Rabu, 22 Mei 2013

10 Fakta Penting Tentang Anak dan Musik

10 Fakta Penting Tentang Anak dan Musik


10 Fakta Penting Tentang Anak dan Musik

Posted: 22 May 2013 09:00 AM PDT

Musik mencerdaskan anak. Pasti pernyataan yang satu ini sudah tidak asing di telinga agan-agan sekalian. Tapi, mungkin anda bertanya-tanya,bagaimana persisnya musik bisa mencerdaskan anak?,berikut informasi yang bisa memuaskan keingintahuan agan semua.

 
 
Fakta #1 :
Tiap anak terlahir dengan naluri musik
Sebenarnya, anak sudah mengenal musik sejak di dalam kandungan. "Degup jantung mama saja sudah bagaikan alunan musik perkusi di telinga janin, " kata Chepy Soemirat, Seminator Musik Ensemble dari Yamaha Musik Indonesia, Jakarta, yang biasa melatih musik para guru sekolah dasar di pelosok Nusantara. Ya, di sekitar bulan ke-4 kehamilan, janin sudah mampu mendengar 'musik' didalam tubuh mama. Menginjak bulan ke-7, organ pendengaran si kecil kian berkembang dan ia mulai mengenali berbagai suara, termasuk yang di dengarnya dari luar.

 
 
Fakta #2 :
Mama, guru musik pertama si kecil
Meski darah musik mungkin tidak mengalir dalam diri anda, anda tetap menjadi 'guru musik' pertamanya. Senandung lembut saat membuai si kecil, atau lagu riang yang anda nyanyikan saat bermain dengannya, semua ini berperan besar dalam mengasah naluri musik anak. Jadi, Anda bisa memperkenalkan musik sedini mungkin, tanpa harus menunggu sampai anak cukup besar untuk mengikuti pendidikan musik. "Sebagai role model, orang tua memegang peranan utama. Jika Anda cinta musik, anak akan lebih sering memperoleh stimulasi dari lingkungannya," jelas Rustika Thamrin, Psi., CPHR, CBA, psikolog anak dan keluarga dari Brajawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.

 
 
 Fakta #3 :
Musik menyehatkan !
Para periset menemukan musik atau bahkan senandung mama bisa membantu bayi prematur menambah berat badan dan lebih cepat keluar dari rumah sakit. Tak heran, unit perawatan neonatal intensif (NICU) di beberapa rumah sakit rajin memutarkan musik bagi bayi prematur. Hal serupa juga terbukti dari sebuah studi di Jerman yang dilakukan terhadap 100 bayi yatim piatu dengan kondisi kesehatan buruk. Mereka diasuh oleh para pengasuh dengan sentuhan, stimulasi musik melimpah, serta intonasi suara yang naik turun. Hasilnya? Kesehatan mereka membaik hingga 100%. Sementara pada orang dewasa, musik pun dikenal bisa menurunkan tekanan darah dan membuat degup jantung lebih teratur.

 
 
 Fakta #4 :
Musik baik untuk otak
Baik dalam kandungan, semasa bayi maupun kanak-kanak, musik membantu sel-sel syaraf otak membentuk berbagai koneksi yang bisa membantu kita memahami bahasa. Mark Tramo M.D., medicalneurobiologist dari Harvard Universit, Amerika, menjelaskan, "Dalam otak manusia, jutaan sel syaraf membentuk sirkuit atau jaringan, yang menjadi aktif saat kita mendengarkan musik. Sirkuit-sirkuit ini berhubungan dengan daya ingat, perhatian, emosi, kontrol motorik, dan kemampuan berbahasa."
Musik juga menyeimbangkan kedua belahan otak : belahan kiri (memungkinkan kita untuk berjalan dan berbicara) dan belahan kanan (memungkinkan kita melakukan hal-hal kreatif). Bermusik mengaktifkan kedua belahan ini, dan belum ada aktivitas lain yang memberi efek serupa!
MEMILIH ALAT MUSIK
Alat musik yang 'ramah' bagi balita adalah electone. Mengapa? Tuts-nya sesuai kekuatan otot jari si kecil. Juga, electone memiliki jangkauan nada yang luas dan dua tingkat keyboard, sehingga anak bisa belajar membedakan suara melodi dan harmoni dengan jelas.
Menjelang usia enam tahun, saat otot-otot tangan dan kakinya sudah lebih kuat, Anda bisa mulai mengenalkan anak pada piano, biola, gitar, atau bahkan drum, tergantung pada minatnya.
Sikecil berminat pada alat musik tiup? Saat ia berusia sekitar tujuh atau delapan tahun, mulai perkenalkan pada recorder atau suling. Ketika usianya sudah cukup dan kemampuannya berkembang, anak bisa melanjutkan dengan alat musik tiup lain seperti flute, saksofon, klarinet, dan semacamnya.

 
 
 Fakta #5 :
Anak lebih peka berkat musik
Selain menyehatkan dan 'mengasah' otak, musik juga bisa berguna untuk menunjangsi kecil dalam mengenali emosi. Sebuah studi di Ohio, Amerika, menemukan anak-anak dari berbagai usia bahkan yang tidak berlatar belakang musik, mampu mengenali 'emosi'yang terkandung dalam musik. Tak hanya itu, musik bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan sosial anak kelak. Melalui musik, anak diajak mengikuti ritme. Hal ini akan menstimulasi otak kiri, yang banyak terkait dengan kemampuan mengikuti aturan. Dan saat anak bermain dan bergerak sesuai iringan musik, kepekaannya terhadap 'aturan tak tertulis' bisa lebih terasah, tentu saja ini akan banyak manfaatnya saat ia terjun ke tengah masyarakat kelak.

 
 
Fakta #6 :
Pendidikan musik bisa dimulai sejak usia balita
Sejak usia tiga tahun, anak sudah mulai mengikuti kelas persiapan untuk belajar musik (tahap pengenalan). Pada usia ini kemampuan pendengaran anak berkembang dengan pesat, dan pengalaman bermusik akan terekam sebagai memori menyenangkan, kepekaan anak terhadap beragam nada dan suara pun terasah. Jadi, kemampuan musik si kecil tertanam dengam sendirinya, ujar Lichin Harty, Chief Instructor Junior Music Course, Yamaha Musik Indonesia.

 
 
Fakta #7 :
Musik, penyaluran stres yang positif
Bermain musik bisa menjadi sarana penyaluran stres yang positif bagi anak."Tekanan yang dihadapi anak kini semakin berat. Jika anak bisa bemain musik, ia mempunyai acar melampiaskan stres yang jauh lebih baik daripada bermain video game, misalnya, " kata Rustika, psikolog yang juga mama tiga anak. Tak ada salahnya pula jika Anda mengimbangi kegiatan bermusik anak dengan kegiatan lain yang bersifat teamwork, seperti paduan suara, bemain futsal, atau olahraga kelompok lainnya.

 
 
Fakta #8 :
Bakat bukan segalanya
Bakat musik yang diturunkan ternyata hanya menentukan 20% keberhasilan anak. Sisanya?
Lingkungan keluarga berperan. Anak yang berbakat belum tentu bisa menonjol jika musik jarang di perdengarkan di rumah. Sebaliknya, anak yang tidak punya darah musik di keluarga bisa saja mengembangkan naluri musik yang peka, jika orang tuanya rajin memberi stimulasi sejak kecil. Dan ingat, 90% kunci keberhasilan bermusik adalah latihan. "Umumnya anak hanya bertemu guru satu jam dalam seminggu. Jadi, latihan rutin di rumah penting. Sebentar saja sekitar 15-20 menit sehari, "jelas Lichin.

 
 
Fakta #9 :
Musik harus dipelajari dalam suasana menyenangkan
Belajar dalam suasana menyenangkan akan membuka sistem limbik. Sistem limbik adalah semacam 'pintu', agar informasi dapat mencapai bagian otak yang bernama cortex cerebri.
Cortex Cerebri, yang volumenya meliputi 80% dari otak, adalah tempat penyimpanan daya ingat jangka panjang serta tempat berlangsungnya proses analisa berfikir. Itu sebabnya rata-rata kelas musik untuk balita berusaha menarik minat anak dengan aneka kegiatan seperti mendengar, bernyanyi, dan membaca. Dengan begitu, si kecil akan makin bersemangat bermusik.

 
 
Fakta #10 :
Partisipasi orang tua menentukan keberhasilan
Pada kelas musik untuk balita, biasanya orang tua diminta mendampingi sebagai partner belajar anak. Mengapa? Keterlibatan orang tua sangat penting dalam kemajuan pendidikan musik anak. Bangkitkan semangat berlatih si kecil dengan menemaninya berlatih dan memberi perhatian pada perkembangannya. Jangan lupa, sering-sering beri pujian atas usaha dan pencapaiannya! 
 
 
 

13 Pulau Dengan Bentuk Yang Aneh di Planet Bumi

Posted: 22 May 2013 08:00 AM PDT

Inilah 13 Pulau Dengan Bentuk Yang Aneh di Planet Bumi :

 
Pulau Denmark digambarkan di sini adalah Æbelø di laut Kattegat, lepas pantai utara Funen (pulau terbesar ketiga Denmark). Dengan bentuk segitiga dan panjang 'ekor', pulau ini benar-benar terlihat seperti ikan pari. Dan awan yang di atas pulau tak mau ketinggalan, berusaha untuk meniru bentuk pulau itu!

 
Kayak bumerang gan. .tepat di tengah Laut Cina Selatan! Jika Anda ingin menemukannya, Anda memiliki kesempatan baik untuk melakukannya dalam penerbangan dari Manila ke Kuala Lumpur - sekitar 45 menit setelah lepas landas. Atol merupakan bagian dari Kepulauan Spratly - sebuah kepulauan yang terdiri dari 750 pulau dan terumbu karang. dan bentuk bentuk mereka bergantung pada musim dan aliran arus, Anda mungkin akan menemukan bentuk yang berbeda pada musim yang berbeda.

 
Seperti yang dapat dilihat dari Foto yang diambil oleh Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) satelit Terra NASA pada tahun 2002, pulau terbesar di Kepulauan Galapagos, Pulau Isabela, tampak seperti kuda laut. Pulau ini juga sangat tua, terbentuk oleh letusan gunung berapi yang terjadi jutaan tahun lalu. Jika Anda melihat dekat, Anda akan melihat tiga kawah dari gunung berapi yang menciptakan pulau itu.

 
Kayak lumba-lumba gan padahal ini terumbu karang pulau yang terletak di lepas pantai utara Pulau Flores, Indonesia. Tampak seolah-olah bentuk pulau terinspirasi oleh lumba-lumba yang mungkin telah berenang di sekitarnya. Cukup menakjubkan!

 
Dijelaskan oleh NASA sebagai "sparkl [ing] seperti permata hijau melawan biru safir perairan Samudera Hindia dan Flores, Banda, Sawu, dan Laut Timor," Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia ini tetap indah meskipun dilihat dari jarak yang sangat jauh, seperti ruang angkasa. Tapi, di tengah-tengah mereka, ada satu karakter benar-benar aneh. Dapatkah Anda melihat kepala yang besar, mata serta mulut yang terbuka dari figur kartun ini?

 
Kayak paru-paru lengkap dengan trakea dan bronkus (yang adalah jalan) ! Pulau kecil ini memiliki vegetasi yang subur, menjadikan pulau itu benar benar sebagai 'paru-paru hijau'. Inikah yang menarik minat pemilik untuk membangun villa mewah dengan kolam renang dan lapangan tenis dia pulau di Florida Keys ini? Tentu saja tidak!

 
Kayak mata manusia gan, lengkap dengan retina dan iris, dapat ditemukan di Maladewa. Atau, jika ditambahkan dengan motif laut, mungkin seperti ubur-ubur raksasa. Sebenarnya, tentu saja, ini adalah terumbu karang atau, menurut sang fotografer, ini adalah kelahiran sebuah pulau.

 
Pulau di Kepulauan Scilly, lepas pantai Cornwall ini mungkin mirip dengan sebuah pohon, dengan batang, cabang, daun, dan bahkan tanah dan akar pada dasarnya

 
'Lover Island' terletak dilepas pantai Kroasia, adalah salah satu dari beberapa bentuk jantung alami di Bumi. Sebenarnya pulau ini disebut Galešnjak, yang adalah sebuah pulau milik pribadi yang terletak di Laut Adriatik, dekat dengan kota Turanj. Penuh tanaman liar dan pohon, pulau yang "tertidur" ini menjadi perhatian dunia karena bentuknya yang tidak biasa, pada Februari 2009, ketika gambar pulau ini dipublikasikan oleh Google Earth.


 
Pulau Manukan, Mamutik dan Sulug di Malaysia yang anggun secara bersama sama membentuk smiley, yang tersenyum menyambut pengunjung yang cukup beruntung untuk melihat mereka dari udara.

 
Yang ini kayak sebuah sel sperma raksasa berenang kesepian di laut yang biru  .Foto Pulau ini diambil saat penerbangan antara Eropa dan Jepang. Dan sang fotografer tidak mengetahui pulau apa ini.


 
Foto ini menunjukkan Huvahendhoo Island, salah satu dari banyak pulau di Maladewa. Mirip dengan topeng karnaval Venesia, dengan ornamen mata yang berbeda. Maladewa, seperti indonesia, adalah sebuah harta karun nyata ketika kita ingin mencari pulau-pulau dari segala bentuk dan ukuran. Ada total 1.190 pulau karang dikelompokkan dalam rantai ganda dari 26 atol, yang berarti ada banyak pilihan. Maladewa adalah negara kepulauan yang tersebar di sekitar 90.000 km persegi - membuatnya menjadi salah satu negara yang paling tersebar didunia.

 
Pulau berbentuk wortel ini juga salah satu pulau di Maladewa, yang seakan akan menunggu kelinci raksasa untuk memakannya. 



10 Pegunungan Tertinggi Dalam Sistem Tata Surya

Posted: 22 May 2013 07:00 AM PDT

Tahukah Anda bahwa banyak sekali tempat-tempat tertinggi di muka Bumi. Salah satunya adalah gunung ataupun pegunungan yang menjulang tinggi bahkan bukan hanya tertinggi di Bumi namun juga merupakan salah satu yang tertinggi dalam sistem tata surya kita. Di tata surya juga terdapat tempat-tempat tertinggi berupa pegunungan yang lebih tinggi dari gunung-gunung di planet Bumi. Gunung diluar planet kita umumnya tercipta akibat benturan batuan meteor yang sangat besar sehingga menciptakan kawah yang dalam dan disisi lain menciptakan gunung yang sangat tinggi.

Berikut ini Saya berikan informasi 10 pegunungan tertinggi di dalam tata surya kita dan beberapa diantaranya ada di planet Bumi.

10. Makalu
 
Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia yang tingginya 8481 m di atas permukaan laut dan terletak di perbatasan Nepal dan China. Gunung Makalu memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest. Upaya pertama untuk mendaki gunung dimulai pada tahun 1954. Namun, pendakian yang sukses pertama kali berhasil dilakukan pada tahun 1955 oleh tim ekspedisi Perancis yaitu Lionel Terray dan Jean Couzy.

9. Lhotse
 
Lhotse terletak di perbatasan Cina dan Nepal dan terhubung ke Gunung Everest melalui wilayah selatan gunung yang tingginya 8516 m di atas permukaan laut. Sangat sulit untuk mendaki gunung ini karena berkali-kali dilakukan namun selalu menemui kegagalan. Pendakian puncak utama Lhotse pertama kali dilakukan pada tahun 1956 oleh sebuah tim ekspedisi Swiss, Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger. Puncak Lhotse bagian Tengah tetap menjadi titik tertinggi di Bumi untuk didaki, sampai 2001 ketika Ekspedisi Rusia akhirnya berhasil melakukan pendakian pertama.

8. Kangchenjunga
 
Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga dunia dengan ketinggian 8586 m di atas permukaan laut, Kangchenjunga terletak di perbatasan India-Nepal di wilayah Himalaya. Terdapat lima puncak gunung yang disebut "The Five Treasures of Snows". Upaya awal mencapai puncak gunung dimulai pada tahun 1848. Namun pada tahun 1955 Joe Brown dan George Band baru berhasil melakukan pendakian pertama. Wilayah Gunung Kangchenjunga terdapat di empat negara yaitu Cina, India, Nepal dan Bhutan.

7. K-2
 
K-2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia. K-2 atau Godwin Austin memiliki ketinggian puncak 8611 m di atas permukaan laut dan terletak di barat laut wilayah Karakoram. Dikenal sebagai gunung yang buas karena tingkat kematian yang tinggi saat dilakukan pendakian. K-2 terletak di perbatasan Cina dan Pakistan. Karena hampir tidak mungkin untuk melakukan pendakian K-2 dari wilayah China, maka banyak pendaki gunung melakukannya dari wilayah Pakistan. Satu fakta menarik tentang K-2 adalah bahwa tidak ada yang pernah mencoba untuk mendaki puncak selama musim dingin karena sangat berbahaya.

6. Gunung Everest
 
Gunung Everest adalah gunung tertinggi di bumi yang terdapat di pegunungan Himalaya timur antara Nepal dan Tibet. Gunung Everest adalah sebuah gunung kapur muda yang belum terkena oleh erosi dan memiliki dua puncak, salah satunya mencapai ketinggian 8848 m. Everest selalu tertutup salju kecuali bagian yang terkena angin kencang. Banyak terdapat gletser yang meningkat dekat dasar Gunung Everest. Everest adalah nama yang diberikan pada gunung ini tahun 1865 untuk menghormati Sir George Everest, seorang surveyor Inggris di India yang menemukan lokasi gunung dan memperkirakan ketinggian gunung. Dalam bahasa Tibet diberi nama Chomolungma yang artinya "ibu dewi dunia".

5. Mauna Kea
 
Mauna Kea adalah gunung berapi aktif terbesar yang terletak di sebelah utara Pulau Hawaii, sekitar 43 km barat laut dari Hilo. Ketinggiannya 4205 m di atas permukaan laut, Mauna Kea menghujam ke wilayah laut sedalam 5547 km ke arah dasar laut. Jadi, jika dihitung dari dasar laut ke puncak gunung maka Mauna Kea adalah yang tertinggi di Bumi. Terakhir kali Mauna Kea aktif lebih dari 4000 tahun yang lalu. Pada puncaknya terdapat salju yang mengerucut dan biasa digunakan untuk bermain ski serta wilayah ini termasuk dalam situs Observatorium Mauna Kea yang merupakan observatorium astronomi tertinggi di dunia. Pada lereng bagian atas gunung terdapat gua tempat orang Hawaii kuno menggali basal untuk membuat peralatan. Lereng bawah gunung biasa digunakan untuk peternakan sapi dan perkebunan kopi. Gunung ini dianggap dalam legenda Hawaii sebagai rumah dari Dewi Poliahu, dewi api Mauna Kea.

4. Pegunungan Maxwell
 
Maxwell adalah titik tertinggi di permukaan planet Venus yang tingginya 11.000 m. Terletak di dataran tinggi utara Ishtar Terra, yang asal usulnya berasal dari sabuk pegunungan yang masih kontroversi mengenai awal mula terbentuknya. Maxwell ditemukan pertama kali pada tahun 1967 oleh para ilmuwan di Radio Telescope Amerika Arecibo di Puerto Rico. Gunung ini dinamai setelah matematikawan dan seorang dokter bernama James Clerk Maxwell yang bekerja menggunakan gelombang radio yang dibuat oleh radar dan akhirnya dapat megeksplorasi wilayah permukaan Planet Venus.

3. Pegunungan Boösaule
 
Boösaule dikenal sebagai gunung tertinggi non-vulkanik dari sistem Tata Surya. Gunung ini terletak di Io, satelit terbesar keempat Tata Surya dan merupakan satelit terdalam dari Planet Jupiter. Io secara geologi cukup menarik karena mengandung sekitar 400 gunung berapi aktif dan berisi lebih dari 150 gunung pada permukaannya. Gunung Boösaule adalah salah satu gunung yang terletak di barat laut Pele besar yang menakjubkan dan mencapai ketinggian 17.500 m. Gunung ini mendapat namanya dari sebuah gua pada Mitologi Yunani disaat Epaphus yang merupakan putra Dewa Zeus lahir.

2. Bubungan Khatulistiwa
 
Terletak di belahan bumi yang gelap dari satelit terbesar ketiga, Lapetus di Planet Saturnus, Bubungan Khatulistiwa terdapat di sepanjang belahan tengah yang terisolasi beberapa puncak setinggi 20 km. Bubungan Equatorial ini ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tanggal 31 Desember 2004. Pembentukan punggungan masih diperdebatkan para ilmuwan, namun telah disepakati bahwa bubungan kuno ini terbentuk karena permukaan yang berkawah-kawah. Tonjolan yang sangat mencolok dari punggungan ini membentuk satelit Lapetus seperti buah kenari.

1. Olympus Mons
 
Sejauh ini gunung tertinggi yang pernah ditemukan di tata surya kita adalah gunung Olympus Mons yang tingginya 24 km di atas sebuah dataran halus di Planet Mars. Tingginya sekitar tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest. Olympus Mons ditemukan saat penyelidikan ruang angkasa Amerika Serikat, Mariner 9, pada tahun 1971 ketika ia mengirimkan gambar empat gunung vulkanik besar. Perlu dikethui bahwa bagian perisai dari Olympus Mons ukurannya sama dengan gunung Mauna Kea di Bumi. Ketinggian yang luar biasa dari Olympus Mons berakibat tidak adanya pergerakan lempeng tektonik yang memungkinkan gunung untuk tetap pada tempatnya. Lava gunung terus mengalir sampai mencapai ketinggian yang cukup. Dasar gunung terus menerus turun sedalam 2 km jauh ke arah kerak setiap tahunnya, hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang sangat besar menekan kerak Planet Mars.



8 Tempat Wisata Gratis di Melbourne Australia

Posted: 22 May 2013 06:00 AM PDT

Majalah The Economist menobatkan kota Melbourne di Australia sebagai kota ternyaman di dunia tahun 2011. Bisa dibayangkan, kota ternyaman pasti juga menuntut standar hidup yang tinggi. Imbasnya bagi wisatawan dari Indonesia adalah anggaran yang membengkak — baik untuk akomodasi, makan, maupun transportasi.

Namun, jangan sampai keinginan kita berkunjung ke sana sampai surut. Di bawah ini 8 objek wisata gratis di Melbourne yang dapat dikunjungi.

1. Trem City Circle
   
Trem adalah salah satu transportasi andalan kota ini, terutama di sekitar pusat kota. Untuk melayani wisatawan, pemerintah negara bagian Victoria telah menyediakan trem melingkari kota (city circle) gratis yang mengelilingi pusat bisnis dan pusat kota.

Rute trem ini adalah Flinders Street > Harbour Esplanade > Docklands Drive > La Trobe Street > Victoria Street > Nicholson Street > Spring Street > Flinders Street dan arah kebalikannya. Di dalam trem diberikan informasi objek-objek wisata yang dilewati. Saya merekomendasikan Anda yang baru pertama kali ke Melbourne untuk naik trem gratisan ini. Anda dapat menaiki trem di tempat-tempat yang bertanda "city circle". Sangat mudah.

2. Shrine of Remembrance
   
Monumen ini didirikan untuk menghormati prajurit yang bertempur di Perang Dunia I. Monumen ini dikelilingi oleh taman berumput dan pohon-pohon rindang. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dan mudah dicapai dengan trem. Lokasinya yang bagai taman terbuka membuat pengunjung dengan bebas keluar-masuk tempat ini.

3. Royal Botanic Gardens
   
Kebun Raya Melbourne ini terletak bersebelahan dengan Shrine of Remembrance dengan luas 36 hektare. Di sini ada lebih dari 50 ribu tanaman, dan banyak yang merupakan tanaman khas Australia. Di sini ada juga Children's Garden yang dibuat secara khusus agar anak-anak dapat bebas bermain dan belajar.

4. Parliament House
   
Gedung parlemen secara resmi digunakan oleh Dewan Negara Bagian Victoria. Terletak di pusat kota, tepatnya di Spring Street, sangat mudah untuk mencapainya dengan trem atau kereta api. Selama anggota dewan tidak sedang bersidang, Anda dapat mengikuti tur ke dalam gedung yang menjadi cagar budaya ini.

5. Southbank
   
Tidak mungkin Anda pergi ke Melbourne tanpa berjalan-jalan menyusuri Sungai Yarra. Seperti namanya, Southbank terletak di tepi sebelah selatan sungai, di mana kafe-kafe berjajar di sepanjang trotoar. Kalau Anda merasa harga makanan dan minuman di kafe-kafe tersebut terlalu mahal, jangan berkecil hati! Anda dapat membeli kopi dari kedai-kedai yang lebih murah dan menikmatinya di kursi-kursi taman yang banyak tersedia di sini.

6. Queen Victoria Market

Tidak ada tempat lain di Melbourne yang dapat menandingi Queen Victoria Market atau sering disebut VicMart untuk urusan berbelanja. Kalau Anda sedang tidak ingin berbelanja, jalan-jalan di pasar ini juga cukup menyenangkan, kok. VicMart menjual cenderamata, baju, sayur, buah-buahan dan sebagainya. Jangan heran kalau Anda bertemu penjual dari Indonesia, sebab mahasiswa yang bekerja paruh-waktu di pasar. Pasar ini tutup pada hari Senin dan Rabu.

7. Flinders Street Station

Stasiun kereta api ini adalah salah satu ikon budaya kota Melbourne. Stasiun yang dibangun pada tahun 1854 ini adalah stasiun yang paling banyak digunakan di kota ini. Terletak di sudut Flinders Street dan Swanston Street, stasiun ini melayani para komuter yang tinggal di pinggir kota yang bekerja di pusat kota.

8. Pantai St Kilda

Pantai ini juga salah satu ikon kota ternyaman di dunia ini. Pantai St Kilda hanya terletak sekitar 6 km dari pusat kota. Salah satu keunggulan dari pantai ini adalah taman-taman berumput dan pohon-pohon palem di sekitar pantai, jadi bila matahari terlalu terik Anda tinggal berteduh di bawah pohon sambil duduk di rerumputan
 
 
 

10 Katak Langka Yang Diduga Punah Tapi Ternyata Masih Hidup

Posted: 22 May 2013 05:00 AM PDT

Katak dikenal sebagai binatang amfibi yang dapat hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air. Dilansir dari situs National Geographic.com, dikatakan ada 10 jenis katak yang dicurigai telah punah dari bumi. Dan baru-baru ini dugaan itu terjawab, masih ada dua spesies yang masih hidup dan salah satunya berhabitat di Kalimantan Indonesia. Apa saja 10 spesies katak itu, berikut kami paparkan :

10.Katak Emas


Katak Emas. Katak ini terlihat terakhir kalinya di Costa Rica pada tahun 1989. Kehilangan katak ini
dimungkinkan karena kekeringan dan serangan jamur Chytrid. Untuk itu International Conservation dan International Union For Conservation of Nature (IUCN) melakukan penelitian untuk kembali menemukan katak emas ini.

9.Katak Lambung


Katak Lambung. Katak lambung ini adalah katak asli dari Australia. Memiliki nama ilmiah Rheobatrachus vitellinus. Katak ini sungguh unik karena katak betina akan menelan telur yang sudah dibuahi kedalam perutnya kemudian membesarkan sang anak di mulutnya, sehingga seolah-olah katak ini melahirkan anak dari mulutnya. Terakhir terlihat di tahun 1985. Diduga punah akibat serangan jamur Chytrid.

8.Katak Berparuh Mesopotamia


Katak Berparuh Mesopotamia. Terakhir terlihat di tahun 1914. Belum pernah ada yang mendokumentasikan melalui foto. Dicurigai masih hidup dan berhabitat terisolasi di Kolombia, untuk itu katak ini termasuk dalam daftar pencaharian oleh IUCN.

7.Katak Bolitoglossa jacksoni


Bolitoglossa jacksoni. Katak salamander yang dapat memanjat ini diduga telah hilang dari Guatemala dan terakhir terlihat di tahun 1975. Katak salamander yang mempunyai corak kulit kuning dan hitam pada punggungnya. Diduga menghilang karena peningkatan lahan pertanian dan pemukiman di Guatemala sehingga membuat wilayah hidupnya menghilang. Saat ini IUCN dan San Carlos University , Guatemala telah melakukan pencaharian besar atas katak salamander ini.

6.Katak Callizalus pictus laurent


Callizalus pictus laurent . Katak ini memiliki habitat di sekitar Kongo dan Rwanda. Memiliki badan sekitar 37 mm untuk jantan dan 43 untuk betina. Hidup di hutan bambu dataran tinggi Itombwe. Karena perubahan iklim yang sangat drastis membuat katak ini menghilang , dan terakhir masih dapat di lihat di tahun 1950.

5.Katak Rio Pescado


Katak Rio Pescado Stubfoot atau Atelopus balios. Dinyatakan menghilang karena terakhir terlihat di bulan april 1995. Diduga jamur Chytrid yang membuatnya menghilang dari peredaran binatang. Selain itu degrasi dan hilangnya tanah habitat makin menyulitkan kehidupan katak ini. Spesies Atelopus balios tinggal di bantaran sungai dan hutan hujan dataran rendah di barat daya Ekuador. Diperkirakan popolasinya menurun hingga lebih dari 80% selama tiga generasi ini. Namun pada September 2010 spesies ini kembali ditemukan Eduardo Toral-Contreras dan Elicio Tapia.

4.Katak Hynobius turkestanicus


Hynobius turkestanicus atau Turkestanian Salamander. Pengetahuan akan katak ini sangat minim. Diketahui hanya ada dua spesies sejak di tahun 1909. Kemungkinan memiliki habitat di Kyrgyzstan, Tajikistan atau Uzbekistan. Berdasarkan informasi dari Conservasi Internasional jenis katak ini memiliki fungsi sebagai hewan penjaga kebersihan ekosistem air tawar dan pengontrol kuman penyakit di air, sebagai salah satu kemungkinan sebagai obat penghilang rasa sakit bagi manusia.

3.katak scarlet


Atelopus sorianoi atau katak scarlet memiliki warna orange yang menyala di tubuhnya. Hidup di hutan terisolasi, Paramito de San Francisco, dekat kota Guaraque di barat daya Venezuela. Terakhir terlihat di tahun 1990.

2.Hula Painted Frog


Discoglossus nigriventer atau Hula painted frog memiliki habitat di dua daerah di pantai timur danau Huleh, Israel dan kemungkinan juga di daerah berdekatan Suriah. Status terakhir terlihat di tahun 1955. Dikatakan menghilang karena habitatnya di danau rawa-rawa Huleh pada tahun 1950an di kuras untuk membasmi nyamuk malaria dan tanah pertanian.

1.Katak Pelangi


Katak Pelangi Borneo atau Sambas Streaming Toad atau dikenal dengan nama ilmiah Ansonia latidisca. Terakhir terlihat di tahun 1950an. Habitatnya di pulau Kalimantan yaitu Gunung Damus, Kalimantan (Indonesia), dan Gunung Penrissen, di barat Sarawak (Malaysia). Katak ini memiliki badan yang panjang, berkulit kasar seperti berkerikil dan berwarna seperti pelangi antara merah cerah, hijau, kuning dan ungu. Menurut ahli amfibi Robin Moore katak ini beracun dan memiliki warna kulit cerah sebagai bentuk penyesuaian dengan menyamar seperti warna sekitarnya. Pencarian dilakukan oleh konservasi internasional dan Universitas Malaysia di hutan pengunungan Sarawak yang terletak antara wilayah Sarawak dan Kalimantan Barat. Dan ditahun 2011 ini katak itu telah ditemukan kembali . Dengan penemuan Katak Pelangi Borneo ini dapat mendorong penelitian di habitatnya dan penemuan lainnya.



7 Tujuan Wisata Terbaik Dunia Yang Gratis

Posted: 22 May 2013 04:00 AM PDT

Berjalan jalan gratis siapa yang tidak mau bukan, pastinya jiak kita berwisata di luar negri pasti selalu memakan biayaya yang sangat cukup besar namun kamau dapat menekan biayaa tersebut ternyata ada juga tempat wisata terbaik di dunia yang dapat kamu nikmati secara gratis nah kamu mau tahu tempat apa itu dan di mana aja tempatnya simak 7 Wisata Terbaik Dunia yang Gratis berikut ini. 

1. Gedung Parlemen, London

Gedung parlemen London yang terletak di kastil Westminster, yang juga merupakan rumah bagi jam besar "Big Ben" adalah sebuah bangunan dengan gaya neo-gothic dari pertengahan abad ke-19. Anda dapat melihat proses sesi parlementer di gedung ini secara gratis.

2. Seni Outdoor, Buenos Aires

 
Buenos Aires memiliki jalanan yang dipenuhi seni dari seniman seperti La Boca, Caminiti, dan Calle Lanin. Seni-seni ini tergambar di dinding-dinding bangunan sepanjang kota ini.

3. Basilika Santo Petrus, Vatican

 
Basilika Santo Petrus adalah sebuah basilika utama Katolik di Kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma. Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (meliputi area 23.000 meter persegi dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci umat kristen.

Konstruksi basilika dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626. Gereja ini dibangun oleh seniman kelas dunia yang legendaris, seperti Michelangelo, Raphael, Bramante, dan masih banyak lagi.


4. Museum Smithsonian, Washington DC, Amerika Serikat

 
Museum ini adalah museum terbesar di dunia yang terdiri dari 19 jenis museum dan tujuh pusat riset. Museum ini memiliki setidaknya 142 juta benda koleksi, yang berada di kompleks museum, seperti museum luar angkasa, museum sejarah amerika, museum sejarah nasional, museum zoologi, dan banyak lagi.

5. Notre Dame, Paris

 
Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité, Paris, Prancis, dengan pintu masuk utama di barat. Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap contoh terbaik arsitektur gothic Prancis.

6. Grand Bazaar, Istanbul

 
Grand Bazaar adalah pasar terbesar di dunia, yang dibuka sejak 1461. Pasar ini dibuka di 58 jalan, dengan lebih dari 4.000 pertokoan. Grand Bazaar merupakan tempat patut dikunjungi di Istanbul, yang menjual berbagai macam, mulai dari baju, makanan, hingga kerajinan tangan khas Turki.

7. Masjid Hassan II, Maroko
 
 Masjid Hassan II merupakan masjid terbesar kedua di dunia. Menara masjid setinggi 210 meter disebut sebagai menara masjid paling tinggi di dunia. Masjid yang memiliki kapasitas 25 ribu orang ini dibangun hanya dalam waktu enam tahun, mulai 1980 dan didesain oleh arsitek kebangsaan Prancis, Michel Pinseau.

Masjid Hassan II terletak di sebuah tanjung yang menghadap langsung ke Samudra Atlantik. Istimewanya, sebagian lantai masjid terbuat dari kaca sehingga umat Muslim yang beribadah atau sujud dapat melihat langsung isi laut. Wisatawan non-muslim dapat mengunjungi masjid ini dengan gratis, namun harus masuk bersama pemandu tur.
 
 
 

Tujuh Taman Bermain Terbaik di Dunia

Posted: 22 May 2013 03:00 AM PDT

TAMAN bermain berikut ini selain besar juga memiliki wahana-wahana menarik yang membuatnya menjadi taman bermain favorit dunia. Apa sajakah taman bermain itu?

1. Walt Disney World, Orlando, Amerika Serikat

Walt Disney yang terletak diOrlando, negara bagian Florida, Amerika Serikat ini merupakan taman bermain terbesar di dunia dengan luas 121,7 kilometer persegi dengan empat bagian taman bermain, dua taman air, 23 resor, camping ground, dua fasilitas spa dan fitness, lima lapangan golf, dan arena hiburan lainnya. Taman bermain dibuka pada 1 Oktober 1971 dan menjadikannya taman bermain dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia setiap tahunnya, setidaknya 16 juta pengunjung per tahun.

2. Everland, Korea Selatan


Everland merupakan taman bermain terbesar di Korea Selatan. Dengan jumlah pengunjung mencapai 8,6 juta setiap tahun, taman bermain ini menempati peringkat ke-10 sebagai taman bermain paling populer di dunia. Everland yang terletak di Yongin, Provinsi Gyeonggi-do ini memiliki sebuah kebun binatang dan taman air bertema Pulau Karibia. Selain itu, juga ada lima buah roller-coaster dan lima area bermain dengan tema-tema berbeda.

3. Tokyo Disneyland, Jepang

Disneyland yang berada di kota Tokyo, Jepang, merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat. Namun, atraksi dan wahana di dalamnya tidak kalah dengan Disneyland Amerika, bahkan hampir menyerupai Disneyland California.

Taman bermain seluas 465.000 meter persegi ini dibuka pada 15 April 1983 dan setidaknya setiap tahun jumlah kunjungannya mencapai 14,4 juta pengunjung, menjadikannya taman bermain yang paling sering dikunjungi di posisi ketiga dunia. Tokyo Disneyland memiliki lima area bermain dengan tema yang berbeda, yakni World Bazaar, Adventureland, Westernland, Fantasyland, dan Tomorrowland.

4. Seaworld San Diego, California, Amerika Serikat

Taman bermain hewan laut ini dibangun pada 1964 di San Diego, California. Seaworld San Diego yang luasnya 8,9 hektar ini memberikan kesempatan pada wisatawan untuk melihat lebih dekat hewan-hewan laut liar seperti lumba-lumba, beluga, paus, singa laut,dan juga beruang kutub. Selain itu, taman bermain ini juga memiliki atraksi roller coaster dan juga teater simulasi 4 Dimensi.

5. Blackpool Pleasure Beach, Inggris

Taman bermain ini merupakan taman bermain paling populer di Inggris, yang setiap tahunnya menarik jutaan pengunjung. Taman bermain yang terletak di kota tepi Pantai Blackpool ini memiliki empat wahana taman bermain air dan 10 roller coaster, termasuk roller coaster steel pepsi max big, yang tertinggi di Inggris.

6. Europa Park, Jerman
 
Taman bermain terbesar di Jerman ini memiliki 15 area taman bermain dengan tema-tema unik, yang beberapa diantaranya dinamakan dengan nama negara-negara Eropa. Europa Park yang terletak di kota Rust, sebelah barat daya Jerman ini merupakan taman bermain musiman, yang biasanya dibuka sebelum Paskah hingga awal November, kemudian dari November hingga minggu kedua Januari. Selain taman bermain, Europa Park juga memiliki perkemahan, guest house, dan empat buah hotel.

7. Port Aventura, Spanyol

 Port Aventura adalah sebuah taman bermain dan resor di Salou, Catalonia, Spanyol. Taman bermain ini terletak sekira 1 jam perjalanan dari kota Barcelona. Port Aventura adalah taman bermain terbesar di Spanyol yang setiap tahunnya dikunjungi tiga juta pengunjung, yang memiliki tiga wahana taman air dan enam roller coaster. 
 
 

10 Ubur-Ubur Paling Cantik dan Terindah di Dunia

Posted: 22 May 2013 02:00 AM PDT

Ubur-ubur berada dalam kelompok hewan Cnidaria dan di antara makhluk yang paling indah dan tidak biasa dari kehidupan air. Di bawah ini adalah sepuluh ubur-ubur yang paling indah dapat Anda temukan di lautan dunia.

1. Ubur-ubur Victoria (Aequorea Victoria)

Juga dikenal sebagai ubur-ubur kristal (crystal jellyfish), spesies ini tidak berwarna dan transparan dalam penampilan dan mendiami pantai barat Amerika Utara. Tentakel yang memiliki nematocysts yang membantu dalam menangkap mangsa. Telah digunakan dalam ilmu pengetahuan karena memiliki protein yang disebut GFP, yang bertanggung jawab untuk warna hijau neon biru ubur-ubur. Protein ini telah digunakan dalam percobaan ilmiah seperti menciptakan kelinci yang bersinar di bawah lampu hitam! GFP telah berguna dalam mempelajari proses-proses sel untuk memberikan wawasan dalam mendapatkan solusi untuk masalah kesehatan yang serius seperti Alzheimer.

2. Ubur-ubur Kotak Australia (Australian Box Jellyfish)

Ubur-ubur Kotak Australia adalah ubur-ubur yang paling berbahaya dan juga berjalan dengan nama Tawon Laut (Sea Wasp). Ubur-ubur Kotak Australia berbentuk kubus dan menakutkan dalam penampilan. Bergerak lebih cepat dari ubur-ubur yang paling dan sulit untuk melihat karena penampilan transparan. Mereka memiliki penampilan mutan karena beberapa bola mata pada perut mereka. Ubur-ubu Ini adalah makhluk yang paling beracun dari laut karena konsentrasi tinggi dari nematocysts dan dapat membunuh puluhan manusia dengan racunnya. Dan karena penampilan mereka transparan dan menyengat mereka tidak mudah terdeteksi, mereka disebut sebagai "pukulan pengisap" laut ("sucker punch" of the sea).

3. Bathykorus Bouilloni (Bathykorus Bouilloni)

Bathykorus Bouilloni adalah ubur-ubur laut yang mendiami Kutub Utara tersebut. Ia pertama kali ditemukan sepuluh tahun yang lalu dan tidak banyak yang diketahui tentang hal itu. Banyak perhatian telah terfokus pada hal itu iuran untuk penemuan dan karena kemiripannya mencolok untuk Darth Vader. Ia memiliki empat tentakel sekunder primer dan empat. Setiap kuadran memiliki tiga kantong manubrial interradial. Ini memegang keluar tentakel beracun di depannya seperti berenang, ini menjadi strategi berburu mangsanya. Mereka memiliki sedikit, non-kontraktil tentakel. Mereka memiliki sumbu yang tidak biasa pembangunan dari larva menjadi dewasa.

4. Ubur-ubur Kosta Rika (Costa Rican Jellyfish)

Nama lain dari Ubur-ubur ini adalah Stauromedusae, nama yang sesuai karena penampilan aneh nya. Ini adalah berbagai mengintai ubur-ubur. Tubuh mereka adalah tubuh berbentuk terompet. Mereka adalah ubur-ubur yang unik karena mereka tidak memiliki pergantian fase polip dan medusa siklus hidup dan berkembang sebagian besar langsung ke bentuk dewasa. Mereka ditemukan di perairan Kosta Rika, yang cenderung cukup panas dan memiliki kedalaman lebih dari 8000 meter di bawah permukaan laut. Mereka umumnya berbeda dari ubur-ubur lain karena mereka cenderung merah muda warna gelap.

5. Ubur-ubur Topi Bunga (Flower Hat Jelly)

Ubur-ubur ini adalah spesies langka dan umumnya dalam ukuran kecil dengan lebar hanya sekitar enam inci. Hal ini juga dikenal sebagai Formosa Olindias dan sangat mencolok dengan nuansa warna ungu dan oranye. Ia memiliki penampilan memiliki topi bunga neon pink di kepalanya. Hal ini karena tentakel, ketika tidak digunakan, kumparan dan menempel pada pelek. Ia memiliki sengatan yang menyakitkan tetapi non-mematikan untuk manusia. Hal ini terutama memakan ikan kecil menangkap mangsanya dengan menyuntikkan racun dari sel-sel sengatnya tentakel. Ini mendiami Brasil, Argentina dan perairan Jepang.

6. Ubur-ubur Tentacles berkaki panjang (Foot Long Tentacles Jellyfish)

Ubur-ubur ini diyakini dua belas inci panjang dan mendiami perairan beku di bawah es Antartika Barat dan dunia saham mirip seperti ubur-ubur Kosta Rika yang mendiami perairan yang sangat dingin sekitar 600 derajat. Tubuhnya yang lembut, licin dan tabung berbentuk. Warna Ubur-ubur ini adalah coklat, coklat kemerahan sampai oranye, dengan bintik-bintik putih khusus pada kaki mereka. Ia menggunakan sel berbisa dalam tentakel menyengat untuk mempertahankan diri terhadap ancaman yang mungkin. Ini bisa menjadi hewan peliharaan sulit untuk merawat karena membutuhkan banyak cahaya dan akuarium besar untuk mengakomodasi ukurannya.

7. Ubur-ubur Bulan (Moon Jellyfish)

Nama lain dari Ubur-ubur ini adalah Aurelia aurita, Saucer Jelly atau Common Jelly. Hal ini umumnya dikagumi karena fitur-fiturnya mencolok dan indah. Ubur-ubur ini adalah salah satu ubur-ubur yang paling umum yang paling dikenal. Ia memiliki gerakan ajaib berdenyut. Ini telah banyak dijelaskan, salah satu deskripsi makhluk yang memiliki medusa tembus sekitar 25-40 cm, dan memiliki fitur unik dari empat berbentuk tapal kuda gonad mudah diamati melalui bagian atas lonceng. Hal ini terutama memakan Medusae, plankton dan moluska. Ubur-ubur ini meninggal secara alami dalam beberapa bulan setelah mereproduksi, membuat siklus hidup mereka pendek.

8. Ubur-ubur Nomura (Nomura's jellyfish)

Nama lain dari Ubur-ubur ini adalah Ubur-ubur Nomuras. Pemberian nama tersebut diambil dari setelah Mr Kan'ichi Nomura yang melakukan studi lebih dalam pada Ubur-ubur ini. Ubur-ubur ini sering ditemukan di lepas pantai Jepang. Ubur-ubur ini memiliki ukuran besar, berkali-kali lebih besar dari ukuran manusia . Mungkin besarnya seratus meter panjang dan diameter enam meter atau lebih dan lebih dari 450 kilogram dalam berat badan . Ubur-ubur yang ada Normura di kelas ukuran yang sama dengan ubur-ubur surai singa dan dapat mematikan. Telah terjadi peningkatan populasi, yang telah menyebabkan promosi sebagai makanan baru.

9. Phialella zappai

ubur-ubur ini memiliki nama lain "eye-catching", ini semua dikarenakan dinamai oleh salah satu musisi yaitu frank zappa. Kehormatan ini dikaitkan dengan penemuan ubur-ubur ini oleh seorang ilmuwan yang adalah seorang penggemar musisi. Mereka tumbuh dengan cepat terus berkembang dengan meningkatkan ukuran dan jumlah dan tentakel.

10. Rhopilema esculentum

ini merupakan jenis ubur-ubur dapat dimakan meskipun dikatakan bahwa sengatan mereka berbahaya bagi manusia dan itu adalah di mana paradoks terletak! Hal ini juga dikenal sebagai 'tipe cina dan sedikit kemerahan dengan payung polos yang berdiameter 300-600mm. Mereka bertani di jepang di mana mereka juga merupakan bagian dari diet jepang. Ini adalah salah satu spesies yang paling berlimpah air dan penting di cina



10 Tempat Wisata Arsitektur Gratis di Amerika

Posted: 22 May 2013 01:00 AM PDT

TIDAK perlu bayar mahal, jika ada tempat wisata yang gratis di AS. Mungkin Anda sudah kenal Patung Liberty yang menjadi salah satu ikon Amerika Serikat di New York. Tapi di negara yang sama, juga ada tempat lainnya seperti yang kami kutip dari nationalgeographic.com.

1. Openhousenewyork, New York

Setiap tahun atau di akhir pekan bulan Oktober, Openhousenewyork (OHNY) selalu ramai pengunjung.
Ini adalah karya arsitektur terbesar yang dipakai untuk pagelaran desain di Amerika. Tur, pertunjukan, dan lokakarya disuguhkan secara gratis.

2. Museum Sejarah dan Koleksi New Orleans

Sebelum menjelajahi museum, Anda akan mendapat panduan gratis dari kompatibel iPod atau lainnya.
Ini dilakukan untuk memudahkan Anda mencari letak dan sejarah koleksi-koleksi di dalamnya. Museum Sejarah dan Koleksi terletak di New Orleans, Louisiana.

3. Pemandu wisata gratis di San Francisco City


Jika Anda berkunjung ke San Francisco City, ada sekelompok relawan yang memberikan layanan tur gratis mengelilingi kota.
Mulai dari Victoria San Francisco, Jembatan Golden Gate, Pasific Heights Mansions hingga Rising Steel.

4. Chicago Architecture Foundation

Di Chicago, Illinois juga ada tempat pameran yang menjelaskan banyak program mengenai tata kota seperti Model Kota Chicago dan Lingkungan Go Green secara gratis.
Setidaknya tempat ini sangat berguna bagi orang-orang yang peduli terhadap lingkungan.

5. Bagian luar Gateway Arch

Tempat gratis lainnya ada di St Louis, Missouri.
Adalah Gateway Arch yang menjadi salah satu landmark arsitektur terkenal di Amerika.
Di luarnya terdapat lengkungan baja stainless yang cukup unik dan untuk area dalam dikenakan biaya.

6. Architecture Month

Nikmati wisata gratis lainnya ke Chinatown (wilayah Pecinan) dan gedung-gedung terkenal Honolulu, Hawai setiap bulan April.
Aneka arsitektur, film dan tur ke perusahaan desain arsitektur lokal mudah Anda dapatkan tanpa biaya.

7. Institut Salk Ilmu Biologi

Jika Anda suka dengan ilmu biologi, berkunjunglah ke Institut Salk yang terletak di La Jolla, California.
Di sini Anda bisa banyak tahu tentang Jonas Salk yang menemukan vaksin polio. Untuk kunjungan, lakukan secara online.

8. Landmark Center dan Rice Park
 
Di St Paul, Minnesota terdapat landmark center yang menjadi salah satu ikon tertua di atas Midwest.
Tempat ini menawarkan wisata arsitektur gratis yang cukup luas sampai ke area Rice Park.

9. Art Deco

 
Pergi ke Art Deco berarti Anda sudah cinta dengan Miami.
Art Deco cukup ramai selama Art Deco Weekend yang berlangsung pada Januari setiap tahunnya.
Ada banyak arsitektur menarik di dalamnya sesuai rute tur yang tertera pada panduan. 


10. Common Boston
 
Di bulan Juni, terdapat festival gratis Boston Society of Architects yang menawarkan berbagai pilihan arsitektur dan desain di seluruh kota Boston, Massachusetts.
Cukup seru bukan ?


7 Tanaman Herbal Untuk Atasi Batuk

Posted: 22 May 2013 12:00 AM PDT

Batuk bukan merupakan penyakit, tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan.

Obat batuk yang biasa digunakan adalah yang mengandung antitusif, dekongestan, ekspektoran atau kombinasi. Untuk pengobatan selain obat konvensional juga bisa dengan pengobatan herbal.

Berikut beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk: 
 
1. Rimpang Jahe (Zingebris Rhizoma)
 
Jahe dan sediaannya telah lama digunakan untuk pengobatan gejala flu. Efek tersebut dihubungkan dengan aktivitasnya sebagai imunomodulator. Selain itu beberapa senyawa yang terkandung di dalam Jahe dapat bermanfaat meningkatkan suhu tubuh. Uji klinis pada Jahe lebih banyak digunakan sebagai anti mual dan muntah.

2. Daun Mint (Menthae Folia)
 
Efek anti batuk: Sebagai ekspektoran. Minyak atsiri menstimulasi mukosa saluran pernafasan; meningkatkan atau mengencerkan sekresi lendir; memberikan rasa dingin; serta menurunkan tegangan permukaan paru-paru sehingga memperbaiki aliran udara yang masuk. Efek lain dari Daun Mint: Sebagai anti mikroba.

3. Rimpang Kencur (Kaemferaie Rhizoma)
 
Manfaat utama adalah mengatasi gangguan saluran pernafasan. Data efektifitas untuk gangguan pernafasan umumnya masih pada hewan coba. Penggunaan pada aromaterapi: untuk relaksasi, karminatif dan sedative. Penggunaan lain: Kosmetik di kulit. Aktifitas: Etil sinamat, asorelaksasi.

4. Buah Jeruk Nipis (Citrus Aurantii Fructus)
 
Penggunaan Jeruk Nipis untuk batuk lebih banyak dilakukan secara empiris. Manfaat kandungan Minyak atsiri: Sebagai aroma terapi pada saluran pernafasan. Manfaat kandungan Vitamin C : Dapat dihubungkan dengan aktivitasi munomodulator. Penelitian klinis saat ini untuk ekstrak terstandar (Sineprin) lebih banyak digunakan untuk mengontrol berat badan.

5. Herba Timi (Thymi Herb)
 
Thymi merupakan salah satu tanaman yang sudah lama digunakan sebagai antibatuk. Efek utama sebagai ekspektoran dan antis pasmodik. Aktivitas ini diduga terkait kandungan Minyak Atsiri (timol dan karvakrol), serta flavonoid. Pemberian minyak thimi secara oral dan intra muscular pada hewan coba, memperlihatkan stimulasi saluran pernapasan. Dalam uji klinik acak tersamar ganda pada 60 pasien keluhan batuk produktif. Penggunaan Sirup Thimi (3x10mL/hari) selama 5 hari, terbukti memberikan efek tidak berbeda nyata dengan bromheksin.

6. Biji Pala (Myristicae Semen)
 
Kandungan utama Biji Pala adalah minyak Atsiri. Penggunaan Biji Pala yang telah didukung kajian ilmiah adalah sebagai zat penenang dan karminatif. Penelitian pada hewan membuktikan Biji Pala dapat meningkatkan durasi waktu tidur.

7. Akar Manis (Glycyrrhizae Radix)


Akar Manis merupakan bahan baku utama untuk OBH (Obat Batuk Hitam). Perkembangan Obat Batuk Hitam kini dikombinasi dengan obat konvensional. Kandungan utama Akar Manis adalah Glisirisin.
 
 

8 Lagu Top Yang Terinspirasi dari Laut

Posted: 21 May 2013 11:00 PM PDT

Laut menyimpan sejuta pesona. Dari orang biasa-biasa saja sampai 'somebody' menyukai laut dan ombaknya.

Begitu juga para musisi dunia, menjadikan laut sebagai inspirasi untuk membuat lagu-lagu bagus.

Ada John Lennon dan Paul McCartney, Led Zeppelin, sampai Beach Boys telah menciptakan lagu-lagu yang ilhamnya datang dari luat.

Penyanyi lokal Indonesia pun banyak menjadikan laut sebagai lagu yang kemudian diterima publik. Slank, misalnya. Berikut delapan lagu yang pernah ngetop yang terinspirasi dari laut.

1. "Beyond the Sea", Bobby Darin

boby darin (cnn)

Beyond the Sea telah dinyanyikan oleh banyak orang selama enam dekade terakhir ini, namun yang dibawakan Bobby Darin paling enak didengar. Lagu ini sebetulnya dibuat pada 1946, tetapi menjadi sangat terkenal pada 1950-an.

Lagu ini telah dipakai sebagai soundtrack beberapa film seperti Austin Power sampai Finding Nemo. Aktor McGregor dan Cameron Diaz menyanyikan lagu ini di film A Life Less Ordinary.

2. "Sail on Sailor," The Beach Boys

beach boys (cnn)

Lagu ini dirilis pada 1973 di album Holland, satu dari album terakhir grups musik asal Kalifornia itu. Grup ini terdiri dari Brian, Dennis and Carl Wilson, bersama Mike Love dan Al Jardine.

3. "Under the Sea," dari film Disney "The Little Mermaid"
Ini menjadi lagu masa kanak-kanak yang difavoritkan banyak penggemar musik. Di film The Little Mermaid, Putri Aerial rindu bergabung dengan dunia manusia yang hidup di atas permukaan air.

Penasihat raja, udang bernama Sebastian, mencoba meyakinkan putri untuk tidak pergi ke daratan, dan menyanyikan lagu tentang kesenangan hidup di laut dan mengatakan kepada putri 'sayang hidup di bawah air lebih baik, lebih basah'.

4. "Octopus's Garden," The Beatles

the beatles (cnn)

Lagu favorit ini dibuat untuk album Abbey Road yang dibuat pada 1969. Tidak biasanya buat Beatles, lagu tentang hewan laut ini diciptakan oleh Ringo Star, sang drumer. Ia juga menjadi lead vokal di lagu ini.

Lagu ini tentang keriangan gurita yang hidup di bawah laut. Tentang kesukaan sang penyanyi terhadap tenang dan bahagiannya kehidupan laut.

5. "(Sittin' on) The Dock of the Bay," Otis Redding

Otis (cnn)

Ini lagu terakhir yang direkam oleh Otis Redding sebelum dia tewas akibat kecelakaan pesawat di 1967. Lagu ini dirilis sesaat setelah kematian dan menjadi semacam lagu anugerah yang mencapai puncak tangga lagu di Amerika.

Redding mendapat penghargaan Grammy atas lagu ini di 1968. Ia membuat lagu ini setelah tinggal di rumah perahu di Kalifornia.

6. "The Ocean," Led Zeppelin

led zeppelin (cnn)

Grup musik rock Inggris Led Zeppelin menulis lagu ini di awal 1970-an di puncak kesuksesan mereka. Lagu ini merujuk pada kesukaan mereka pada laut dan pernak-perniknya, seolah mereka bicara pada laut.

7. "Girl and the Sea," The Presets
The Presets membuat lagu elektropop berjudul Girl and the Sea yang mengajak orang-orang untuk langsung menari. Presets, penyanyi duo asal Australia (Julian hamilton dan Kim Moyes), yang dibentuk pada 2003.

Kekaguman terhadap wanita dan laut dimasukkan dalam lagu yang membuat grup ini melambung.

8. "Mermaid in the Night," Jimmy Buffett
Buat penyuka musik country, lagu Jimmy Buffet yang terinspirasi dari laut ini termasuk yang terbaik di kelompoknya.

Lagu ini muncul pada 1989 di album Off to See the Lizard yang menjadi salah satu dari 30 album Buffet.
Intinya, bercerita tentang penyanyi yang jatuh cinta pada putri duyung ketika memancing di malam hari.
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar