Selasa, 11 Juni 2013

10 tempet yang luar biasa

10 tempet yang luar biasa


10 tempet yang luar biasa

Posted: 11 Jun 2013 10:00 PM PDT

 
Lumpur mendidih, gunung cokelat, dan bukit pasir berwarna-warni, hanyalah segelintir karakteristik dari beberapa tempat terunik di dunia. Terus baca untuk mengetahui 10 tempat paling luar biasa di planet ini.

Beppu, Jepang


Terletak di pulau Kyushu, Jepang, Beppu adalah kota yang berada tepat di tengah laut dan pegunungan. Beppu terkenal akan mata air panasnya, yang disebut onsen dalam bahasa Jepang. Di sini Anda akan menemukan delapan titik panas bumi yang berbeda, sering dijuluki sebagai `delapan neraka Beppu.` Jumlah mata air panas yang luar biasa itu, yang berkumpul di satu wilayah kecil, adalah faktor yang membuat Beppu begitu unik dibandingkan dengan wilayah lain di Jepang dan di dunia. Beppu masih menjadi tempat wisata yang populer bagi wisatawan setiap tahun.



Gunung Roraima, Amerika Selatan


Dengan tebing setinggi 400 meter di semua sisi, Gunung Roraima adalah ciptaan yang benar-benar luar biasa. Gunung ini merupakan yang tertinggi dari Pakaraima Chain di Amerika Selatan dan menjadi pembatas antara Venezuela, Brazil dan Guyana. Banyak dari spesies tanaman yang tumbuh di puncak gunung ini tidak bisa ditemukan di tempat lain di bumi. Hanya pemanjat tebing sangat berpengalaman yang mampu memanjat tebingnya yang menantang itu.



Danau Nakuru, Kenya


Karena banyaknya jumlah ganggang di dalam air, Danau Nakuru terkenal karena menarik salah satu populasi flamingo yang terbesar di dunia. Pada saat tertentu, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan flamingo berjajar di tepinya. Tidak ada tempat lain di dunia ini di mana kita bisa menyaksikan kawanan flamingo sebanyak itu.



Racetrack Playa, Death Valley, California, Amerika Serikat


Seolah-olah mereka berpindah sendiri, batu-batu besar seberat ratusan kilogram meninggalkan jejak saat mereka meluncur di sepanjang tanah datar di Racetrack Playa. Kering hampir sepanjang tahun, tanpa vegetasi, Racetrack adalah rumah bagi sailing stones yang merupakan fenomena geologi. Telah ditemukan bahwa batu-batu tersebut hanya bergerak sekali setiap dua sampai empat tahun, meninggalkan jejak yang berbeda di belakang. Bagaimana bisa? Yang paling masuk akal adalah batu-batu itu mungkin didorong oleh angin yang kekuatannya melebihi 145 km/jam ketika suhu turun di bawah titik beku. Pembentukan es di tanah, karena penurunan suhu, menyebabkan tanah padat dengan tekstur seperti tanah liat. Hal tersebut memungkinkan batu meluncur dengan mudah. Namun, beberapa teori masih dipikirkan dan tidak ada konsensus umum tentang bagaimana persisnya batu itu bergerak.



Pamukkale, Turki


Selama ribuan tahun, wisatawan telah mandi di kolam renang mewah di Pamukkale, yang diterjemahkan sebagai `Kastil Kapas.` Kota kuno Yunani-Romawi dan kota Bizantium, Hieropolis pernah berada di atas mata air panas Pamukkale yang megah itu. Sejak itulah, hotel-hotel dibangun di atas reruntuhan kota kuno itu, menyebabkan kerusakan parah pada tempat bersejarah tersebut. Saat ini menjadi Situs Warisan Dunia, tempat indah dan unik ini terbuka untuk wisatawan, membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata yang luar biasa di dunia.



Seven Coloured Earths, Mauritius


Ditemukan di Dataran Chamarel di Mauritius, formasi geologi Seven Coloured Earth merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Mauritius. Pasir ini terbagi menjadi tujuh warna: biru, ungu, kuning, merah, coklat, ungu muda dan hijau. Bagian yang paling luar biasa dari formasi itu adalah bahwa warna tersebut tampaknya menetap di lapisan mereka sendiri. Bahkan jika Anda mengambil segenggam pasir dan mencampur semua warna bersama-sama di tangan Anda, pasir itu tetap membentuk formasi berlapis, satu lapisan untuk setiap warna. Fenomena di balik formasi berbeda ini masih tetap misteri.



Perito Moreno Glacier, Argentina


Bertempat di Taman Nasional Los Glaciares di barat daya Santa Cruz, gletser raksasa itu merupakan salah satu dari tiga gletser Patagonian yang benar-benar bertumbuh. Pakar gletser belum mampu menyepakati penyebab pertumbuhan itu. Gletser tersebut berukuram 250 km2 dan masih menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Argentina. Pengunjung bisa mendaftar untuk tur perjalanan dengan berjalan menyusuri gletser raksasa itu, yang berlokasi hanya dua jam perjalanan dari kota El Calafate dengan bus.



Rotorua, Selandia Baru


Tempat yang paling unik, Rotorua City berada di utara Selandia Baru. Rotorua City terkenal akan aktivitas panas buminya, menimbulkan mata air panas, seperti Pohutu Geyser di Whakarewarewa, dan kolam lumpur. Kolam lumpur mendidih yang unik itu menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Kota itu juga terkenal sangat bau seperti telur busuk, akibat aktivitas panas bumi di daerah tersebut, yang menyebabkan sulfur dilepaskan ke atmosfer.



Danau Plitvice, Kroasia


Salah satu tempat pertama di dunia yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Danau Plitvice, yang terletak di Plitvice Lakes National Park, adalah pemandangan yang luar biasa dan unik untuk disaksikan. Setiap tahun, lebih dari 1,2 juta wisatawan dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Kroasia untuk melihat danau yang mengalir itu. Apa yang membuat air terjun ini begitu menakjubkan adalah bahwa mereka semua saling berhubungan dan mengikuti aliran yang sama. Keenam belas danau ini bisa dilihat dari atas. Danau itu juga terkenal karena warnanya yang cantik, mulai dari biru laut sampai kehijauan.



Bukit Cokelat di Bohol, Filipina

 
Ketika rerumputan di puncak lebih dari 1.200 gunung ini mengering, gunung tersebut berubah warna menjadi coklat, membuat bukit tersebut tampak seperti cokelat. Sebagai tempat wisata yang terkenal di Filipina, Bukit Cokelat unik dan luar biasa karena bentuknya yang hampir simetris dan jumlahnya yang sangat banyak. Bukit tersebut masih menjadi misteri di kalangan ahli geologi terkait bagaimana gundukan yang berbentuk sempurna itu diciptakan pertama kali.


monumen paling terpencil di dunia

Posted: 11 Jun 2013 09:00 AM PDT

Pada 1989, seorang teroris Libya meledakkan bom di dalam pesawat UTA Flight 772. Untuk menghormati 170 korban jiwa dalam ledakan pesawat itu, dibangunlah monumen di tengah Gurun Sahara. Tapi, siapa yang mau ke sini ya? Ledakan itu terjadi pada 19 September 1989. Seorang teroris dari Libya memasukkan bom ke dalam koper, lalu meledakkannya dalam pesawat milik maskapai Union des Transports Aeriens (UTA) nomor penerbangan 772. Ledakan itu terjadi persis saat pesawat berada di atas Gurun Sahara.



170 Orang terbunuh seketika. Serpihan bangkai pesawat jatuh ke lokasi terpencil di tengah gurun. Usai 18 tahun terbengkalai, para keluarga korban memutuskan untuk membangun monumen di lokasi tersebut tahun 2007.




Dari Atlas Obscura, pemerintah Libya menyantuni mereka dengan dana sebesar US$ 170 juta (sekitar Rp 1,7 triliun). Truk-truk membawa bebatuan ke tengah gurun tersebut, 70 Km melintasi padang pasir tak berkesudahan. Usai 2 bulan pembangunan di tengah cuaca yang `brutal`, monumen tersebut akhirnya rampung.




Monumen tersebut bisa dilihat dari angkasa. Bentuknya berupa kompas dengan gambar pesawat di tengahnya. Di salah satu ujung monumen terdapat 170 buah pecahan kaca, masing-masing mewakili korban yang meninggal dalam ledakan pesawat. Di ujung lainnya terdapat sayap pesawat yang berdiri tegak, dengan sebuah plakat berisi daftar nama para korban.




Walaupun begitu, monumen ini terlihat dari Google Maps lho. ane coba mengetik UTA Flight 772 di Google Maps, dan voila! Monumen ini tampak keren dengan bentuk pesawat dilihat dari langit.


Inilah monumen paling terpencil sedunia, berada di tengah-tengah Gurun Sahara. Berminat ke sana?


Fakta terselubung Hitler

Posted: 11 Jun 2013 08:00 AM PDT

1. Adolf Hitler tak Melulu Horor
Dunia mengenalnya sebagai diktaktor keji. Namun dalam foto-foto langka berikut ini, Adolf Hitler sama sekali tak menampilkan kesan menyeramkan. Sebagai tukang foto pribadi pemerintah Jerman, Hugo Jaeger memperoleh kesempatan langka untuk mengabadikan momen penting saat kebangkitan pemerintah fasisme di negara itu.

Ia mendapat akses untuk menjepret Hitler saat melakukan kampanye keliling Eropa. Juga saat-saat ia sedang intim dengan para kolega.

Seperti dalam sebuah foto yang dimiliki majalah Life dan dilansir Daily Mail, terlihat pria yang dijuluki die fuhrer ini tersenyum agak sedikit malu karena dikerumuni para siswa Austria.
Foto-foto berwarna ini amat langka. Jaeger adalah salah satu pakarnya, pada masa itu. Sebagaimana dikutip Life, Hitler pernah berkata pada Jaeger, “Masa depan milik fotografi berwarna.â€

Kisah fotonya sendiri juga unik. Jaeger sempat ketakutan saat rumahnya digrebek tentara Amerika, yang sudah sempat mengambil kopor tempatnya menyembunyikan salinan foto. Ia khawatir foto itu akan dimusnahkan. Namun, serdadu Amerika lebih tertarik dengan sebotol minuman cognac. Jaeger menyembunyikan lagi karyanya di wadah kaca, di luar kota dan akhirnya menjualnya keLife pada 1965 lalu.

Foto lainnya menunjukkan Hitler sedang santai bersama seorang wanita. Kemudian saat ia tampak gembira dihadiahi sebuah mobil dari Ferdinand Porsche, pengusaha Austria.


2. Adolf Hitler mempunyai selera seni yang bagus
Apa yang dilakukan seorang diktator saat senggang? Orang hanya tahu Adolf Hitler dari upayanya menciptakan perang. Namun seperti apa caranya bersantai? Beberapa foto yang tak pernah beredar, seperti dimuat Daily Mail, menunjukkan Hitler ternyata memiliki selera yang bagus.

Foto-foto tersebut dijepret oleh Hugo Jaeger yang bekerja sebagai salah satu fotografer pribati Hitler, peroode 1936-1945.

Jaeger mendapat akses untuk mengabadikan momen-momen pribadi pemimpin yang dipanggil die fuhreroleh para pengikutnya itu.

Mulai dari furniture pilihannya, patung-patung yang dipajang hingga lukisan. Termasuk yang berada di apartemen Hitler di Berlin.

Hitler terobsesi dengan arsitektur besar serta monumen raksasa yang mengundang decak kagum dari pengunjungnya.

Tak hanya foto-foto rumah, Jager juga menjepret Hitler sedangbersantai bersama istri politisi di rumahnya di Upper Bavaria, sekitar 1930-an.


3. Lukisan Hitler Laku Rp378 Juta Lukisan karya Diktator Nazi Adolf Hitler yang dibuat pada 1913 lalu, laku 32 ribu euro atau sekitar Rp378 juta dalam sebuah pelelangan.

Lukisan itu lakukan dilelang di Slovakia, melalui internet oleh rumah lelang Darte, pada Minggu (29/1). Harga awal lukisan bernama ‘Maritime Nocturno’ itu 10 ribu euro. Pakar lukisan dari Darte, dilansir Straits Times, menyatakan lukisan itu nilainya 25 ribu euro. Lelang online ini berlangsung secara tertutup.

“Lukisan ditawar oleh keluarga pelukis Slovakia yang tak dipublikasikan namanya dan mungkin pernah bertemu Hitler secara langsung saat masih menjadi pelukis pada awal abad 20 di Wina,†kata pemilik Darte, Jeroslav Krajnak.

Lukisan ‘Maritime Nocturno’ bergaya mixed-media, menggambarkan bulan purnama di kegelapan malam yang berada di atas laut. Cahaya bulan terpantul dengan indah di atas permukaan laut.


4. Adolf Hitler Pernah Bercelana Pendek
Pernah lihat Adolf Hitler pakai celana pendek? Penampilan itu terdapat di salah satu dari sekian banyak foto-fotonya yang belum pernah dirilis, seperti berikut ini. Foto-foto ini diambil pada 1920-an, menampilkan pemimpin Nazi ini dalam berbagai pose. Lengkap dengan tampang dan gerakan aneh, seakan berlatih sebelum pidato kepada rakyat Jerman.

Pria yang mengambil foto-foto tersebut, dilansir Daily Mail, adalah fotografer pribadinya, Heinrich Hoffmann. Ia ingin menunjukkan pada Hitler, bagaimana ia nantinya akan dilihat oleh rakyat.

Saat masih hidup, Hitler sendiri yang melarang foto tersebut dirilis. Seperti salah satunya, foto mengenakan celana pendek dan sedang bersandar di sebuah pohon. Hoffmann menyimpan foto tersebut di studionya hingga perang berakhir dan kemudian tersimpan di berbagai arsip.

Ia kemudian menerbitkan memoarnya yang kurang populer, ‘Hitler Was My Friend’, pada 1950-an. Kini, buku itu diterbitkan versi bahasa Inggris-nya.


5. Hitler Punya Anak Rahasia di Prancis?
Seorang pria Inggris membongkar buku harian yang ditulis ayahnya, seorang tentara Inggris saat Perang Dunia II. Isinya membuat ia terkejut. Yakni klaim bahwa Hitler punya putra yang tinggal di Prancis.

Selama beberapa dekade, buku itu tersimpan di kardus bersama barang-barang lainya milik mendiang seorang insinyur yang ikut berperang membela Inggris, Leonard Wilkes. Putra Leonard, Alan (72), menunjukkan diary yang ditulis ayahnya itu.

“Diary itu tersimpat di kotak. Saya bahkan hendak membuangnya. Tapi terkejut saat membacanya. Ayah tak pernah menceritakan tentang perang kepada saya hingga akhir hidupnya. Jadi, saya tak tahu ia punya diary itu,†paparnya, dikutip Daily Mail. Alan tak tahu diary itu akan menjadi lebih berharga lagi setelah klaim dari majalah Prancis, Le Point, bahwa Hitler kemungkinan memiliki putra saat mengabdi sebagai tentara dan ditempatkan di Prancis, pada masa Perang Dunia I.

Diary Leonard merupakan bukti tertulis mengenai Jean-Marie Loret asal Prancis, yang hingga ajalnya meyakini diktator Nazi Adolf Hitler adalah ayahnya. Alan ikut maju, mendukung klaim Loret mengenai hubungan ibundanya dan Hitler yang masih kopral muda asal Jerman, pada Perang Dunia I.

Leonard adalah salah satu serdadu pertama yang mendarat di pesisir Normandy saat D-Day, Juni 1944. Ia terus menulisnya selama berjuang membebaskan Prancis. Diantaranya memuat dugaan hubungan Hitler dan Charlotte Lobjoie, musim panas 1917.

Pada 30 September 1944, Leonard berkisah mengenai hari yang dianggapnya menarik. Ia berkunjung ke rumah tinggal Hitler saat masih kopral dan bertemu perempuan yang melahirkan putra Hitler. Si perempuan berkata, anaknya saat itu bertempur membela Prancis dan melawan Jerman.

Loret lahir pada Maret 1918 dan baru diceritakan oleh ibunya mengenai sang ayah, sesaat sebelum perempuan itu meninggal dunia pada akhir 1950-an. Loret meninggal dunia pada 1985 dalam usia 67 tahun, tanpa pernah membuktikan apakah benar Hitler ayahnya. Lobjoie menyerahkan putranya kepada keluarga Loret untuk diadopsi pada 1930-an. Loret kemudian tahu ada pejabat militer Jerman yang memberikan uang kepada ibunya saat Perang Dunia II. Sepeninggal ibunya, ia juga menemukan sebuah lukisan di loteng rumahnya, dengan tanda tangan Hitler.


6. Hitler Punya Rumah di Los Angeles
Mendiang diktator Nazi Adolf Hitler ternyata memiliki rumah di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Rencananya, rumah itu akan menjadi tempatnya menikmati kemenangan perang. Hitler begitu percaya skenario Nazi yang akan memenangkan perang dan menguasai dunia, sehingga simpatisannya di Amerika rela menggelontorkan jutaan dolar membangun tempat yang siap menampung die fuhrer.

Seperti diberitakan Daily Mail, tempat itu ditenagai mesin diesel dan memiliki tangki air berkapasitas 375 ribu galon. Terdapat lemari pendingin raksasa untuk menyimpan daging serta 22 kamar tidur. Bahkan, ada pula bunker antibom di tempat yang tadinya dijaga ketat itu.

Rumah ini juga direncanakan untuk komunitas fasisme di Hollywood yang berharap bisa selamat dari perang. Beberapa rencana meneruskan pembangunan banyak yang belum terlaksana. Seperti konstruksi lima perpustakaan, sebuah kolam renang, ruang makan dan gymnasium.

Semua uang yang digunakan berasal dari Jerman. Rencana ini gagal total setelah tragedi pemboman Pearl Harbor di Hawaii oleh Jepang pada 1941. Amerika ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Polisi menggerebek tempat itu dan menahan puluhan penganut fasisme yang sudah menghuninya.

Kini, tempat itu terbengkalai dan dindingnya dipenuhi lukisan grafiti. Buldozer tampak diparkir tak jauh, hendak meratakannya agar bisa menjadi tempat piknik untuk para hikers. Tak lama lagi, bagian dari sejarah Amerika ini akan terlupakan.

Padahal, tempat yang dekat dengan rumah sutradara ternama Steven Spielberg itu bak magnet bagi sejarawan, seniman, orang-orang penasaran dan Nazi jaman modern. Kabarnya, novelis Henry Miller sempat tinggal di rumah itu.

Rumah ini dibangun oleh Silver Shirts, kelompok fasisme pada 1930-an yang mendapatkan nama mereka dari organisasi grass root Hitler, Brown Shirts. Fasisme di Amerika sempat bangkit pada masa Great Depression 1930-an silam dan Silver Shirts dikenal sebagai yang paling fanatik.
sumber

10 Fenomena Bintang yang Menakjubkan

Posted: 11 Jun 2013 07:00 AM PDT

1. Garis X-ray Di Supernova Tycho
Gambar ini berasal dari Observasi Chandra yang sangat mendalam dari sisa-sisa super Tycho. X-ray bertenaga rendah (warna merah) memperluas puing-puing ledakan. Sedangkan X-ray warna Biru menunjukkan gelombang ledakan. Supernova seperti ini tidak pernah dilihat sebelumnya.

2. Supernova Casseopia A
Gambar ini menyajikan komposit sinar-X dari Chandra (merah, hijau, dan biru) dan data optik dari Hubble (emas) dari Cassiopeia A, sisa-sisa bintang raksasa yang meledak dalam supernova.

Inset : Sebuah guntingan dari interior bintang neutron, dimana kepadatan meningkat dari kerak (oranye) ke inti (merah) dan akhirnya ke wilayah di mana "superfluida" ada (bola merah dalam).

3. Supernova Sharpnell di Dalam Meteroit
Gambar ini menggabungkan data yang diambil dalam sinar-X. Nicolas Dhaupas, dai Univeritas Chicago, telah menganalisa kejadian ini dan memperkirakan bintang ini sudah berumur 4,5 miliar tahun.

4. Bintang Baru Terbentuk
Dalam gambar ini terlihat, partikel-partikel gas dari bintang yang sudah meledak, kembali bersatu membentuk sebuah bintang yang baru.

5. Inti Bintang yang Hilang
Gambar ini diambil dari teleskop Hubble Tahun 2004, dan ada keanehan, yaitu bintang ini tidak memiliki inti sehinggan berbentuk seperti cincin

6. Meledaknya Perut Sebuah Bintang
Team Astronomi dari Universitas Collorado meneliti hubungan antara bintang yang berbentuk cincin dengan Supernova 1987A.

7. Bintang Melepas Peluru Kosmik
Dalam gambar dapat dilihat ada peluru kosmis terlepas dari sebuah bintang yang meledak.

8. Bangkai Bintang Tersapu Angin
Sebuah gambar baru dari sinar-X Chandra NASA Observatory dan Spitzer Space Telescope menunjukkan debu dari sisa-sisa bintang runtuh.

Gambar komposit G54.1 0,3 menunjukkan sinar-X dari Chandra dengan warna biru, dan data dari Spitzer dalam warna hijau (panjang gelombang lebih pendek inframerah) dan merah-kuning (lagi panjang gelombang inframerah).

Para ilmuwan berpikir bahwa pulsar (sumber putih di tengah) sedang tersapu oleh angin yang memanas sisa debu supernova.

9. Perbandingan Dua Ledakan
Gambar kiri ledakan bintang besar, dan gambar kanan ledakan bintang kecil. Ledakan bintang kecil lebih simetris, sedangkan ledakan bintang besar tidak simetris (asimetris).

10. Ledakan Stellar
 
 
 
 

7 Mata Uang dengan Kisah Unik

Posted: 11 Jun 2013 06:00 AM PDT

Sebagai alat pembayaran, uang punya sejarah yang panjang. Selain itu, banyak juga kisah menarik dan aneh tentangnya. Ada uang dalam bentuk batu, kayu, bahkan kulit tupai. Lebih lengkapnya simak 7 kisah mata uang yang unik di bawah ini.
1. Uang pecahan terbesar (Hungaria)
Inilah pecahan mata uang pemegang rekor sampai saat ini. Dicetak oleh Hungaria pada tahun 1946 dengan nominal 100,000,000,000,000,000,000 Pengo. Ya! Seratus juta triliun Pengo dengan kurs saat itu hanya sekitar 20 US cent. Lihat saja, sampai jumlah nolnya pun tidak mungkin tercetak di sana.


 
2. Modifikasi Uang Karena Kudeta (Zaire)
Saat rezim Joseph Mobutu dikudeta pada tahun 1997 di Zaire (yang sekarang bernama The Democratic Republic of the Congo) Pemerintahan yang baru saat itu terlalu sibuk untuk mendesain dan mencetak uang baru selain karena jumlah uang saat itu terbatas pula.


 
3. Kulit tupai (Rusia)
Di beberapa abad silam, kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati ini seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai "receh". Kemungkinan Rusia saat itu bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan satwa.


 
4. Uang kumpulan voucher (vietnam)
Jika kita pernah berpikir bahwa uang bisa membeli segalanya, ternyata tidak. Uang Vietnam di tahun 70an ini berlaku sebagai kumpulan potongan voucher yang hanya bisa digunakan untuk membeli pakaian dan perlengkapannya.

Mungkin jika kita harus memotong salah satu bagian untuk membayar baju, sebagian lagi untuk membayar celana, dan sebagian lagi untuk ikat pinggang.


 
5. Koin perak plus bonus air suci (Kep. Palau)
Jika di uang kertas USD ada "In God We Trust", negara kepulauan Palau selangkah lebih maju. Negara ini pada tahun 2007 mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan bonus botol kecil berisi beberapa tetes air suci dari sebuah mata air suci di Lourdes Perancis.

Negara ini pernah pula menyertakan mutiara, bahkan batu meteor pada uang koinnya. Perak dan air suci, hmm apakah negara ini ada masalah dengan serangan vampire dan werewolf ?



6. Uang dari batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)
Di pulau Yap, sebuah pulau di Kepulauan Solomon, Anda akan menemukan "uang" terbesar dan teraneh di dunia : batu rai (semacam batu kapur). Uang ini berbentuk lingkarang dengan diameter 12 kaki dan berat 8 ton.

Entah sejarah atau kepercayaan apa yang menyebabkan masyarakat di Pulau Yap ini sangat mensakralkan batu ini, mungkin sama seperti masyarakan modern sangat mengagungkan batu emas.

Karena jenis batu ini tidak bisa ditemui di Pulau Yap, masyarakat Pulau Yap rela mengorbankan nyawa mereka untuk berpetualang mencari batu ini.

Tahukah kamu? Nilai nominal dari batu ini dinilai bukan hanya berdasarkan ukuran, tapi juga dinilai berdasarkan pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap, termasuk jumlah nyawa yang melayang karena pengorbanan tersebut.

Karena bentuknya besar, uang ini dibiarkan tergeletak di luar rumah pemiliknya, bahkan kadang di hutan. Meski tergeletak di mana saja, orang2 pasti mengetahui siapa pemiliknya saat ini. Apabila terjadi pergantian kepemilikan, akan dilakukan dalam upacara tertentu.

Tentu saja itu jaman dulu. Pemerintah setempat telah melarang batu-batu uang ini keluar dari Pulau.

 
7. Uang dari lembaran kayu (Jerman)
Pernah digunakan sebagai uang darurat di jerman semasa pemulihan pasca Perang Dunia I. Saking daruratnya, uang dicetak juga dari alumunium foil, kain sutra, bahkan kartu remi sisa-sisa perang. 

10 Batas Negara Terunik di Dunia

Posted: 11 Jun 2013 05:00 AM PDT

10. Perbatasan Spanyol dan Maroko
Ceuta seluas 18,5 kilometer persegi kota otonom di Spanyol dan eksklave terletak di pantai utara Afrika Utara, dikelilingi oleh Maroko. Dipisahkan dari semenanjung Iberia oleh Selat Gibraltar, Ceuta terletak di perbatasan Laut Mediterania dan Samudra Atlantik.

Maroko mengklaim Ceuta, bersama dengan kota otonom di Spanyol Melilla, dan sejumlah pulau Mediterania di perbatasan itu, yang telah  memaksa Spanyol untuk mendirikan pagar perbatasan setinggi 3 meter di sekitar kota atasnya dengan kawat berduri.


9. Perbatasan Baarle-Nassau/Baarle-Hertog
Baarle-Nassau adalah sebuah Kota di Belanda. Ini pembagian perbatasan yang tidak biasa dengan distrik di Belgia Baarle-Hertog.

Baarle-Hertog terdiri dari 26 bagian terpisah dari wilayah yang dikelilingi oleh Baarle-Nassau, tetapi beberapa bagian dari Baarle-Hertog juga daerah milik Baarle-Nassau. Bagian wilayah terkecil milik Belgia hanya dua pertiga (seperempat hektar).

Perbatasan ini begitu rumit sehingga bahkan ada beberapa rumah yang terbelah olehnya. Dalam gambar di atas Anda dapat melihat Belanda di sisi kiri dan Belgia di sebelah kanan.


8. Bir Tawil

Bir Tawil adalah sebidang tanah dengan luas sekitar 795 mil persegi. Terletak antara Mesir dan Sudan. Daerah ini sengaja dibuat pada tahun 1902, ketika Inggris menarik perbatasan yang berbeda dari yang diciptakan pada tahun 1899. Dua batas yang berbeda membuat dua daerah yang berbeda, Bir Tawil dan Halaib.

Halaib memiliki berbagai sumber daya, sehingga diinginkan, tetapi Bir Tawil tidak. Oleh karena itu, Mesir mengklaim perbatasan pada 1899, yang memberikan Halaib ke Mesir dan Bir Tawil ke Sudan. Namun sebaliknya, Sudan mengklaim perbatasan tahun 1902, yang memberikan Halaib ke Sudan dan Bir Tawil ke Mesir.

Baik Mesir dan Sudan menegaskan bahwa Bir Tawil bukan miliknya, membuat Bir Tawil satu-satunya tanah di dunia (di luar Antartika) yang tidak diklaim oleh negara manapun.


7. Mount Everest

Mengapa Moun Everest ada di daftar ini Anda mungkin bertanya? Semua orang tahu, tentu saja, bahwa itu adalah gunung tertinggi di dunia, tetapi apa yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa perbatasan Nepal dan Cina berjalan tepat di tengah-tengah gunung, termasuk puncak itu sendiri, sehingga tidak hanya gunung tertinggi, tetapi juga daerah perbatasan tertinggi.


6. District of Columbia
District of Columbia awalnya adalah berlian besar yang diukir dari Maryland dan Virginia. Kemudian, bagian Virginia dikembalikan ke Virginia, karena bentuk ukuran dan lokasi perbatasan memiliki beberapa fitur yang tidak biasa.

Ketika itu awalnya digambarkan, batu-batu besar (100 batu totalnya) ditempatkan terpisah sekitar satu mil di sepanjang distrik untuk menentukan perbatasan, sepuluh mil panjang di setiap sisi. Beberapa dari batu ada yang hilang hari ini, namun sebagian besar masih ada. Ada satu di Silver Spring, Maryland, yang menandai titik paling utara dari distrik.

Avenue Timur dan Avenue barat membentuk perbatasan Timur Laut dan Barat Laut, masing-masing. Jika Anda berjalan di trotoar di sisi utara jalan di Maryland, jalan tersebut berada pada distrik, dan pinggir jalan adalah garis batas negara.

Toko di salah satu sisi jalan yang menunjukkan nomor telepon di jendela mereka akan memiliki satu kode area (untuk Maryland) pada sisi utara jalan, dan kode area yang berbeda (untuk Distrik) di sisi selatan.


5. Derby Line, Vermont

Kota Derby Line melintasi AS dan perbatasan Kanada. Perbatasan melewati menembus kota, bahkan melalui beberapa bangunan dan rumah.

Dalam beberapa kasus, sebuah keluarga masak sarapan pagi di kanada dan memakannya di AS. Derby Line juga rumah bagi Haskell Free Library dan Opera House, yang sengaja dibangun di perbatasan.

Panggung opera berada di Kanada, tetapi pintu masuk ke opera, dan sebagian besar kursi panggung, berada di Amerika Serikat. Karena itu gedung yang berada di perbatasan ini, memiliki 2 alamat post, satu untuk AS dan satu untuk Kanada.


4. Distrik Cooch-Behar

Distrik-Cooch Behar memiliki perbatasan agak mirip dengan perbatasan Baarle-Nassau / Baarle-Hertog. Ada sejumlah bidang di bawah yurisdiksi Bangladesh yang terletak di India, dan sebaliknya. Sebuah keunikan tambahan adalah daerah India Balapara Khagrabari.

Sebagai sebuah eksklave (enclave adalah sebuah wilayah yang batas geografis terletak sepenuhnya dalam batas-batas wilayah yang lain.), dikelilingi oleh wilayah Bangladesh.

Namun, juga mengelilingi wilayah lain Bangladesh, dan wilayah itu sendiri mengelilingi wilayah lain India, Dahala Khagrabari, sehingga daerah ini menjadi satu-satunya tempat di dunia di mana sebuah eksklave berisi eksklave dan juga mengandung eksklave lain.


3. Korean Demilitarized Zone

Korean DMZ adalah sebidang tanah sekitar 160 mil (258 kilomters) panjangnya dan 2,5 mil (4 km) lebarnya, membagi Utara dan Korea Selatan. Ini adalah perbatasan paling banyak personel militernya di dunia.

Karena sangat dijaga ketat dan hampir tidak ada yang pernah masuk, itu telah menciptakan alam yang lestari. Sejumlah spesies yang terancam punah telah diambil dan diletakkan di sana, dan ada indikasi bahwa beberapa dari mereka bahkan meningkat dalam populasi.

Sebuah perbatasan antara kedua Korea tidak dapat secara resmi disepakati, karena dua negara ini secara teknis masih berperang. Sebuah gencatan senjata disepakati pada tahun 1953, tetapi tidak pernah ada perjanjian perdamaian yang resmi.


2. Sungai Tumen

Tumen adalah sungai di timur laut Asia. Di daerah dekat pantai, di perbatasan antara Rusia dan Korea Utara, hanya untuk bagian selatan Danau Khasan, Tumen luar di antara Rusia dan Korea Utara dan sebenarnya di wilayah Cina.

Dengan demikian, di daerah ini, Anda bisa mulai di Korea Utara, dan hanya dengan berjalan kaki ke utara kurang dari setengah mil, Anda akan melewati Cina dan berakhir di Rusia.

Meskipun mungkin bukan ide yang baik. Ini adalah tempat umum bagi Korea Utara untuk mencoba menyebrang dan karena alasan itu, perbatasan ini dijaga ketat oleh tentara Korea Utara.


1. Pulau Diomede

Diomedes adalah sepasang pulau di Selat Bering.di Little Diomede ada kota Diomede, dengan populasi 146 milik Amerika dan Big Diomede milik Rusia dan tak berpenghuni.

Dua pulau terpisah hanya sekitar 2,5 mil. International Date Line lewat di antara Diomedes dan berfungsi juga sebagai perbatasan antara Amerika Serikat dan Rusia.

Jadi, ketika warga di Little Diomede melihat ke seberang selat di Big Diomede, mereka tidak hanya melihat negara lain, namun mereka juga akan melihat hari esok. Misalnya, ketika 09:00 adalah hari Sabtu di Little Diomede, Sedangkan di big Diomede pukul 6:00 hari Minggu

Little Diomede telah menyediakan kamera untuk mengamati seberang pulau. Pengunjung dapat mengontrol kamera, mengamati dari sisi ke sisi dan zoom pada pulau Big Diomede dan hal ini menjadikan Little diomede sebagai satu-satunya tindakan Mata-mata oleh Amerika terhadap rusia yang legal.
 
 

6 Tumbuhan Tertua di Dunia

Posted: 11 Jun 2013 04:00 AM PDT

Berapa lamakah usia tumbuhan yang bisa dicapai? Ratusan, ribuan, atau bahkan lebih dari itu? Bila melihat daftar 6 tumbuhan di bawah ini, bisa jadi kita terperangah betapa lamanya mereka bisa bertumbuh dan tetap hidup.



1. Posidonia oceanica

Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.


2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia

Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.
 

3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry

Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.



4. Larrea tridentata atau creosote bush
Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.


5. Populus tremuloides atau quaking aspen
Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.



6. Picea mariana atau black spruce
Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.
 
 

5 Tempat Berenang Terbaik di Dunia

Posted: 11 Jun 2013 03:00 AM PDT

Kolam renang berikut ini pastinya tidak biasa dengan kolam renang pada umumnya sebab 5 kolam renang  ini di bangun dengan konsep yang tidak biasa sehinga bisa membuat sensasi berbeda bagi siapa yang berenag di kolam renang berikut ini penasaran dengan kolam renag apa aja itu simak 5 kolam renang paling menarik dan unik di Dunia berikut ini.

1. Kolam Renang Terbesar/Terpanjang

http://www.didunia.net/

Kolam renang terbesar di dunia menurut Guiness World Book of Record ini terletak di sebuah resort bernama San Alfonso del Mar, Chile. Panjang kolam renang ini mencapai 1.000 meter dan kedalamannya mencapai 35 meter.

Tidak heran kalau butuh banyak air buat mengisi kolam renang ini, yaitu sekitar 250 juta liter air. Wow! Kerennya lagi, air yang dipakai untuk mengisi kolam renang ini diambil dari air di Samudera Pasifik yang disaring dan diproses terlebih dahulu.

2. Kolam Renang Terseram

Sekilas kolam renang senilai 1,8 milyar rupiah yang ada di Hotel The Golden Nugget ini mungkin terlihat biasa saja. Tapi, kalau kita perhatikan lebih seksama, di kolam renang ini, ada tiga tingkat seluncuran air, air terjun, dan sebuah akuarium besar yang berisi ikan hiu.

Yang mendebarkan, kita bisa berenang di dalam akuarium hiu itu, tentu saja dengan pengawasan khusus. Semoga saja akuarium itu cukup kuat menampung hiu-hiu itu yah?

3. Kolam Renang Tergelap

Rasanya pas banget kalau kolam renang ini disebut kolam renang paling gelap. Soalnya kolam renang ini terletak di dalam kubah batu kapur, 17 meter di bawah tanah. Suhu kolam renang yang berada dalam gua ini pun selalu dijaga hangat, sekitar 35 derajat Celcius.

Pasalnya, kolam renang bawah tanah ini memang terletak di sekitar area ski di Homestead Centre, Utah. Menariknya, air kolam ini kaya akan mineral lho!

4. Kolam Renang Terdalam

Tidak heran kalau kolam renang Nemo 33 yang terletak di Uccle, Belgia ini terkenal sebagai kolam renang paling dalam. Soalnya, titik paling dalam kolam renang ini mencapai 32 meter. Wah! Kita bisa selamat nggak ya, kalau berenang di situ? Jangan khawatir, karena tempat ini memang salah satu tempat pelatihan scuba diving terbesar yang ada di dunia.

Jadi, kita bisa sekalian belajar menyelam di sini. Lagipula, ada dua tingkat sebelum kita mencapai titik terdalam, yaitu kedalaman 5 meter dan 10 meter.

5. Kolam Renang Tercanggih

http://www.didunia.net/
Ada banyak cerita menarik soal kolam renang yang mengapung di atas sungai Spree, Berlin, Jerman ini. Kolam renang Badeschiff yang berarti 'kapal untuk mandi' ini, terbuat dari cargo dan kontainer tua yang sudah tidak terpakai.

Canggihnya adalah kolam renang ini bisa digunakan di segala musim dan cuaca. Pada musim panas, kolam renang ini adalah kolam renang outdoor dan sering diadakan banyak pesta di sini. Tapi, pada musim dingin, penutup kolam renang ini akan dinaikkan menjadi kolam renang indoor dan ditambahkan sauna untuk menghangatkan tubuh.
 
 

10 Inovator Muda yang Luar Biasa

Posted: 11 Jun 2013 02:00 AM PDT

Yang muda yang berkarya. Kalimat itu sepertinya tepat ditujukan kepada anak-anak usia muda, namun mampu mengundang decak kagum dunia dengan berbagai karya dan prestasi yang dihadirkan.

Mengapa dikatakan tergolong muda, karena memang para technocrats ini usianya tidak lebih dari 15 tahun. Dilansir mashable, berikut adalah 10 Inovator Cilik di Dunia dari usia tujuh sampai dengan 15 tahun, mulai dari game sampai aplikasi anti intimidasi, yang mereka ciptakan, dan berhasil membuat mata dunia terperangah dibuatnya.



1. Nick D'Aloisio
mybroadband.co.za 
Di usianya yang baru 15 tahun, Nick D'Aloisio menciptakan TRIMIT yaitu sebuah aplikasi iOS yang dapat meringkas konten web agar lebih singkat untuk digunakan di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Tumblr.

Fast Company menarik D'Aloisio selama satu bulan untuk mengembangkan penelitian mengenai aplikasi alogaritma. Biasanya jenis penelitian yang memakan jutaan dolar ini dilakukan untuk program Magister (S2) dan Doktoral (S3).


2. Thomas Suarez
howtosoflife.blogspot.com
Ilmuwan berusia 12 tahun ini mengaku, saat ini banyak anak-anak yang tidak hanya senang bermain game, tetapi mereka juga senang menciptakan gam untuk mereka sendiri.

Itulah, yang selama ini kerap dilakukan Suerez. Bukan hanya itu, ia juga mendirikan perusahaannya sendiri, Carrot Corp dan sudah menciptakan beberapa aplikasi iOS. Salah satu diantaranya adalah Earth Fortune, yang hanya menampilkan warna yang berbeda dari planet berdasarkan keberuntungan pemain.

Aplikasi ciptaannya yang paling sukses yaitu game yang menampilkan artis Justin Bieber di pertandingan Whac-a-Mole. Berkat kreativitasnya, ia memenangkan Tribeca Disruptive Innovation Award pada 2012 lalu.



3. Aaron Sonson, Satwant Singh, dan Gregory Paczkowski
 Ilustrasi / www.guardian.co.uk 
Ketiga remaja ini menciptakan aplikasi "Stop & Go" yaitu aplikasi yang memungkinkan remaja untuk menceritakan pengalamannya yang pernah ditilang oleh polisi, menemukan informasi yang diperlukan tentang hak-hak merekam dan memungkinkan pengguna untuk memetakan pencarian yang mereka butuhkan.

Ide aplikasi ini berawal dari masing-masing remaja asal London ini yang pernah ditilang berkali-kali dan digeledah polisi. Mereka mengatakan di situsnya bahwa mereka menciptakan "Stop & Go" dengan harapan membawa transparansi dan keadilan dalam prosedur tersebut.



4. Steven Gonzalez Jr.
 
Ketika berusia 12 tahun Steven Gonzalez Jr. didiagnosis terkena penyakit Leukimia Myelogenous akut, yaitu salah satu penyakit kanker yang jarang mematikan. Dokter mengatakan bahwa ia hanya memiliki kesempatan hidup sebesar 2 persen. Tetapi, ia bisa mematahkan diagnosa dokter dan selamat, meskipun sistem kekebalan tubuhnya saat itu lemah. Sehingga memaksanya masuk ke dalam ruang isolasi selama 100 hari.

Setelah Gonzalez sembuh, ia ingin membantu pasien kanker lain seusianya, sehingga ia menciptakan game "Play Against Cancer". Dalam game tersebut, pemain menghancurkan sel kanker yang digambarkan dengan hantu berwarna hijau. Selain itu, ia juga mengembangkan "The Survivor Games", yaitu jaringan sosial dan komunitas online pasien kanker remaja.



5. Team 2 (Res-Q)
Aplikasi "Stop & Go" bukan hanya menjadi ide inovatif, tetapi juga menginspirasi Tim 2-the-Res-Q yang terdiri dari empat gadis remaja berusia 14 tahun. Mereka mengembangan "CyberMentors" yaitu aplikasi anti kekerasan yang berfokus kepada anak-anak muda untuk membangun harga diri dan meningkatkan keselamatan mereka yang menjadi korban kekerasan.

CyberMentors mencakup fitur pesan pribadi yang memungkinkan pengguna dapat berbicara dengan CyberMentor langsung mengenai pengalaman tentang kekerasan yang dialaminya.

Tim ini bekerja sama dengan Fuerte International yang merupakan sebuah lembaga produksi ponsel berbasis di London, untuk dapat mengembangkan aplikasi ini. CyberMentors tersedia di Google Play dan platform berbasis web sosial.



6. Daniel Chao
Tahun lalu, saat Daniel Chao duduk di kelas lima SD dan berusia 10 tahun, ia menemukan aplikasi yang dapat mencatat berapa banyak bacaan yang sudah dilakukan dalam satu bulan terakhir.

Oleh karena itu aplikasinya dinamakan iRead Monthly yang memungkinkan siswa dengan meng-klik tanggal tertentu dan masukkan berapa menit yang ia gunakan untuk membaca hari itu. Pada akhir bulan, siswa dapat mengirimkan laporan tersebut melalui e-mail ke guru mereka.

Chao mengemukakan kepada CBS Denver bahwa ia bangga dan senang aplikasinya tersebut diterima oleh Apple meskipun usiany masih sangat muda.



7. Zora Ball
 www.heavy.com
Di usianya yang baru tujuh tahun, Zora Ball termasuk orang termuda untuk mengembangkan aplikasi mobile game. Saat itu ia ikut berpartisipasi sebagai salah satu peserta bahasa pemrograman di University of Pennsylvania's FATE Bootstrap Expo pada Desember 2012 untuk kategori usia 12 sampai 16 tahun.

Menurut Tribune Philadelphia, programmer kelas pertama akan mampu mengkonfigurasi ulang aplikasi yang telah dibuatnya dan Zora berhasil sehingga membuktikan bahwa ia melakukan semua pekerjaan itu sendiri.



8. Lim Ding Wen
www.geek.com
Pada 2009, ketika programmer asal Singapura berusia Sembilan tahun, Lim Ding Wen membuat aplikasi lukisan virtual untuk dinikmati oleh adik-adiknya. Aplikasi ini dinamakan Doodle Kids dan telah mendapat persetujuan dari Apple. Doodle Kids menggunakan gerakan sederhana yaitu meniru gambar yang sudah ada.

Lim yang sudah fasih dalam enam bahasa pemrograman telah menyelesaikan puluhan proyek. Pada Agustus 2012, ia mengerjakan dua proyek baru, termasuk pertandingan 3D pertamanya.



9. Zach Marks
www.thehollywoodgossip.com
Ketika Zach Marks masih berusia 11 tahun, meminta didaftarkan Facebook dengan menggunakan umur orangtuanya. Karena Facebook memiliki batasan usia minimal 13 tahun. Setelah orangtuanya memarahinya, ia pun memutuskan untuk menciptakan jejaring sosial sendiri yang aman bagi anak seusianya disebut Grom Social.

Pada Desember 2012, USA Today melaporkan, situs Marks tersebut dilihat oleh 2000 pengunjung dengan sekitar 6000 halaman tampilan setiap harinya. Ini cukup mengesankan, mengingat Groom Social awalnya hanya dikenal dari mulut ke mulut saja.

Groom Social memiliki fitur yang berbeda, seperti "Gaming", "Entertainment", dan "Health & Fitness" serta memiliki forum yang berisikan anti terhadap kekerasan, penyalah gunaan obat-obatan, dan rokok.



10. Santiago Gonzalez
Di usianya yang saat itu baru 14 tahun, Santiago Gonzalez sudah menciptakan 15 aplikasi iOS yang menarik, termasuk game edukatif. Puzzle Slide Super, misalnya, yang memungkinkan pengguna mengatur ulang potongan foto pilihannya yang tercecer.

Selain itu, memungkinkan pengguna dapat bermain dengan teman dengan menggunakan "built-in voice chat". Ada juga Space - Solar System, yang memungkinkan pengguna belajar lebih banyak lagi tentang tata surya.

Kejeniusan Gonzalez tidak hanya pada aplikasi yang ia ciptakan itu saja, tetapi juga pada bidang akademik. Di usianya yang baru menginjak 16 tahun ia sudah lulus kuliah. Bahkan ketika usia 17 tahun, ia mendapat gelar Master dalam ilmu komputer. Mengagumkan.
 
 

12 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Posted: 11 Jun 2013 01:00 AM PDT

Air terjun, atau bagi penduduk Jawa disebut curug, menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Pesona yang ditawarkan oleh tercurahnya jutaan kubik air dari ketinggian merupakan pemandangan yang mengagumkan.

Ada banyak lokasi wisata air terjun di negeri ini, 12 di antaranya terangkum di bawah ini karena termasuk dalam air terjun yang tinggi.


12. Air terjun Grojogan Sewu (81 meter)
Terletak di kaki Gunung Lawu (2632 mdpl), 27 km dari Kab. Karang anyar, Jawa Tengah. Air terjun ini merupakan salah satu dari program wisata yang disebut "INTANPARI" (Industri Pertanian dan Pariwisata), air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter diukur dari bawah ke atas.


11. Air terjun Curug Cimahi (85 meter)
Terletak di Desa Cisarua, sekitar 10 kilometer dari Cimahi, atau sekitar satu jam dari Bandung. Bagi warga sekitar yang ingin mencari hiburan alam dan menjauh dari hingar bingar kota metropolitan, air terjun ini merupakan tujuan wisata yang pas untuk mereka.


10. Air terjun Curug Cipendok (92 meter)
Terletak di Desa Karang Tengah, kabupaten Cilingok, sekitar 25 km dari Purwokerto. Dengan ketinggian 92 meter dan dikelilingi dengan hutan alam yang indah.



9. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)
Air terjun Curup Tenang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak didekat desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim.


8. Air terjun Moramo (100 meter)
Terletak 65 km di sebelah timur Kendari, Air Terjun Moramo mudah diakses oleh mobil atau dengan perahu. Keunikan dari air terjun ini yakni memiliki tingkatan sebanyak 127 tingkatan setinggi 100 meter sepanjang 2 km diperbukitan dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Dan dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.


7. Air terjun Curug Citambur (100 meter)
Air terjun Citambur, sebuah air terjun yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat indah menjadikan air terjun ini merupakan objek wisata yang eksotis.


6. Air Terjun Sedudo (105 meter)
Air Terjun Sedudo terletak di Ngliman, kecamatan Sawahan. sekitar 30 km dari Nganjuk. Selain sebagai objek wisata, air terjun ini sering dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Tradisional oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


5. Air terjun Jarakan (115 meter)
Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Air Terjun Jarakan ini sebagai bagian dari kawasan objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan.

4. Air terjun Sipiso piso (120 meter)
 
Air terjun Sipisopiso adalah air terjun terjun yang terletak di dataran tinggi Sumatra Utara. Dengan ketinggian 120 meter, sekitar 25 km dari kota Kabanjahe.

3. Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter)
Terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah.
 
2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)
Air Terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini dikenal sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

1. Air terjun Sigura gura (250 meter)
Terletak sekitar 250 km dari Medan. Air terjun yang dihasilkan oleh sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter.
 
 
 

10 Orang yang Kaya dengan Tidak Disengaja

Posted: 11 Jun 2013 12:00 AM PDT

Terkadang, peluang bisnis yang paling sukses dan menguntungkan berhasil dikembangkan tanpa rencana. Dari kejadian yang tidak terduga dan kemauan keras sang penemu, yang akhirnya membawa dirinya menjadi orang sukses dan kaya raya.
Berikut merupakan sebagian contoh orang-orang yang mendadak menjadi kaya raya karena kejadian yang tidak disengaja..
 
10. Frank Epperson: Popsicle
Frank Epperson: Popsicle
Pada tahun 1905, seorang bocah bernama Frank Epperson secara tidak sengaja meletakkan campuran air dan bubuk soda dengan sebuah tongkat kecil di dalam sebuah gelas. Dia tidak tahu kalau hal itu adalah awal mula ditemukannya es lolipop.
Namun demikian, baru pada tahun 1923, dia merealisasikan kejadian itu menjadi sebuah ide. Pada mulanya Frank membuka sebuah toko minuman dan menjual es lolipop yang saat itu dinamakan "Eppsicles".
Selanjutnya, es ini berubah nama dan dipatenkan oleh perusahaan Popsicle. Pada tahun 1928, penjualan Popsicle tersebut lebih dari 60 juta kemasan di seluruh dunia.

9. Harry Coover: Super Glue
Hal paling lucu dibalik penemuan lem super paling populer sedunia ini adalah bahwa sebenarnya lem ini terbuat karena kegagalan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli kimia bernama Harry Coover.
Pada awalnya, pria ini bereksperimen membuat sebuah gun sight (kaca pembidik pada senjata) yang terbuat dari plastik menggunakan senyawa kimia cyanoacrylate. Namun eksperimen itu gagal total dan berakhir menjadi lem berkekuatan super yang dinamakan 'Super Glue'.
Produk ini menjadi sangat populer dan laris di pasar dan terjual sebanyak 2 triliun produk hingga sekarang. Hal ini merupakan kegagalan paling menguntungkan yang pernah ada.
 
8. William Henry Perkin: Mauveine
Henry Perkin adalah seorang ahli kimia asal Inggris yang menemukan Mauveine, pewarna sintetis pertama, saat dia berumur 18 tahun. Dia menemukan pewarna tersebut secara tidak sengaja saat mencoba memproduksi obat untuk malaria. Tidak lama setelah itu, dia mempatenkan proses pembuatannya, dan satu tahun kemudian dia membangun sebuah pabrik bernama Greenford Green.Dia memulai bisnisnya dengan menjual pewarna tersebut dan cukup laris. Pada akhir tahun 1860, Mauveine telah tersebar di seluruh negara dan William menjadi miliuner sebelum berumur 36 tahun. Dia kemudian menjual perusahaannya untuk membeli sebuah laboratorium untuk melakukan penelitian lainnya.
 
7. Roy Plunkett : Teflon
http://www.businesspundit.com/wp-content/uploads/2011/04/7Roy-Plunkett-600x400.jpg
Roy Plunkett merupakan seorang ilmuwan asal Amerika yang pada tahun 1938 tidak sengaja menemukan bahwa Freon yang dibiarkan begitu saja dapat berubah mengeras dan berwarna seperti putih lilin. Namun bukannya membuangnya, dia memutuskan untuk meneliti dan menemukan bahwa material tersebut mengandung sesuatu yang tidak biasa. Pada tahun 1945, ide tersebut dia beri merk dagang dan dalam beberapa tahun perusahaannya memperoleh profit miliaran dollar. Dia menyatakan pensiun pada tahun 1975.
 

6. Leo Hendrik Baekeland: Bakelite
Leo Hendrik Baekeland: Bakelite
Pada tahun 1907, seorang ahli kimia Belgia bernama Leo Baekeland menemukan polimer Bakelite. Polimer ini merupakan bahan penting untuk peralatan dapur, radio dan telepon. Dia secara tidak sengaja menemukannya saat berencana membuat pengganti lak (pelapis kayu), namun gagal. Dia pun mencoba memanaskan elemen gagal itu pada sebuah teko besi dan tidak menyangka dia telah menemukan Bakelite. Pada tahun 1910, dia membangun perusahaan di bidang peralatan dapur dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan profit jutaan dolar.
 
5. Robert Chesebrough : Vaseline

Robert Chese Brough baru berumur 22 tahun saat dia memutuskan untuk bekerja di industri minyak. Pada suatu hari, dalam suatu sumur minyak, dia menemukan suatu cairan minyak yang biasanya disebut sebagai salah satu bahan batang lilin. Namun dia melihat bahwa bahan tersebut dapat menyembuhkan luka pada kulit manusia. Jiwa kewirausahaannya mendorong dia untuk membawa bahan itu ke rumah dan menelitinya. Setelah beberapa percobaan dan gagal, dia berhasil mengekstrak petroleum jelly yang akhirnya menjadi bentuk awal dari Vaseline. Pada tahun 1880, Robert mendadak kaya setelah dia menjual hasil penemuannya itu.
 
4. Joseph McVicker : Play-Doh
http://www.nostalgiacentral.com/images_pop/playdoh_05.jpg
Tahukah anda, mainan 'malam' berwarna yang biasanya dipakai sebagai mainan anak-anak? Pada tahun 1952, seorang pria bernama Joseph McVicker hanyalah seorang pegawai biasa yang bekerja pada perusahaan bernama Kutol. Pada suatu hari, adik ipar wanitanya menggagas suatu ide. Sang adik mengumpulkan cairan pembersih racun di tempatnya bekerja. Joseph pun melihat ini sebagai peluang bisnis untuk menghasilkan uang. Dia pun memberikan pewarna ke sebuah adonan yang membuat adonan itu menarik. Beberapa waktu setelah itu, Joseph mendirikan sebuah perusahaan dan mendapatkan untung jutaan dollar.
 
3. Arthur Fry : Post-It Notes
Arthur Fry, seorang ilmuwan Amerika yang pada tahun 1973, pada suatu hari minggu di sebuah gereja, menemukan ide brilian ini. Arthur mengalami momen tidak menyenangkan saat dia selesai membaca buku, dan saat dia ingin meneruskan membaca keesokan harinya dia lupa harus meneruskan dari halaman keberapa. Dia pun berimajinasi jika saja dia menempelkan sebuah kertas kecil di antara halaman itu, hal itu akan menjadi pengingat yang lebih baik. Dan karena imajinasinya itulah dia menciptakan suatu produk yang akhirnya membuat dirinya kaya raya.
 
2. Percy Spencer : Microwave Oven
Percy Spencer adalah seorang sarjana teknik asal Amerika yang ditugaskan untuk meneliti sebuah mesin yang dapat mendeteksi pesawat musuh pada Perang Dunia 2 silam. Pada waktu penelitiannya, dia secara tidak sengaja melelehkan sebuah permen di sakunya karena gelombang mikro yang terpancar dari mesin pendeteksi pesawat itu. Dia kemudian mencobanya pada jagung dan telur. Akhirnya dia dan teman-temannya menyadari bahwa hal itu bisa dijadikan alat  untuk memasak. Dia mengamankan temuannya itu dan mematenkannya pada tahun 1940. Dan penjualan produk itupun laris manis sampai saat ini.
 
1. George De Mestral : Velcro
Mestral adalah seorang insinyur berkebangsaan Swiss. Pada suatu pagi yang cerah, dia berjalan melewati pedesaan. Dalam perjalanannya itu dia mengalami kesulitan saat harus melepas rontokan bunga thistle pada bajunya. Dia pun berpikir bahwa hal itu mungkin bisa dijadikan sebuah temuan yang berguna. amenggunakan sebuah mikroskop, dia mempelajari rontokan thistle tersebut dan menemukan apa yang membuat tumbuhan itu lengket. Dengan blatar belakang ilmuwan yang dimilikinya, dia pun menjadikannya sebuah produk yang ia namakan Velcro. Pada akhir 1950, dia mulai menjual produk itu. Pada tahun 1970, produk ini laris manis di pasar dunia hingga sekarang.
 
 
 

[Infographic] Fakta Tentang Nyamuk

Posted: 10 Jun 2013 11:00 PM PDT

Beberapa waktu yang lalu, kita sudah membahas tentang tipe sikap orang dalam menghadapi nyamuk. Tapi kita justru belum membahas fakta tentang nyamuk itu sendiri! Ya ampun, gimana sih? Nah, hari ini kita akan memperbaiki kesalahan itu. Kami persembahkan, infographic fakta tentang nyamuk.
Begitulah. Semoga infographic di atas bisa membuat kamu lebih pintar atau paling gak keliatan pintar di antara teman-teman kamu.
Pesan editor: kalau mau menggunakan fakta di atas untuk tugas sekolah atau kuliah, tolong dicek dulu mana fakta yang benar dan mana fakta yang ngasal ya. MBDC gak yakin juga sih. 
Illustration by: @arst

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar