague.com
Menurut guru besar Studi Asia di Universitas Temple di Tokyo, Jeff Kingston, di Jepang sendiri tidak ada yang tersinggung dengan tindakan Obama. Media Jepang malah memberitakan kasus ini sebagai aspek kehidupan Amerika yang sulit dipahami.

Cara membungkukkan badan kembali menjadi berita ketika perusahan otomotif Toyota meminta maaf atas penarikan mobil-mobilnya.Dalam keterangan kepada media 5 Februari lalu, presiden Toyota Akio Toyoda meminta maaf dengan membungkuk sedikit seperti halnya kalau orang Jepang bertemu tetangga secara tidak sengaja di depan rumah.

Padahal dalam dua minggu sebelumnya dia tidak tampil sama sekali pada saat perusahaannya menghadapi banyak keluhan soal rem dan pedal gas sehingga membuat saham perusahaan jatuh 20%. Jelas bahwa cara Toyoda membungkukkan badan tidak memenuhi harapan masyarakat.

Media Jepang
Media Jepang yang biasanya sopan, secara blak-blakan mengatakan sikap Toyoda itu terlambat dan tidak memadai. Di Jepang, semakin dalam orang membungkuk dan semakin lama dia membungkuk berarti seakan dia menunjukkan penghormatan atau penyesalan.

Dengan hanya membungkuk sedikit dan sesaat, sikap yang ditunjukkan adalah seperti seseorang yang menjadi sasaran kemarahan atasan. Sedangkan membungkukkan bahu dan langsung pergi menunjukkan isyarat seperti anak kecil yang baru dimarahi.

Sementara sikap membungkuk berkali-kali sampai ke pinggang disertai permohonan maaf terjadi dalam keadaan ekstrim seperti montir yang merusak mobil konsumen tetapi masih meminta bayaran besar.Tetapi secara umum membungkukkan badan di Jepang merupakan isyarat tubuh yang berulang kali dilakukan bahkan tanpa sadar dalam interaksi dengan semua orang.

Budaya Zen
Ketika tampil untuk kedua kalinya di depan media tanggal 9 Februari, Akio Toyoda membungkukkan badan lebih dalam dan lebih khidmat. Tetapi dalam konferensi pers, raut muka Toyoda kelihatan sangat suram, padahal pertemuan itu dimaksudkan untuk meredam kritik terhadap perusahaannya. Dia tampak tidak nyaman menghadapi berbagai pertanyaan kritis terhadap kinerja mobilnya.

Toyoda menjadi pemimpin tertinggi Toyota karena kakeknya adalah pendiri perusahaan itu. Dia seorang pemalu dan tidak suka tampil di depan umum seperti misalnya CEO Apple, Steve Jobs.

Di samping itu, dia berasal dari kebudayaan Zen yang mengedepankan sikap diam dan tabah, yang lebih mementingkan tindakan daripada ucapan. Dengan sikap tenang dan serius dia ingin menunjukkan tekad untuk memulihkan kehormatan keluarganya dan mengembalikan kepercayaan konsumen. Kemudian di akhir konferensi pers, dia membungkukkan badan dengan cara yang menunjukkan penyesalan dan ketulusan. 


Jenis-Jenis Senjata Tradisional Jepang

Posted: 18 Mar 2013 11:00 PM PDT

senjata tradisional jepang begitu banyak kita saksikan di televisi dan mungkin yg kita ketahui hanya samurai dan senjata rahasia mereka, tapi ternyata ada berbagai macam jenis senjata di jepang yang hingga kini masih digunakan dan terkenal lewat film2 dan komik jepang seperti naruto, satria baja hitam dan sebagainya.

katana
katana (刀) adalah pedang panjang jepang (daitō, 大刀), walaupun di jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana adalah kunyomi (sebutan jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai jepang.
Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shōtō, bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas satria.


wakizashi
wakizashi (bahasa jepang: 脇差) adalah pedang jepang tradisional dengan panjang mata bilah antara 30 dan 60 sentimeter (antara 12 hingga 24 inci), serupa tetapi lebih pendek bila dibandingkan dengan katana yang sering dikenakan bersama-sama. Apabila dikenakan bersama, pasangan pedang ini dikenali sebagai daisho, yang apabila diterjemahkan secara harafiah sebagai "besar dan kecil"; "dai" atau besar untuk katana, dan "sho" untuk wakizashi.
Wakizashi digunakan sebagai senjata samurai apabila tidak ada katana. Apabila memasuki bangunan suci atau bangunan istana, samurai akan meninggalkan katananya pada para pengawal pada pintu masuk. Namun, wakizashi selalu tetap dibawa pada setiap waktu, dan dengan itu, ia menjadi senjata bagi samurai, serupa seperti penggunaan pistol bagi tentara.


naginata
naginata (なぎなた, 薙刀) adalah senjata kelas tombak yang secara tradisional digunakan di jepang oleh para anggota samurai. Sebuah naginata terdiri dari pegangan tongkat kayu dan golok melengkung pada ujungnya, senjata ini sama dengan yang dipegang oleh guan yu dalam sejarah china.
Ilmu beladiri yang menggunakan naginata disebut naginata-jutsu.


kama
kama (鎌 or かま) adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, kama pada awalnya digunakan untuk pertanian.

Senjata kama biasa digunakan sepasang, senjata ini merupakan salah 1 senjata utama ninja, tetapi pada ujungnya dipasang gada/rantai, disebut kusari-gama.


kusari gama
kusari-gama adalah kama ( lihat diatas ), tetapi memiliki rantai yang diikatkan dengan senjata tajam ( gada, pedang kecil, dll )


sai
sai (釵) adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, juga digunakan di india, china, indonesia dan malaysia. Sai adalah senjata yang berbentuk seperti trisula.
Sai pada awalnya adalah alat pertanian.


shuriken
shuriken (手裏剣;"hand hidden blade") adalah senjata tradisional jepang yang pada umumnya digunakan untuk dilempar ke lawan, dan kadang digunakan untuk menusuk dan memotong arteri lawan. Shuriken dibuat dari jarum, pisau, dan bahan logam lain. Shuriken adalah senjata yang paling sering digunakan setelah katana dan naginata.
Ilmu beladiri yang menggunakan shuriken disebut shuriken-jutsu, shuriken-jutsu pada dulunya diajarkan di perguruan ninja.
Shuriken dikenal dengan sebutan "bintang ninja"


kunai
kunai adalah senjata lempar tradisional jepang, muncul pada era kaisar tensho. Kunai pada umumnnya dibuat dari besi, bukan baja/metal lain, dibuat dengan murah dan tidak di-polish. Kunai biasanya berukuran 20-60cm, dan rata-rata 40 cm.
Kunai pada dulunya adalah alat untuk berkebun dan alat bagi para pekerja batu.
Kunai dipercaya sebenarnya bukan senjata yang didesain untuk dilempar, tetapi dapat dilempar dan menghasilkan daya hancur yang lumayan.


 

sumber


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar