Selasa, 07 Mei 2013

Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil

Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil


Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil

Posted: 07 May 2013 04:00 AM PDT

Melihat orang mengorek-ngorek hidung untuk mendapatkan upil atau kerak kotoran di ronga hidung memang terkesan jorok. Namun dari perilaku orang-orang saat ngupil, bisa pula ditebak kepribadiannya.

Jenis-jenis kepribadian orang berdasarkan cara ngupil (nose picking) terungkap dalam penelitian terbaru Dr Victor Laszlo yang dimuat dalam Journal of Psychiatric Development. Dalam penelitian tersebut ngupil atau dalam bahasa ilmiah disebut rhinotillexomania terbukti bisa mengungkap sedikitnya 4 jenis kepribadian.

Ilmiah atau mengada-ada, setidaknya inilah hasilnya.

 1. Mengupil sendiri

Bagi Anda yang hanya mengupil secara diam-diam atau di tempat tertutup secara pribadi menurut Dr Lazlo Anda memiliki sikap yang kurang terbuka, konvensional, menghindari imajinasi asing, kurang kreatif dan imajinatif.

2. Mengupil di depan umum
Sebaliknya, Anda yang tampil berani mengupil di depan umum tanpa rasa malu memiliki sikap sangat terbuka, imajinatif, penasaran, kreatif, petualang, original dan artistik.

3. Pencari harta karun
Seperti mencari harta karun, Anda yang juga penjelajah hidung memiliki sikap pencemas, gelisah, suka mengkhawatirkan, merasa tidak aman, emosional, dan dengan seringkali memiliki keinginan yang berlebihan atau dorongan dan ide-ide yang tidak realistis.

4. Melinting-linting hasil ngupil
Sedangkan Anda yang melinting dan membentuk bulatan ingus menjadi bola kecil dan memakannya adalah orang yang ekstrovert, optimis, mudah bergaul, ramah dan membutuhkan stimulasi berlebih.
 
 

8 Fenomena Alam Super Keren

Posted: 07 May 2013 03:00 AM PDT

Dunia ini memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona. Tak heran jika banyak sekali fenomena di bumi ini yang bisa mempesona manusia.


1. Supercells
Supercell pada dasarnya adalah kumpulan tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Untungnya fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi.



2. Sun Dogs
Ini adalah bentuk fenomena alam lainnya yang berhubungan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti 'pelangi yang terbakar', fenomena halo matahari ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit.


 
3. Pusaran Air Langit
Waterspouts adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun.


4. Columnar Basalt
Columnar Basalt pada dasarnya adalah formasi semacam bebatuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal misterius


5. Brinicles
Ketika permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, maka akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Lantaran sangat dingin, kumpulan air garam itu membeku dan hal itu disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles


6. Pelangi Terbakar
Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada hubungan dengan pelangi yang terbakar. Hanya motifnya yang mengkristal membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau.


7. Bunga Es
Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es di sekitar pangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Ketika suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Hasilnya? Sebuah ciptaan cantik yang begitu mempesona.



8. Penitentes
Ini adalah formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Bisa kamu temukan di kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.
 
 
 

7 Mata Uang dengan Kisah Unik

Posted: 07 May 2013 02:00 AM PDT

Sebagai alat pembayaran, uang punya sejarah yang panjang. Selain itu, banyak juga kisah menarik dan aneh tentangnya. Ada uang dalam bentuk batu, kayu, bahkan kulit tupai. Lebih lengkapnya simak 7 kisah mata uang yang unik di bawah ini.


1. Uang pecahan terbesar (Hungaria)
 
Inilah pecahan mata uang pemegang rekor sampai saat ini. Dicetak oleh Hungaria pada tahun 1946 dengan nominal 100,000,000,000,000,000,000 Pengo. Ya! Seratus juta triliun Pengo dengan kurs saat itu hanya sekitar 20 US cent. Lihat saja, sampai jumlah nolnya pun tidak mungkin tercetak di sana.


 
2. Modifikasi Uang Karena Kudeta (Zaire)
Saat rezim Joseph Mobutu dikudeta pada tahun 1997 di Zaire (yang sekarang bernama The Democratic Republic of the Congo) Pemerintahan yang baru saat itu terlalu sibuk untuk mendesain dan mencetak uang baru selain karena jumlah uang saat itu terbatas pula.


 
3. Kulit tupai (Rusia)
Di beberapa abad silam, kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati ini seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai "receh". Kemungkinan Rusia saat itu bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan satwa.


 
4. Uang kumpulan voucher (vietnam)
Jika kita pernah berpikir bahwa uang bisa membeli segalanya, ternyata tidak. Uang Vietnam di tahun 70an ini berlaku sebagai kumpulan potongan voucher yang hanya bisa digunakan untuk membeli pakaian dan perlengkapannya.

Mungkin jika kita harus memotong salah satu bagian untuk membayar baju, sebagian lagi untuk membayar celana, dan sebagian lagi untuk ikat pinggang.


 
5. Koin perak plus bonus air suci (Kep. Palau)
Jika di uang kertas USD ada "In God We Trust", negara kepulauan Palau selangkah lebih maju. Negara ini pada tahun 2007 mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan bonus botol kecil berisi beberapa tetes air suci dari sebuah mata air suci di Lourdes Perancis.

Negara ini pernah pula menyertakan mutiara, bahkan batu meteor pada uang koinnya. Perak dan air suci, hmm apakah negara ini ada masalah dengan serangan vampire dan werewolf ?



6. Uang dari batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)
Di pulau Yap, sebuah pulau di Kepulauan Solomon, Anda akan menemukan "uang" terbesar dan teraneh di dunia : batu rai (semacam batu kapur). Uang ini berbentuk lingkarang dengan diameter 12 kaki dan berat 8 ton.

Entah sejarah atau kepercayaan apa yang menyebabkan masyarakat di Pulau Yap ini sangat mensakralkan batu ini, mungkin sama seperti masyarakan modern sangat mengagungkan batu emas.

Karena jenis batu ini tidak bisa ditemui di Pulau Yap, masyarakat Pulau Yap rela mengorbankan nyawa mereka untuk berpetualang mencari batu ini.

Tahukah kamu? Nilai nominal dari batu ini dinilai bukan hanya berdasarkan ukuran, tapi juga dinilai berdasarkan pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap, termasuk jumlah nyawa yang melayang karena pengorbanan tersebut.

Karena bentuknya besar, uang ini dibiarkan tergeletak di luar rumah pemiliknya, bahkan kadang di hutan. Meski tergeletak di mana saja, orang2 pasti mengetahui siapa pemiliknya saat ini. Apabila terjadi pergantian kepemilikan, akan dilakukan dalam upacara tertentu.

Tentu saja itu jaman dulu. Pemerintah setempat telah melarang batu-batu uang ini keluar dari Pulau.

 

7. Uang dari lembaran kayu (Jerman)
Pernah digunakan sebagai uang darurat di jerman semasa pemulihan pasca Perang Dunia I. Saking daruratnya, uang dicetak juga dari alumunium foil, kain sutra, bahkan kartu remi sisa-sisa perang. 
 
 

Cerita-Cerita Seru Mitologi Yunani

Posted: 07 May 2013 01:00 AM PDT



Sampailah kita ke bagian akhir pembahasan Mitologi Yunani. Eh akhir gak ya? Siapa tau selese nulis artikel ini nemu ide buat yang kelima. Hmm. Yaudah lah itu urusan nanti. Sekarang kita bakal ngebahas tentang beberapa cerita menarik yang ada di Mitologi Yunani ini. Lumayan ini bisa buat bahan kamu nge-snob sama temen kamu, atau buat cerita pengantar tidur sama anak kamu kelak.

Kotak Pandora

Pandora adalah wanita manusia pertama di dunia mitologi Yunani. Diciptakan oleh Hephaestus atas perintah Zeus, dia juga diberi pakaian oleh Athena, kecantikan oleh Aphrodite, dan kecerdasan oleh Hermes.
Pada suatu hari, Zeus memberikan kotak ke Pandora. Zeus gak bilang apa isi dari kotak itu, dan perintahnya cuma satu : Kotak itu jangan pernah dibuka.
Karena penasaran, akhirnya Pandora membuka kotak itu. Dan ternyata isi kotak itu adalah perwujudan dari bibit-bibit kejahatan, yang langsung terbang dan menyebarkan dirinya ke dunia. Dunia yang tadinya tentram, aman dan damai langsung tercemar oleh kejahatan dan kedengkian.
Namun habis gelap, terbitlah terang. Dari semua kejadian, pasti ada sisi positifnya. Kaget melihat kejahatan keluar dari kotak itu, Pandora pun langsung menutupnya. Dan masih tersisa satu hal di kotak itu: Elpis, yaitu perwujudan dari Harapan Manusia.

Cerita Cinta Hades dan Persephone, serta sang Ibu Mertua

Seperti yang sudah kita bahas sebelomnya, Demeter itu Dewi yang ngurusin musim dan urusan-urusan agrikultural. Waktu musim semi sama panas, itu karena Demeter lagi seneng. Tapi kalo musim gugur dan dingin, itu karena Demeter lagi galau. Kenapa bisa begitu? Begini ceritanya.
Demeter punya seorang anak gadis kesayangan yang cantik jelita, Persephone. Hades, sang penguasa dunia bawah, jatuh cinta sama dia. Tapi karena Persephone tinggal di Olympus dan Hades tinggal di dunia bawah, cinta mereka terhalang jarak. Hades gak mau nih pacaran LDR. Maka dia cari strategi, gimana caranya biar Persephone mau tinggal sama dia di dunia bawah.
Suatu hari, waktu Persephone lagi jalan-jalan di taman, sama Hades diajak ke dunianya dia. Dan pas disana, Hades menawarkan Persephone buah-buahan yang cuma tumbuh di dunianya, yang dimakan dengan senang hati oleh Persephone.
Sementara, di Olympus terjadilah kegegeran, karena Demeter kehilangan anak gadisnya. Pergilah dia mencari anaknya, dan gak ngurusin urusan kenegaraan/kedewiannya dia. Bumi jadi terbengkalai. Musim-musim berantakan, dan tumbuhan pun pada mati. Melihat ini, Zeus gak tinggal diam dan ikut membantu mencari Persephone, yang ternyata selama ini masih ada di dunia Hades.
Setelah ketemu, tentu saja Demeter minta anaknya pulang. Namun, Hades udah punya rencana: Jadi buah yang dimakan Persephone itu ngebuat dia musti tinggal di dunianya selama minimal 6 bulan. Akhirnya, Persephone pun membagi waktunya antara Hades dan Olympus.
Nah, 6 bulan dimana Persephone tinggal di Hades, adalah 6 bulan dimana Demeter galau dan merindukan sang putri, sehingga musim di bumi menjadi dingin dan gak enak. Sedangkan sisa 6 bulannya adalah ketika Persephone kembali pulang dan Demeter senang kembali. Begitulah.

Trojan War

Perang antara Sparta dan Troy ini, kalo di film kan diceritainnya perang gara-gara Raja Menelaus dari Sparta dan Pangeran Paris dari Troy rebutan cewe. Kalo menurut mitologi Yunani sebenernya lebih kompleks lagi. Kita lihat dari beberapa sisi ya.
Zeus: Sadar dengan kegiatan ekstrakulikulernya yang menghasilkan banyak keturunan, dan melihat kalo bumi itu penduduknya udah mulai penuh, Zeus menemukan cara untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut dengan 1 tindakan: Bikin perang biar populasi (dan anak-anak haramnya) pada mati.
Paris: Paris, pangeran Troy (kalo di film yang main Orlando Bloom), pada suatu hari ketemu sama Athena, Aphrodite dan Hera. Ketiga dewi itu memberikan penawaran pada Paris; Athena menawarkan kemampuan perang yang tiada tara, Hera menawarkan kekuasaan, dan Aphrodite yang menawarkan cinta dari wanita tercantik di dunia.
Paris, sebagai lelaki normal yang mikirnya pake titit, tentu saja memilih penawaran dari Aphrodite. Nah kejadian ini berlanjut pada beberapa tahun selanjutnya ketika Paris bertemu dengan Helen, yang merupakan wanita tercantik di dunia. Helen pun kawin lari sama Paris, walapun saat itu statusnya dia adalah istri orang.
Achilles: Pada masa itu, Achilles dianggap sebagai petarung nomer 1 sedunia. Kalo ada perang apa-apa, pasti dia dan pasukannya diajak ikutan, dan dia selalu menang. Achilles sendiri udah mulai bosen sama perang, karena buat dia udah gak ada tantangannya lagi. Ketika Sparta mau menyerang Troy, tentunya mereka mau ngerekrut Achilles.
Tapi sayangnya, Achilles gak mau, dan dia gak boleh ikut sama nyokapnya, gara-gara sebuah ramalan yang mengatakan kalo Achilles ini bakalan mati muda dan diingat selamanya, atau idup bahagia sampai tua. Sebagai ibunda yang baik, beliau pengen Achilles idup bahagia sampe tua. Dan biar tambah aman, ketika rombongan Sparta datang buat jemput Achilles, sang ibunda nyuruh Achilles nyamar jadi cewek.
Tapi siasat ini kebaca sama Odysseus. Dia menyuruh beberapa tentara Sparta buat pura-pura jadi perampok untuk bikin onar. Nah, disaat cewek-cewek yang beneran kabur, Achilles malah ngambil tombak dan menyerang "perampok-perampok" tersebut. Buyar lah penyamarannya, dan ikutlah dia ke Trojan War, dimana akhirnya dia kehilangan nyawanya, dan masih diinget sampe sekarang. Ini buktinya MBDC masih ngomongin dia.
Nah segitu aja deh. Sebenernya masih banyak yang bisa dibahas. Tapi kamu cari sendiri ajalah. Kalo MBDC mulu yang ceritain nanti gak ada waktu buat artikel-artikel lain dong. Semoga pengetahuan ini berguna ya buat kehidupan kamu. Oh iya, ada yang mau dikomentarin? Monggo lho.

Gua Spektakuler dengan Pemandangan Sureal

Posted: 07 May 2013 12:00 AM PDT

Pemandangan menakjubkan dalam gua ini ada di Semenanjung Kamchatka Rusia. Prosesnya terbentuk dari mata air panas yang mengalir di bawah es glasial di sisi Gunung Mutnovsky. Atap gua yang sangat tipis menghasilkan refleksi warna dari sinar matahari yang menembusnya.

Beraneka warna yang dihasilkan oleh cahaya matahari membuat pemandangan sureal di dalam gua. Keindahan tersebut bisa bertahan sekian lama karena wilayah di timur jauh Rusia ini sempat dilarang untuk dieksplorasi sampai sekitar tahun 1990-an. Hasilnya adalah tempat wisata yang masih 'perawan' tanpa takut dirusak oleh bisnis pariwisata yang terkadang melupakan kelestarian alam. Namun, sampai kapan?
 
 
 
  
 
 

10 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia

Posted: 06 May 2013 11:00 PM PDT

10 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia

1. Rusia, 809 juta hektar
Luas hutan di Rusia membentang dari Karelia dekat Finlandia sampai ke Semenanjung Kamchatka di Rusia timur. Hutan mengandung 50% sumber daya dunia dari jenis kayu konifera. Hutan Rusia adalah rumah bagi spesies yang tak terhitung jumlahnya, termasuk macan tutul salju Siberia dan harimau Siberia dan 10% dari semua harimau liar dapat ditemukan di negara itu. 260.000 kilometer persegi hutan dikelola oleh Forest Stewardship Council yang membantu penebangan secara berkelanjutan dan 430.000 km persegi tanah berada di bawah perlindungan pemerintah Rusia. Penebangan liar pohon diperkirakan mencapai antara 20-30% dari semua penebangan di Rusia.


2. Brazil, 478 juta hektar
Brasil adalah rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia. Hutan hujan Amazon menyumbang lebih dari setengah hutan hujan bumi yang tersisa. Amazon mengandung 90 - 140.000.000.000 metrik ton karbon, yang membantu menstabilkan iklim bumi dan juga menghasilkan 20% dari oksigen bumi melalui pengubahan karbon dioksida menjadi oksigen. Hutan Atlantik juga ditemukan di Brasil, di pantainya yang membentang dari Brasil ke Paraguay dan Argentina. Namun, hanya 7% hutan yang masih utuh dan akan mengancam kehidupan ribuan spesies binatang termasuk jaguar, tapir, dan monyet howler.

3. Kanada, 310 juta hektar
Hampir setengah dari permukaan tanah Kanada ditutupi oleh pohon-pohon dan hutan. Diperkirakan dua pertiga dari 140.000 spesies tanaman dan hewan berada di hutan Kanada yang terdiri dari 180 jenis pohon yang berbeda. 94% dari hutan adalah milik publik, dan 6% yang lain dipegang oleh pemilik tanah swasta. 20% air tawar dunia dapat ditemukan di hutan ini, persentase yang sama dengan jumlah yang ditemukan di hutan hujan Amazon.

4. Amerika Serikat, 303 juta hektar
Sejak koloni mulai menetap di Amerika Serikat pada tahun 1600-an, sekitar 121.405.000 hektar hutan telah ditebang yang sebagian besar digunakan untuk pertanian, pembangunan pemukiman dan perkayuan. 155.399.000 hektar hutan menutupi Amerika Serikat bagian timur, 74% dari hutan ini berdaun lebar dan 83% hutan adalah milik swasta. Di bagian barat negara, 147,710 juta hektar hutan, 78% di antaranya adalah konifer, yang 58% dimiliki oleh publik. Hutan milik publik dipertahankan sebagai taman nasional, zona perlindungan satwa liar dan taman rekreasi oleh US Forest Service, National Park Service, Fish and Wildlife Service dan Biro Pengelolaan Tanah.

5. China, 197 juta hektar
Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO) PBB memperkirakan bahwa hutan dan tanaman kayu meningkat di negara ini dari 157 juta hektar di tahun 1990 hingga 197.000.000 hektar di tahun 2005. Antara tahun 2000 dan 2010 hutan di China meningkat sebesar 1,6% hutan. Namun, setengah dari kayu China adalah impor, terutama dari hutan hujan tropis seperti Amazon. 70% hutan China dimiliki oleh negara dan ada total 131 biro hutan di negeri ini.

6. Australia, 164 juta hektar
Hutan asli Australia yang utama terdiri dari kayu putih (78%), akasia(7%), dan melaleucas(5%). Hutan-hutan ini pada umumnya terletak di daerah dengan curah hujan 500 milimeter per tahun. Kebakaran adalah ancaman utama bagi hutan di Australia dan pengawas hutan harus menerapkan strategi untuk mencegah kebakaran, pemadaman, dan deteksi untuk meminimalisir kerusakan akibat kebakaran hutan.

7. Republik Demokratik Kongo, 134 juta hektar
Hutan hujan Kongo adalah rumah bagi lebih dari 10 ribu spesies tanaman, 700 jenis ikan, 400 mamalia termasuk simpanse kerdil, dan 1000 spesies burung. Hutan meliputi 59,9% milik negara, lebih dari 828.812 km persegi. 8% dari hutan berada di bawah perlindungan dan negara Kongo berencana untuk memperluasnya sebesar 10 - 15% hutan di masa yang akan datang.

8. Indonesia, 88 juta hektar
Hutan Indonesia adalah rumah bagi 38.000 spesies tumbuhan, 1531 jenis burung, 515 jenis mamalia, 270 spesies amfibi, dan 35 spesies primata, termasukk orangutan dan bekantan. Hutan Indonesia pernah menutupi lahan sebesar 84% namun kini hutan telah terfragmentasi oleh jalan dan ditebang untuk pembuatan jalan akses menuju perkebunan kelapa sawit dan sawit kayu putih. Hutan-hutan di Sulawesi hampir semua rata, sementara hutan di Sumatra dan Kalimantan terus terkuras....

9. Peru, 69 juta hektar
80% hutan di antaranya adalah hutan primer, mencakup sekitar 50% hutan dari wilayah Peru dan 10% hutan flora dan fauna yang menakjubkan di dunia termasuk 25 ribu spesies tanaman. 1300 masyarakat adat hidup di 12 juta hektar hutan Peru, 9 juta sisanya adalah sebagai wilayah adat. Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia PBB memperkirakan bahwa tingkat hutan yang digunduli adalah 224ribu sampai 300ribu hektar hutan per tahun jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga Amerika Latin.

10. India, 68 juta hektar
WWF (World Wide Fund for Nature) memperkirakan bahwa 20,64% wilayah India tertutupi oleh hutan dari hutan pinus subtropis Himalaya sampai hutan Mangrove India Timur. Hutan India adalah rumah bagi 45 ribu spesies tanaman dan 81 ribu spesies hewan termasuk harimau bengal dan gajah. Dua kawasan hutan India yang besar adalah Ghats barat yang ditemukan di kepulauan Andaman dan Nikobar dan terbesar di wilayah Assam wilayah utara timur. Dengan berkembang pesatnya perekonomilan, India lebih menekankan pada sumber daya hutan dan hutan yang tersisa telah terfragmentasi.
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar